Tips Cara Berguru Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Yang Benar Dan Cepat Tanpa Kursus
Kepandaian menjalankan atau mengemudi kendaraan beroda empat pada jaman kini merupakan suatu keharusan yang anda miliki. Kemanapun anda pergi tentu lebih nyaman kalau sanggup mengemudi kendaraan beroda empat sendiri. Apalagi kalau anda sudah mempunyai kendaraan sendiri. Alangkah mahalnya tips untuk dana sopir. Dapat anda bayangkan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membayar sopir kalau anda pulang kampung pada waktu lebaran. Paling tidak anda harus menyiapkan dana jutaan hanya untuk biaya sopir.
Belajar cara mengemudi kendaraan beroda empat tidak harus mempunyai kendaraan beroda empat sendiri. Namun kalau memakai kendaraan beroda empat sendiri akan mempermudah anda untuk berguru mobil. Hal ini tentunya berbeda kalau anda memakai kendaraan beroda empat sobat atau bahkan dengan kendaraan beroda empat saudara anda. Belajar dengan kendaraan beroda empat sendiri akan memperlihatkan ketenangan, hal ini tentunya berbeda kalau anda memakai kendaraan beroda empat bukan milik sendiri. Cara anda mengemudikan kendaraan beroda empat mempunyai peranan sangat penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan keluarga ( penumpang ) anda selama berada di jalan raya.
Namun saran saya kalau anda tidak mempunyai kendaraan beroda empat sendiri, demi keamanan anda sebaiknya anda kursus mobil. Dengan kursus mobil, maka anda akan didampingi oleh pelatih pengalaman. Sehingga kecil kemungkinannya terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Karena kendaraan yang dipakai untuk kursus telah dimodifikasi sehingga pelatih juga sanggup mengendalikan kendaraan, ibarat : pengereman dan kopling.
Dalam kesempatan ini saya akan memperlihatkan saran dan tips berguru kendaraan beroda empat dengan cepat dan benar. Namun hal yang paling menentukan ialah kemauan keras anda, alasannya ialah tanpa didasari dengan cita-cita yang kuat, maka anda tentu tidak akan mendapat hasil maksimal. Mengapa harus kursus setir kendaraan beroda empat kalau anda sanggup berguru sendiri.
Pada dasarnya berguru kendaraan beroda empat mempunyai beberapa tahap yang harus anda jalankan dengan tertib dan berurutan. Hal ini bertujuan demi keamanan dan kenyamanan anda di jalan raya.
Tips cara berguru mengemudi mobil
- Pengenalan mobil
- Belajar menjalankan mobil
- Mengemudi di jalan raya
- Belajar mengemudi di tanjakan
Pengenalan mobil
Secara umum kendaraan beroda empat sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
- Mobil dengan transmisi manual
- Mobil dengan transmisi automatis ( kendaraan beroda empat metic )
Mobil dengan transmisi manual
Sangat mudah mengenali jenis mobil. Anda hanya tinggal melihat di depan bangku sopir bab bawah depan. Pada kendaraan beroda empat manual terdapat tiga injakan untuk kaki kanan dan kaki kiri.
- Paling kiri disebut kopling ( terletak disebelah kiri pipa kemudi )(C)
- Yang di tengah adalah rem ( terletak disebelah kanan pipa kemudi )(B)
- Paling kanan berfungsi untuk gas ( sebagai pengatur kecepatan kendaraan )(A)
Mobil dengan transmisi automatis
Banyak yang bilang bahwa mengemudi kendaraan beroda empat matic lebih mudah dan praktis. Pada kendaraan beroda empat manual terdapat tiga pedal ( injakan ) yang harus anda kuasai ibarat : kopling, rem, dan gas, sehingga kedua kaki anda nyaris tidak pernah istirahat. Terutama kaki kiri yang harus memainkan kopling terus menerus ketika jalan macet.
Sedangkan pada kendaraan beroda empat jenis matic hanya ada dua injakan untuk kaki kanan yaitu gas dan rem, sedangkan kaki kiri tidak difungsikan, sehingga kendaraan beroda empat matic lebih cocok untuk jalan macet.
- Yang sebelah kiri disebut rem ( terletak disebelah kanan pipa kemudi )
- Yang terletak di kanan ialah untuk gas ( sebagai pengatur kecepatan kendaraan )
- Langkah paling kondusif sebaiknya letakkan tuas kopling pada sisi D untuk segala medan.
Anda hanya membutuhkan sekitar satu hingga dua menit untuk mengenali jenis kendaraan beroda empat anda. Selain transmisi, secara umum setiap kendaraan beroda empat mempunyai tombol tombol serupa. Hal ini merupakan standard internasional.
Belajar menjalankan mobil
Perlu diketahui bahwa cara mengemudi kendaraan beroda empat manual maupun kendaraan beroda empat matic intinya tidak jauh berbeda, lantaran secara garis besar semua sama dan hanya berbeda pada sistem transmisi saja.
Pada tahap awal berguru mengemudi kendaraan beroda empat merupakan tahap permulaan sekaligus pengenalan mobil. Sebaiknya anda memakai atau melalui jalan paling sepi dan tidak ada kemudian lintas. Pada tahap awal belajar cara menyetir kendaraan beroda empat merupakan pengenalan dan menjalankan kendaraan beroda empat pada jalan lurus.
Sebaiknya anda memakai median jalan erat dengan rumah anda. Belajar siang hari tentu lebih baik dari pada malam hari. Anda hanya memerlukan satu hingga dua hari untuk memajukan dan memundurkan laju mobil.
Pada hari berikutnya anda sanggup mencoba pada jalan berbelok. Disarankan tetap pada median jalan sepi kemudian lintas. Anda sanggup melalui jalan di perkampungan anda. Jika anda bertempat tinggal di lingkungan perumahan, maka anda sanggup mengitari lingkungan rumah anda dengan aman.
