Materi Tik Kelas X Semester 1 Dan Semester 2
SEMESTER 1
OPERASI DASAR KOMPUTER DAN PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
1.) QWERTY
2.) DVORAK
1. Typewriter Key
2. Numeric Key
3. Function Key
4. Special Function Key
b. Mouse
Mouse ialah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini ialah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, sanggup sebagai perintah mudah dan cepat dibanding dengan keyboard.
a. Local Area Network (LAN)
b. Metropolitan Area Network (MAN)
c. Wide Area Network (WAN)
d. Internet
e. Jaringan Tanpa Kabel
A. Topologi BUS

Kerugian
Kontrol terpusat, semua link harus melewati sentra yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul sentra dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah kekerabatan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu sanggup menggunakan kekerabatan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.
1. Hak Cipta (Copyright) berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta: "Hak Cipta ialah hak langsung bagi Pencipta atau peserta hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memperlihatkan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan berdasarkan peraturan perundang- undangan yang berlaku."
2. Paten (Patent) berdasarkan Pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten: "Paten ialah hak langsung yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memperlihatkan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya." Berbeda dengan hak cipta yang melindungi sebuah karya, paten melindungi sebuah ide, bukan ekspresi dari inspirasi tersebut. Pada hak cipta, seseorang lain berhak menciptakan karya lain yang fungsinya sama asalkan tidak dibuat berdasarkan karya orang lain yang mempunyai hak cipta. Sedangkan pada paten, seseorang tidak berhak untuk menciptakan sebuah karya yang cara bekerjanya sama dengan sebuah tde yang dipatenkan.
3. Merk Dagang (Trademark) berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek: "Merek ialah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang mempunyai daya pembeda dan digunakan dalam acara perdagangan barang atau jasa." Contoh: Kacang Atom cap "Ayam Jantan".
4. Rahasia Dagang (Trade Secret) menurut pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang: "Rahasia Dagang ialah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis." Contoh: belakang layar dari formula Parfum.
5. Service Mark adalah kata, prase, logo, simbol, warna, suara, bacin yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk mengindentifikasi sebuah layanan dan membedakannya dari kompetitornya. Pada prakteknya santunan aturan untuk merek dagang sedang service mark untuk identitasnya. Contoh:"Pegadaian: menuntaskan dilema tanpa masalah".
6. Desain Industri berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri: "Desain Industri ialah suatu kreasi wacana bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau campuran daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memperlihatkan kesan estetis dan sanggup diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta sanggup digunakan untuk menghasilkan suatu produk barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan."
7 . Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu berdasarkan pasal I Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu; (ayat 1): "Sirkuit Terpadu ialah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi, yang di dalamnya terdapat aneka macam elemen dan sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut ialah elemen aktif, yang sebagian atau seluruhnya saling berkaitan serta dibuat secara terpadu di d,alam sebuah materi semikonduktor yang dimaksudkan untuk menghasilkan fungsi elektronik; (ayat 2): "Desain Tata Letak ialah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari aneka macam elemen, sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut ialah elemen aktif serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu Sirkuit Terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan Sirkuit Terpadu."
8. Indikasi Geografis berdasarkan pasal 56 ayat I Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek: "Indikasi geografis dilindungi sebagai suatu tanda yang memperlihatkan tempat asal suatu barang yang lantaran faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memperlihatkan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan. "
OPERASI DASAR KOMPUTER DAN PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
A. Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1. Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
A.1 Menghidupkan Komputer
Untuk menghidupkan komputer, kau sanggup melaksanakan langkah-langkah berikut:
1. Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
2. Selanjutnya Komputer akan melaksanakan booting dengan meryal.ankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer.
3. Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem.
A.2 Mematikan Komputer
Jika sistem operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer sanggup dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Pilih Tombol Start pada taskbar
2. Tekan Tombol Turn Off Computer yang akan menampilkan kotak obrolan Turn Off compute , pada kota obrolan tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
-Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power.
-Turn Off, Pllihan digunakan untuk mematikan komputer.
-Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi.
-Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk.
B. MACAM.MACAM PERANGKAT LUNAK
Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi
3. Bahasa Pemrograman
4. Program Bantu
5. Program Paket
6. Program Permainan
7. Program Multimedia
1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan agenda utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di Kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin).
Contoh Sistem Operasi :
. Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Windows NT (untuk jaringan).
. Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
. Produk Apple : Macintosh
. Produk IBM : DOS, UNIX
2. PROGRAM APLIKASI
Program aplikasi merupakan agenda yang di buat untuk tujuan tertentu, contohnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.
3. BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan untuk menciptakan agenda komputer. Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
-Low Languange Program (Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
-Middle Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
-High Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi),Contohnya Pascal, Borland , Fotran
-4GL (Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4), contohnya Visual Basic, Visual FOxpro
4.PROGRAM BANTU ( Utility )
Program Bantu merupakan agenda yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya.
Contoh agenda bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup, Disk Defragmenter, dsb.
5. PROGRAM PAKET
Program paket merupakan campuran dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling populer ialah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat agenda untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, agenda paket sanggup dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya:Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, contohnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, contohnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
6.PROGRAM PERMAINAN
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Contoh agenda permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories Windows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, populer sebagai game orisinil buatan indonesia
7. PROGRAM MULTIMEDIA
Program Multimedia meliputi program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan agenda lainnya.
Contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio sanggup memainkan aneka macam format lagu serta video
c. RealPlayer, sanggup menangkap siaran radio dan TV dari Internet
Perangkat Keras Komputer (Output Device)
A. Perangkat Keras dan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:
1 . input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4 Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse. Process device ialah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section). Output device terdiri dari monitor dan printer. Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen perhiasan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner card, Modem, capture card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse, keyboard dan mouse ialah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya sanggup dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user sanggup melaksanakan suatu proses saluran file. Microphone, untuk merekam bunyi ke dalam komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input sanggup digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peraratan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. a. Keyboard
Keyboard sanggup berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melaksanakan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, menyerupai menyimpan file dan membuka file.Keyboard yang digunakanan kini ini ialah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard kini yang kita kenal mempunyai beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya digunakan ialah keyboard jenis QWERTY , yang bentuknya ini menyerupai mirip tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY mempunyai empat kepingan yaitu :
1.typewriter
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
. Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
. Caps Lock
Bila tombol ini ditekan,maka lampu indikator caps lock akan menyala,hal ini memperlihatkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar/kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
. Delete
tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
. Esc
tombol ini berfungsi untuk membatarkan suatu perintah dari suatu menu.
. End
tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke simpulan baris/halaman/lembar kerja
. Enter
tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris gres atau untuk melaksanakan suatu proses perintah.
. Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
. Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
. Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor I layar ke atas
. Page Down
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
. Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari agenda komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
b. Mouse
Mouse ialah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini ialah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, sanggup sebagai perintah mudah dan cepat dibanding dengan keyboard.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Drag ini akan menimbulkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya sanggup kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari Biasanya unit ini lipat aiginakan sebagai penlganti mouse. Selain touchpad ialah model unit masukkan yang homogen yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen ialah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen mempunyai sensor yang sanggup mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Gambar Light pen
e. Joy Stick dan Games paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanyiberbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini ialah untuk membaca suatu instruksi yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya melekat pada produk- poroduk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
g. Scanner
Scanner ialah sebuah alat yang sanggup berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini menyerupai mirip mesin foto copy, perbedaannya ialah mesin fotocopy balasannya sanggup dilihat pada kertas sedangkan scanner balasannya sanggup ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita sanggup melaksanakan perbaikan atau modifikasi dan kemudian sanggup disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melaksanakan scan lembar jawaban komputer ialah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari iampu sensor yang disetut Optik, vang sanggup mengenali jenis pensil 28. Scanner yang beredar di pasaran ialah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan kemudahan OCR (Optical Character Recognition) untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Gambar Scanner.
h. Kamera Digital
Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digjtal dengan kualitas gambar lebih elok dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan alat ini sangat membantu banyak acara dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar Kamera Digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan bunyi yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Gambar headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) sanggup menciptakan rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan menggunakan ganjal tegangan rendah, yang pada ganjal tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan ganjal sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya ialah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil
JARINGAN KOMPUTER
1. Apa itu Jaringan Komputer ?
JARINGAN komputer ialah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer, printer atau piriferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer sanggup mempunyai duu, prluhln, ribuan atau bahkan jutaan node.
2. Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu :
a. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus.yang berukuran hingga beberapa kilometer.
b. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN). intinya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN sanggup meliputi kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan sanggup dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
c. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya meliputi tempat geografis yang luas, seringkali meliputi sebuah negara bahkan benua.
d. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringa ,sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang ierhubung ke jaringan lainnya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
e. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
3. Topologi Jaringan Komputer
Topologi ialah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang dikala ini banyak digunakan ialah bis, token-ring, star dan peer-to-peer network.
