Lupa Efin Pajak Bagaimana? Ini Yang Perlu Anda Lakukan!

Lupa EFIN Pajak merupakan hal yang biasa terjadi. Mengingat EFIN Pajak yaitu hal yang sangat penting sudah seharusnya Anda menyimpannya dengan baik-baik. Namun adakalanya EFIN Pajak yang hanya satu lembar kertas ini terselip atau hilang. Bagaimana cara mendapatkan e fin pajak lupa ini? Sebaiknya Anda tahu beberapa hal perihal EFIN pajak dan solusinya kalau EFIN lupa atau hilang. Mari kita bahas!
EFIN Pajak
EFIN Pajak yaitu sebuah arahan verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online. Karena fungsi utama EFIN Pajak hanya untuk pendaftaran efiling DJP Online saja, maka kalau sewaktu-waktu EFIN Pajak Anda lupa atau hilang, maka Anda tidak perlu khawatir. Selama Anda sanggup log in ke efiling DJP Online maka sudah tidak ada masalah.Saat Anda masuk ke efiling DJP Online, Anda tidak akan dimintai kembali arahan EFIN Pajak. Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor NPWP dan password efiling DJP Online saja. Anda lupa password efiling DJP Online Anda?
EFIN Pajak untuk yang lupa password
Selain berfungsi sebagai arahan verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online, EFIN Pajak juga berfungsi ketika Anda lupa password efiling DJP Online Anda. Jika hal ini terjadi maka berikut yang perlu Anda lakukan.Pertama, silahkan masuk ke halaman berikut https://djponline.pajak.go.id/resetpass. Kemudian masukkan nomor NPWP, arahan EFIN Pajak, arahan pengaman, dan jangan lupa centang "lupa email" kalau Anda juga lupa dengan email yang Anda gunakan, kalau tidak maka cukup NPWP dan EFIN Pajak saja.
Kedua, cek email yang Anda gunakan ketika daftar akun efiling DJP Online. Kemudian klik link yang diberikan untuk mereset password efiling DJP Online Anda.
- Pastikan Anda masih menyimpan EFIN yang diberikan oleh KPP.
- Jika Anda lupa atau tidak menyimpan EFIN, silahkan meminta pencetakan ulang EFIN di KPP Terdekat
- Anda sanggup mengubah email untuk mendapatkan password baru, kalau menghendakinya dengan menentukan "YA" pada pilihan "Lupa Email?"
- Jika Anda mengubah email, maka password akan dikirimkan ke email Anda yang baru, dan email tersebut selanjutnya akan dipakai oleh sistem untuk mengirimkan pesan kepada Anda
Lupa EFIN, Cek EFIN dan Cetak Ulang EFIN
Jika permasalahan utama Anda yaitu lupa EFIN Pajak, maka yang perlu Anda lakukan yaitu cetak ulang EFIN Pajak. Yang perlu Anda tahu yaitu arahan EFIN Pajak untuk satu nomor NPWP akan selalu sama. Artinya, nomor EFIN yang Anda miliki tahun kemudian sanggup Anda gunakan selamanya.Untuk melaksanakan cek EFIN pajak yang lupa ini hanya sanggup dilakukan oleh petugas pajak. Anda tidak sanggup mengecek EFIN melalui aplikasi online. Satu-satunya cara untuk cek EFIN yaitu dengan tiba pribadi ke kantor pajak kemudian Anda sanggup mengajukan permohonan untuk cetak ulang EFIN Pajak.
Cetak Ulang EFIN
Untuk melaksanakan cetak ulang EFIN Pajak Anda diharuskan untuk tiba pribadi ke kantor pajak. Jika bukan Anda sendiri yang meminta cetak ulang EFIN Pajak, maka Anda perlu melampirkan surat kuasa kepada yang akan mengambil EFIN Pajak Anda.Yang perlu Anda lakukan cukup mengisi formulir cetak ulang EFIN Pajak, kemudian lampirkan 1 fotokopi KTP, dan 1 fotokopi NPWP Anda. Serahkan berkas tersebut ke petugas pajak, dan EFIN Pajak Anda pun pribadi dicetak.
Formulir cetak ulang EFIN Pajak
Berikut yaitu formulir cetak ulang EFIN Pajak Jika kurang terang Anda sanggup download formulir cetak ulang EFIN Pajak di sini http://www.pajakbro.com/p/formulir-pajak.html atau lebih mudahnya Anda sanggup mengambil pribadi formulir cetak ulang EFIN Pajak di kantor pajak.
Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Secara Online
Mendekati jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan pribadi untuk PNS dan karyawan alhasil Direktorat Jenderal Pajak membuka layanan pembuatan arahan EFIN Pajak secara online, caranya sangat mudah, silahkan simak infografis berikut ini untuk mendaptkan EFIN Pribadi secara online dengan mudah!




Anda Tidak Butuh EFIN Pajak!
Sejak diperkenalkan 3 tahun lalu, tepatnya di tahun 2014, Efiling Pajak atau DJP Online mulai banyak dipakai oleh Wajib Pajak. Namun kenyataannya masih banyak yang belum mengerti cara yang benar untuk melaksanakan pelaporan pajak secara online ini. Mengapa kami katakan demikian?
Apakah Anda tahu bahwa fungsi utama dari EFIN Pajak yaitu untuk registasi akun DJP Online? Ya, EFIN Pajak merupakan arahan verifikasi yang dipakai untuk pendaftaran awal saja. Yang artinya kalau Anda sudah berhasil mempunyai akun DJP Online, maka EFIN Pajak sudah tidak dipakai lagi!
Anda tidak butuh EFIN Pajak untuk masuk ke aplikasi DJP Online. Yang Anda butuhkan hanya Nomor NPWP dan Password yang Anda gunakan ketika registrasi. Anda diminta arahan EFIN Pajak kembali jika
- Anda Lupa Password DJP Online
- Anda Lupa Email yang Anda gunakan untuk pendaftaran DJP Online
Makara selama Anda mencatat password DJP Online Anda maka bergotong-royong Anda tidak memerlukan arahan EFIN Pajak. Dan bergotong-royong hal ini sudah kami sampaikan beberapa kali di artikel-artikel terkait DJP Online. Semoga sesudah membaca artikel ini Anda tidak lagi repot-repot menciptakan permohonan cetak ulang EFIN Pajak tahun depan. Karena selama Anda punya password DJP Online maka Anda tidak butuh EFIN Pajak!