Pada tahap ini anda memerlukan waktu paling tidak dua hingga tiga hari. Pada tahap jalan berbelok ini sangat penting. Karena pada tahap ini anda berguru mengenal kendaraan beroda empat anda lebih dekat. Anda juga berguru mengukur jarak kendaraan beroda empat anda dengan dunia luar. Anda akan mempunyai keahlian kapan harus berbelok kanan atau kiri. Gunakan perasaan anda dan cobalah menyatukan perasaan dengan kendaraan beroda empat anda. Gunakan insting dan naluri untuk membelokkan kendaraan anda.
Jika anda masih merasa belum bisa menyatukan perasaan dan naluri anda, maka sebaiknya teruslah berguru hingga tangan dan kaki anda sanggup bergerak tanpa perintah otak anda. Hal ini sangat penting untuk anda kuasai. Karena kalau anda telah memasuki jalan raya yang padat, bukan mustahil memerlukan reflek tangan dan kaki anda, ibarat ngerem mendadak.
Mengemudi di jalan raya
Meskipun anda belum mahir mengemudi mobil, ada baiknya anda mencoba menjalankan kendaraan anda di jalan raya. Namun pada tahap awal sebaiknya menentukan jalan raya dengan kemudian lintas lancar. Jika anda tidak menemukan, maka anda sanggup mencoba pada waktu malam hari. Jangan lupa menyalakan lampu hazard sehingga kendaraan disekitar anda lebih berhati hati.
Kunci kesuksesan pengemudi ialah selalu hening dan tidak gugup di jalan. Dalam situasi apapun usahakan tetap tenang. Hal ini masuk akal alasannya ialah pada tahap berguru kadang kendaraan anda sanggup mati mendadak. Hal yang paling umum lantaran anda belum sanggup mengatur kopling.
Untuk melihat bab mesin (daihatsu xenia) yang berada di kap depan biasanya memakai tarikan yang berada di bawah dashboard sebelah kanan, persisnya di sebelah atas kanan kaki kanan. Namun untuk membuka tutup bensin dan pintu belakang terletak pada samping kanan jok ( bangku ) sopir. Tarikan sebelah depan untuk membuka pintu belakang dan yang sebelah belakang untuk membuka tutup bensin. Namun biasanya tiap jenis dan type kendaraan berbeda.
Belajar mengemudi di tanjakan
Belum sanggup dikatakan bisa mengemudi kalau belum sanggup menaklukkan tanjakan. Yang paling ditakutkan oleh mereka yang gres tahap berguru ialah berhenti ditanjakan. Berhenti ditanjakan tentu saja memerlukan keahlian kusus. Anda harus terpelajar membaca situasi ketika ditanjakan.
Jika jalan lancar tentu tidak besar lengan berkuasa meskipun melewati tanjakan. Namun bagaimana kalau ketemu jalan macet. Ada beberapa trik khusus ketika berhenti di tanjakan.
Berhenti kurang dari satu menit : sebaiknya anda mengatur dalamnya injakan kopling dan pedal gas. Namun kalau anda berhenti lebih dari satu menit atau bahkan lebih, maka sebaiknya anda memakai hand rem. Ketika anda akan mulai jalan sebaiknya anda bekerja dengan cepat antara mengurangi injakan kopling dan menekan pedal gas. Kemudian lepas hand rem sedikit demi sedikit, sehingga kendaraan mulai bergerak. Usahakan kendaraan tidak bergetar ( atau kemungkinan mesin mati lantaran anda terlambat melepas hand rem ). Karena kalau hingga laju kendaraan beroda empat anda mundur tentu akan menabrak kendaraan di belakang anda.
Bagai mana ketika melewati tanjakan pada ketika mengendarai sebuah truk dengan muatan penuh. Tentunya anda harus sanggup membaca situasi dan kemiringan tanjakan. Yang kedua perihal kemampuan kendaraan anda. Tentu langkah paling kondusif dengan memakai gigi porsneling satu dengan laju kendaraan dibentuk stabil.
Namun kalau anda harus berhenti di tanjakan dengan muatan penuh, maka sebaiknya anda memakai hand rem dan dibantu dengan mengganjal ban. Dan ketika akan jalan, maka masuk gigi satu dan atur kopling dan gas. Ketika kendaraan sedikit bergetar kurangi hand rem pelan pelan sehingga kendaraan berjalan kembali.
Ada satu hal yang tidak sanggup disembunyikan oleh mereka yang gres sanggup mengemudi kendaraan beroda empat yaitu grogi dan gugup. Ketika anda gres bisa mengemudi kendaraan beroda empat sebaiknya hilangkan perasaan grogi maupun gugup. Sikap hening ialah modal utama pengemudi. Meskipun anda sudah terpelajar mengemudi kalau tetap gugup maka tidak ada gunanya kepandaian anda. Anda sanggup mencontoh para sopir angkot yang masbodoh dan masa bodoh. Padahal mereka belum tentu mahir mengemudi.
Saran
- Surat ijin mengemudi sangat penting dan harus anda miliki. Jangan mengemudi di jalan raya tanpa dibekali oleh surat ijin mengemudi ( SIM ) dan STNK kendaraan.
- Hal lain yang harus anda perhatikan adalah rambu rambu kemudian lintas. Pahami dan terjemahkan setiap perintah yang dituangkan dalam gambar di sepanjang jalan.
- Ada baiknya anda juga memahami semua peraturan kemudian lintas yang tertuang dalam undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang berlalu lintas yang baik.
sumber : http://distributorbanradial.com/berkendara/tips-cara-belajar-mengemudi-mobil-yang-benar-dan-cepat-tanpa-kursus/