A. Topologi BUS
Keuntungan
. Hemat kabel
. Layout kabel sederhana
. Praktis dikembangkan
Kerugian
. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
. Kepadatan kemudian lintas
.Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi
.Diperlukan repeater untuk jarak jauh
B. Topologi Token RlNG
B. Topologi Token RlNG

Kerugian
. Peka kesalahan
. Pengembangan jaringan lebih kaku
Metode token-ring (sering disebut ring saja) ialah cara menghubungkan komputer,sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan
Keuntungan
. Hemat Kabel
C. Topologi STAR

Keuntungan
. Paling fleksibel
. Pemasangan/perubahan stasiun sangat gampang dan tidak mengganggu kepingan jaringan lain
. Kontrol terpusat
. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalaharVkerusakan
. Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian
. Boros kabel
. Perlu penanganan khusus
. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
D. Topologi Mesh
Di antara topologi yang lain topologi mesh mempunyai kekerabatan yang hiperbola antara peralatan-peralatan y ang ada. Kaprikornus susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.
Keuntungan dari penggunaan topologi mesh:
# Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh ialah fault tolerance.
# Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, lantaran mempunyai kekerabatan yang berlebih.
#Relatif lebih gampang untuk dilakukan troubleshoot.
Topologi mesh mempunyai kekurangan sebagai berikut:
#Sulitnya pada dikala melaksanakan instalasi dan melaksanakan konfigurasi ulang dikala jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
#Biaya yang besar untuk memelihara kekerabatan yang berlebih.
KOMPUTER DAN KESEHATAN
Komputer sebagai produk dan sebagai teknologi mempunyai keunggulan antara lain :
(1) bisa berakses dengan cepat dan tepat,
(2) menghasilkan informasi dari datayang lampau,
(3) bisa memproses data menjadi informasi
(4) bisa menyimpan data yang sangat banyak (sampai dengan giga byte),
(5) bisa melaksanakan importing dan exporting data yang dirancang secara khusus.
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), ialah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian setiap melaksanakan acara apapun, termasuk ketika bekerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer sanggup mengakibatkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan. Oleh lantaran itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja dengan komputer.
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah
sebagai berikut:
1. Aturlah posisi tubuh dikala berkerja denagn komputer sehingga merasa aman.
2. Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.
3 Makan, minum dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena
terlalu asyik berkerja dengan komputer.
4. Sesekali gerakanlah tubuh untuk megurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur.
5. Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.
Mengatur Posisi Tubuh
Bahwa posisi tubuh dikala berkerja denagn komputer sangat kuat pada kesehatan. Dengan mengetahui posisi tubuh yang memenuhi syarat K3, maka sanggup mengatur posisi komputer dan penunjang biar sanggup memperlihatkan rasa nyaman.
a. Posisi Kepala dan leher
Pada dikala berkerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung kelayar monitor. Leher dihentikan membungkuk atau mengadah lantaran hal ini sanggup mengakibatkan sakit pada leher.
b. Posisi Punggung
Posisi punggung yang baik dikala menggunakan komputer ialah posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman.
c. Posisi Pundak
Posisi pundak yang baik ialah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di pundak masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.
d. Posisi Lengan dan siku
Posisi lengan yang baik ialah apabia sanggup mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman. Masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik ialah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
e. Posisi Kaki
Pada dikala berkerja dengan komputer, kaki harus sanggup diletakkan di lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.
KOMPUTER DAN KESEHATAN
Bagian-bagian dari teknologi informasi yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
1. Monitor
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang sanggup memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. oleh lantaran itu, kepingan dari perangkat ini harus mempunyai layar anti radiasi, biar mata terhindar dari kerusakan.
Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
a. Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
b. Letakkanlah monitor lebih rendah dari garis horizontal mata, biar tidak mengadah atau menunduk
c. Aturlah cahaya monitor biar tidak terlalu terang dan gelap
d. Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.
2. CPU (Central Processing (Unit)
Bagian dari perangkat komputer ini dihentikan langsung bersentuhan dengan tangan(basah) lantaran ajaran listrik yang ada pada CPU sanggup menyengat manusia.
3.Kabel Komputer
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, lantaran sanggup menyebabkan hubungan singkat (korsleting), Hubungan singkat ini sanggup menimbulkan kebakaran.
4. Keyboard
Penelitian mengambarkan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard ialah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.
hindari tumpahnya air pada keyboard yang sanggup menyebabkan:
a. Keyboard hang/rusak
b. Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah
c. Hubungan singkat
HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
Perangkat Lunak
Konsep HaKI
"Hak atas Kekayaan Intelektual" (HaKI) merupakan terjemahan atas istilah "Intellectual Property Right" (IPR) Istilah tersebut terdiri dari tiga kata kunci yaitu: "Hak", "Kekayaan" dan "Intelektual". Kekayaan merupakan abstraksi yang dapat: dimiliki, dialihkan, dibeli, maupun dijual. Sedangkan "Kekayaan Intelektual"merupakan kekayaan atas segala hasil produksi kecerdasan daya pikir menyerupai teknologi, pengetahuan, seni, sastra, gubahan lagu, karya tulis, karikatur, dan seterusnya. Terakhir, "Hak atas Kekayaan Intelektual" (HaKI) merupakan hak-hak (wewenang/kekuasaan) untuk berbuat sesuatu atas Kekayaan Intelektual tersebut, yang diatur oieh norma-norma atau hukum-hukum yang berlaku.
Aneka Ragam HaKI
1. Hak Cipta (Copyright) berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta: "Hak Cipta ialah hak langsung bagi Pencipta atau peserta hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memperlihatkan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan berdasarkan peraturan perundang- undangan yang berlaku."
2. Paten (Patent) berdasarkan Pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten: "Paten ialah hak langsung yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memperlihatkan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya." Berbeda dengan hak cipta yang melindungi sebuah karya, paten melindungi sebuah ide, bukan ekspresi dari inspirasi tersebut. Pada hak cipta, seseorang lain berhak menciptakan karya lain yang fungsinya sama asalkan tidak dibuat berdasarkan karya orang lain yang mempunyai hak cipta. Sedangkan pada paten, seseorang tidak berhak untuk menciptakan sebuah karya yang cara bekerjanya sama dengan sebuah tde yang dipatenkan.
3. Merk Dagang (Trademark) berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek: "Merek ialah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang mempunyai daya pembeda dan digunakan dalam acara perdagangan barang atau jasa." Contoh: Kacang Atom cap "Ayam Jantan".
4. Rahasia Dagang (Trade Secret) menurut pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang: "Rahasia Dagang ialah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis." Contoh: belakang layar dari formula Parfum.
5. Service Mark adalah kata, prase, logo, simbol, warna, suara, bacin yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk mengindentifikasi sebuah layanan dan membedakannya dari kompetitornya. Pada prakteknya santunan aturan untuk merek dagang sedang service mark untuk identitasnya. Contoh:"Pegadaian: menuntaskan dilema tanpa masalah".
6. Desain Industri berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri: "Desain Industri ialah suatu kreasi wacana bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau campuran daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memperlihatkan kesan estetis dan sanggup diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta sanggup digunakan untuk menghasilkan suatu produk barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan."
7 . Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu berdasarkan pasal I Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu; (ayat 1): "Sirkuit Terpadu ialah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi, yang di dalamnya terdapat aneka macam elemen dan sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut ialah elemen aktif, yang sebagian atau seluruhnya saling berkaitan serta dibuat secara terpadu di d,alam sebuah materi semikonduktor yang dimaksudkan untuk menghasilkan fungsi elektronik; (ayat 2): "Desain Tata Letak ialah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari aneka macam elemen, sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut ialah elemen aktif serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu Sirkuit Terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan Sirkuit Terpadu."
8. Indikasi Geografis berdasarkan pasal 56 ayat I Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek: "Indikasi geografis dilindungi sebagai suatu tanda yang memperlihatkan tempat asal suatu barang yang lantaran faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memperlihatkan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan. "
SISTEM OPERASI
A. PENGERTIAN SISTEM OPERASI ( OPERATING SYSTEM )
Secara umum, Sistem Operasi diartikan sebagai sebuah Program yang mengatur Perangkat Keras Komputer dan sebagai landasan untuk aplikasi yang berada diatasnya
Sistem Operasi juga bertindak sebagai penghubung antara Pengguna dengan Perangkat Keras.
Pengertian sistem operasi sanggup di lihat dari beberapa sudut Pandang. Berikut uraiannya,
1. Pengguna, Sistem Operasi merupakan alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan.
2. Sistem, Sistem operasi alat yang sanggup menempatkan sumber daya efisien. Sistem Operasi merupakan pengatur sumber daya yang menangani konflik ajakan sumber daya secara efisien serta sanksi aplikasi dan operasi dari alat Input/Output (I/O). Sistem Operasi merupakan kepingan agenda berjalan setiap dikala yang disetut dengan kernel
3. Tujuan sistem, Sistem operasi sebagai alat yang menciptakan komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalan aplikasi dan menuntaskan dilema pengguna.
B. FUNGSI SISTEM OPERASI
Resource Manager, Fungsi ini untuk mengalokasikan sumber daya, menyerupai : memori, CPU, Printer, Disk Drive dan perangkat lainnya.
Interface, Fungsi ini ialah sebagai mediator antara pengguna dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang erat ( user friendly). Pengguna tidak mempunyai kekhawatiran untuk mengoperasikan perangkat level bawah.
Coordinator, Fungsi ini untuk menyediakan kemudahan sehingga aktifitas yang kompleks sanggup diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
Guardian, Fungsi ini untuk menyediakan kontrol saluran yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan/penulisan/eksekusi data dan program.
GateKeeper, Fungsi ini ialah untuk mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (Log) ke dalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang sanggup mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem
Optimizer, Fungsi ini ialah untuk menjadwal pemasukan ( Input ) oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komputasi dan pengeluaran (output ) untuk meningkatkan kegunaan.
Accountant, Fungsi ini mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
Server, Fungsi ini ialah untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, menyerupai mekanisme saluran file..
Perbedaan BIOS dan Sistem Operasi
Sebelum kita berbicara perbedaannya, mari kita persamaannya dulu.
Keduanya sama-sama yang mendata perlengkapan hardware yang ada pada komputer kita, sama-sama memfasilitasi perangkat input/output
MENGGUNAKAN BIOS
Apa itu BIOS
BIOS atau sistem input-output asas ialah agenda komputer yang menjalankan operasi input-output semasa proses POST. Program BIOS disimpan di dalam sebuah cip memori yang dipanggil CMOS
Jenis-jenis BIOS
Berikut ialah senarai pengeluar terkemuka dunia yang menghasilkan BIOS:
. Acer Labs
. American Megatrends Inc. (AMl)
. Microid Research (MR BIOS)
. Phoenix Technologies
. LSI Logic
. Winbond
Setiap pengeluar biasanya akan menghasilkan BIOS yang berbeda-beda dari segi Kod Ralat (Error Code), Kod POST (POST Code), dan Kunci Interupsi (Interrupt keys). Oleh lantaran itu cara penggunaan bagi setiap BIOS tersebut juga ialah berbeda.
MELAKUKAN SETTING PERIPHERAL PADA OPERATING SYSTEM (OS) KOMPUTER
Setting Peripheral
Dalam Operating sistem bisa dilakukan setting dari mulai yang sederhana hingga setting yang sifatnya tehnis. Lakukan setting sebagai pengguna saja dulu, dengan membuka desktop, kemudian klik kanan mouse, yang akan kita setting ialah berupa tampilannya saja, kita membuka Display Properties .
Themes; desktop screen saver; appearance; setting
Lalu kita klik pilih color qualitynya yang lebih rendah maka, kita biasa lihat hasilnya.
Atau kalau kita geser screen resolutionnya lebih kecil, maka di layar akan lebih besar bentuk gambarnya. Makin kecil tampilannya makin pada resolusinya.
Coba saja, untuk latihan setting screen saver, kita boleh menentukan tampilan apa tergantung ketersediaan filenya
Tidak Display saja yang bisa dilakukan setting, ada banyak hidangan yang bisa dilakukan setting, kita buka dari mulai Control PANEL. Biasanya sudah menjurus pada-setting untuk keperluan tehnis, termasuk keperluas jaringan, koneksi internet.
SEMESTER 2
SEMESTER 2
PENGOPRASIAN SOFTWARE PENGOLAH KATA
7. Fungsi hidangan table
a. Draw table, berfungsi untuk menampilkan toolbar tables and borders yang digunakan untuk menciptakan gambar tabel melalui kemudahan yang ada di word
b. Insert table, berfungsi untuk menciptakan tabel di dokumen
c. Delete table, berfungsi untuk menghapus tabel di dokumen
d. Delete cells, berfungsi untuk menghapus sel pada tabel di dokumen
e. Delete row, berfungsi untuk menghapus baris pada tabel dokumen
f. Delete columns, berfungsi untuk menghapus kolom pada tabel dokumen
g. Merge Cells, berfungsi untuk menggabungkan isi sel yang terpisah menjadi satu sel
h. Split cells, berfungsi untuk membagi sel dalam beberapa baris dan kolom
i. Sort ascending, berfungsi untuk mengurutkan data dari huruf A s.d Z atau angka 1 hingga dengan terakhir dari data
j. Sort descending, berfungsi untuk mengurutkan data dari huruf Z s.d A atau dari angka terakhir data hingga angka 1
k. Hide gridlines, berfungsi untuk menyembunyikan/menampilkan garis bantu di tabel
8. Fungsi hidangan windows
a. New windows, berfungsi untuk memperlihatkan dokumen yang sama melalui jendela yang berbeda
b. Arrange all, berfungsi untuk mengatur jendela dari dokumen yang aktif biar sanggup melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu yang sama juga
c. Split, berfungsi untuk membagi dokumen yang aktif menjadi dua bagian
9. Fungsi hidangan help
a. Microsoft word help, berfungsi untuk mencari pertolongan wacana pengguna kemudahan di word
b. Hide the office assistant, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan asistent word yang dimunculkan dalam bentuk animasi
c. About microsoft word, berfungsi untuk menampilkan kotak obrolan microsoft word yang digunakan
c. Toolbar
1. Toolbar Standard
Toolbar ini memuat perintah yang sering kita gunakan menyerupai menciptakan lembar kerja baru, menciptakan dokumen, menyimpan dan lain sebagainya. Beberapa icon yang sering digunakan dalam toolbar standard diantaranya :
c. Toolbar
1. Toolbar Standard
Toolbar ini memuat perintah yang sering kita gunakan menyerupai menciptakan lembar kerja baru, menciptakan dokumen, menyimpan dan lain sebagainya. Beberapa icon yang sering digunakan dalam toolbar standard diantaranya :
Toolbar berisikan icon-iconyang di pakai untuk memformat dokumen, menyerupai menentukan model huruf, ukuran huruf, efek percetakan, dan peralatan texs, membatalkan, menggaris bawahi atau mengubah biar menjadi huruf miring (itlaic), peralatan pengetikan (apakah akan rata kanan, kiri, atau tengah/centering dan lain-lain)
Toolbar Drawing
Toolbar berisikan ikon-ikon yang memudahkan kita untuk menciptakan gambar,objec (auto shapes) dan pengaturan bentuk serta efek dari bentuk tersebut.
IV. MATERI PEMBELAJARAN
MENGENAL MICROSOFT WORD
Microsoft Word merupakan agenda aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk menciptakan laporan, menciptakan dokumen berbentuk surat kabar, menciptakan label surat, menciptakan tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, mengenal beberapa istilah yang akan digunakan dalam modul istilah screen Layout(tampilan layar), Menu, dan Toolbar. Screen Layout atau tampitan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda dikala mengoperasikan agenda ini. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, sanggup dilihat pada gambar dibawah ini.
1. Beberapa kelebihan pada Microsoft Word
* Pengoperasian gampang dan sederhana
* Dapat memasukkan atau menggabungkan gambar (Grafik) atau objek Lain.
* Tampilan yang digunakan ialah WYSIWYG ( what you see ls what you Get) artinya apa yang terlihat pada layar monitor ialah yang akan dihasilkan apabila kita mencetaknya pada printer.
2. Menjalankan Program pada Microsoft Word
Untuk memulai agenda Microsoft word dari tampilan Windows, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
a. Klik hidangan Star pada taskbar.
b. Sorot ke Menu Program, Pilih Microsoft word, Lalu klik atau tekan enter.
c. sehabis itu Microsoft word akan menampilkan lembar kerja seperti
Elemen dasar yang perlu di katahui dalam word diantaranya :
# Baris Judul (Tittle Bar), berisi nama file dan nama agenda yang sedang aktif
# Baris Menu (Menu Bar), perintah-perintah yang disajikan dalam bentuk tulisan.
# Baris Toolbar (Tool Bar), perintah-perintah yang disajikan dalam bentuk tulisan.
# Baris Penggulung (scrool Bar), untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan gunakan baris penggulung horizontal, sedangkan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah gunakan baris penggulung vertical
# Titik sisip (insertion Point), setiap karakter yang akan anda ketik akan muncul pada posisititik sisip ini.
# Garis Mistar Mendatar (Ruler), memperlihatkan batas tempat pengetikan.
# Status bar, memuat informasi wacana halaman yang anda sunting menyerupai nomor halaman,total halaman, dan posisi titik sisip.
3. Keluar dari MicrosoftWord
Sebelum keluar , pastikan bahwa dokumen yang selesai di edit telah di simpan (Save). Untuk menutup/keluar dari agenda Microsoft Word jikalau sebelumnya masih dalam lembar kerja aktif, maka tutup lembar kerja tersebut dengan mekanisme berikut ini:
a. Klik File
b. Kllk Close
Atau klik tanda X pada pojok kanan lembar kerja sejajar dengan baris menu. Untuk keluar dari agenda Microsoft Word ikuti mekanisme sebagai berikut:
# Klik File
# Klik Exit
4. Menu pada MicrosoftWord
Perintah yang ada pada Microsoft Word dikenal dengan istilah Menu, Menu yang terdapat pada Microsoft Word dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a. Menu Pull Down
lstilah hidangan Pull Down yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian hidangan dalam kehidupan sehari-hari (daftar perintah). Di dalam hidangan ini, terdapat beberapa perintah yang sanggup kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu.
b. Menu Toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang digunakan untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.
Toolbar Standar
Perintah pada Microsoft Word banyak ditampilkan dalam bentuk lcon dan Toolbar.Ada bebe rapa toolbar dalam bentuk standar diantaranya:
a. Toolbar Judul
Pada kepingan Baris Judul, sanggup kita lihat nama file yang sedang kita buka, jikalau kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, biasanya Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
Toolbar berisikan icon-icon yang digunakan untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada hidangan Pull Down Baris ini digunakan untuk membantu operator dalam mengedit suatu naskah. Tampilan baris hidangan utama ialah sebagai berikut.
Menu dan sub hidangan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. setiap sub hidangan mempunyai ikon atau gambar kecil yang mewakilinya sehingga lebih gampang penggunaanya. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat fungsi dari setiap menu, submenu, dan ikonya.
1. Fungsi hidangan FiIe
a. New, berfungsi untuk menciptakan dokumen baru
b. open, berfungsi untuk membuka file dokumen yang pernah dibuat.
c. Close, untuk menutup dokumen yang sedang aktif
d. Save, berfungsi untuk menyimpan dokumen yang dibuat.
e. Save As, berfungsi untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama atau menyimpan dokumen dengan menggunakan nama baru.
f. Page Setup, berfungsi untuk mengatur tampilan halaman dokumen dengan menggunakan nama yang baru.
g. Print Preview, berfungsi untuk melihat tampilan dokumen yang telah dibuat.
h. Print, berfungsi untuk mencetak yang telah dibuat.
i. Exit, berfungsi untuk keluar dari Microsoft word sekaligus menutup dokumen.
2. Fungsi Menu edit
a. Undo Typing, berfungsi untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan.
b. Redo Clear, berfungsi untuk mengulangi perintah terakhir yang dibatalkan.
c. Cut, berfungsi untuk menghapus teks atau gambar dimana teks dan gambar tersebut bisa dimunculkan kembali dengan perintah paste.
d. Copy, berfungsi untuk menyalin teks atau gambar pada dokumen.
e. Paste, berfungsi untuk menampilkan hasil perintah copy atau cut
f . Select All, berfungsi untuk menyorot semua teks atau gambar dokumen yang akan diolah.
g. Find, berfungsi untuk mencari kata atau teks dari dokumen.
h. Replace, berfungsi untuk mengganti teks suatu dokumen.
i. Go to untuk menuju halaman tabel, Footnote, page, atau kepingan lain dalam dokumen.
3. Fungsi Menu View
a. Normal, berfungsi untuk mengubah media lembar pengetikan ke dalam bentuk normal sehingga akan menghilangkan garis pengatur dari baris sebelah kiri layar.
MENGENAL MICROSOFT WORD
Microsoft Word merupakan agenda aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk menciptakan laporan, menciptakan dokumen berbentuk surat kabar, menciptakan label surat, menciptakan tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, mengenal beberapa istilah yang akan digunakan dalam modul istilah screen Layout(tampilan layar), Menu, dan Toolbar. Screen Layout atau tampitan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda dikala mengoperasikan agenda ini. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, sanggup dilihat pada gambar dibawah ini.
1. Beberapa kelebihan pada Microsoft Word
* Pengoperasian gampang dan sederhana
* Dapat memasukkan atau menggabungkan gambar (Grafik) atau objek Lain.
* Tampilan yang digunakan ialah WYSIWYG ( what you see ls what you Get) artinya apa yang terlihat pada layar monitor ialah yang akan dihasilkan apabila kita mencetaknya pada printer.
2. Menjalankan Program pada Microsoft Word
Untuk memulai agenda Microsoft word dari tampilan Windows, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
a. Klik hidangan Star pada taskbar.
b. Sorot ke Menu Program, Pilih Microsoft word, Lalu klik atau tekan enter.
c. sehabis itu Microsoft word akan menampilkan lembar kerja seperti
Elemen dasar yang perlu di katahui dalam word diantaranya :
# Baris Judul (Tittle Bar), berisi nama file dan nama agenda yang sedang aktif
# Baris Menu (Menu Bar), perintah-perintah yang disajikan dalam bentuk tulisan.
# Baris Toolbar (Tool Bar), perintah-perintah yang disajikan dalam bentuk tulisan.
# Baris Penggulung (scrool Bar), untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan gunakan baris penggulung horizontal, sedangkan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah gunakan baris penggulung vertical
# Titik sisip (insertion Point), setiap karakter yang akan anda ketik akan muncul pada posisititik sisip ini.
# Garis Mistar Mendatar (Ruler), memperlihatkan batas tempat pengetikan.
# Status bar, memuat informasi wacana halaman yang anda sunting menyerupai nomor halaman,total halaman, dan posisi titik sisip.
3. Keluar dari MicrosoftWord
Sebelum keluar , pastikan bahwa dokumen yang selesai di edit telah di simpan (Save). Untuk menutup/keluar dari agenda Microsoft Word jikalau sebelumnya masih dalam lembar kerja aktif, maka tutup lembar kerja tersebut dengan mekanisme berikut ini:
a. Klik File
b. Kllk Close
Atau klik tanda X pada pojok kanan lembar kerja sejajar dengan baris menu. Untuk keluar dari agenda Microsoft Word ikuti mekanisme sebagai berikut:
# Klik File
# Klik Exit
4. Menu pada MicrosoftWord
Perintah yang ada pada Microsoft Word dikenal dengan istilah Menu, Menu yang terdapat pada Microsoft Word dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a. Menu Pull Down
lstilah hidangan Pull Down yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian hidangan dalam kehidupan sehari-hari (daftar perintah). Di dalam hidangan ini, terdapat beberapa perintah yang sanggup kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu.
b. Menu Toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang digunakan untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.
Toolbar Standar
Perintah pada Microsoft Word banyak ditampilkan dalam bentuk lcon dan Toolbar.Ada bebe rapa toolbar dalam bentuk standar diantaranya:
a. Toolbar Judul
Pada kepingan Baris Judul, sanggup kita lihat nama file yang sedang kita buka, jikalau kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, biasanya Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
b. Toolbar Menu
Toolbar berisikan icon-icon yang digunakan untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada hidangan Pull Down Baris ini digunakan untuk membantu operator dalam mengedit suatu naskah. Tampilan baris hidangan utama ialah sebagai berikut.
Menu dan sub hidangan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. setiap sub hidangan mempunyai ikon atau gambar kecil yang mewakilinya sehingga lebih gampang penggunaanya. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat fungsi dari setiap menu, submenu, dan ikonya.
1. Fungsi hidangan FiIe
a. New, berfungsi untuk menciptakan dokumen baru
b. open, berfungsi untuk membuka file dokumen yang pernah dibuat.
c. Close, untuk menutup dokumen yang sedang aktif
d. Save, berfungsi untuk menyimpan dokumen yang dibuat.
e. Save As, berfungsi untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama atau menyimpan dokumen dengan menggunakan nama baru.
f. Page Setup, berfungsi untuk mengatur tampilan halaman dokumen dengan menggunakan nama yang baru.
g. Print Preview, berfungsi untuk melihat tampilan dokumen yang telah dibuat.
h. Print, berfungsi untuk mencetak yang telah dibuat.
i. Exit, berfungsi untuk keluar dari Microsoft word sekaligus menutup dokumen.
2. Fungsi Menu edit
a. Undo Typing, berfungsi untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan.
b. Redo Clear, berfungsi untuk mengulangi perintah terakhir yang dibatalkan.
c. Cut, berfungsi untuk menghapus teks atau gambar dimana teks dan gambar tersebut bisa dimunculkan kembali dengan perintah paste.
d. Copy, berfungsi untuk menyalin teks atau gambar pada dokumen.
e. Paste, berfungsi untuk menampilkan hasil perintah copy atau cut
f . Select All, berfungsi untuk menyorot semua teks atau gambar dokumen yang akan diolah.
g. Find, berfungsi untuk mencari kata atau teks dari dokumen.
h. Replace, berfungsi untuk mengganti teks suatu dokumen.
i. Go to untuk menuju halaman tabel, Footnote, page, atau kepingan lain dalam dokumen.
3. Fungsi Menu View
a. Normal, berfungsi untuk mengubah media lembar pengetikan ke dalam bentuk normal sehingga akan menghilangkan garis pengatur dari baris sebelah kiri layar.
b. Web Layout, berfungsi untuk mengubah media pengetikan dalam bentuk web view.
c. Print Layout, berfungsi untuk menampilkan media pengetikan ke dalam bentuk Print view.
d. Outline, berfungsi untuk menampilkan media pengetikan ke dalam bentuk outline view.
e. Toolbar, berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar.
f. Zoom, berfungsi untuk menentukan ukuran tampilan yang dilihat pada monitor.
g. Ruler, untuk menampilkan ataupun menyembunyikan garis pengatur.
h. Header dan Footer, berfungsi untuk menciptakan judul (header) atas dan judul bawah (footer) pada dokumen.
i. Full Screen, berfungsi untuk menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.
4. Menu lnsert
a. Page Break, berfungsi untuk menyisipkan belahan halaman. '
b. Page Number, berfungsi untuk menyisipkan nomor halaman dokumen.
c. Date and Time, berfungsi untuk menyisipkan tanggal dan waktu di dokumen.
d. Symbol, berfungsi untuk menyisipkan symbol ke dalam dokumen.
e. Footnote, berfungsi untuk menyisipkan catatan kaki ke dalam dokumen.
f . Hyperlink, berfungsi untuk menyisipkan teks hyperlink pada lembar kerja yang digunakan dalam pembuatan shorcut untuk pembukaan dokumen yang tersimpan dalam internet, atau server jaringan.
g. lnsert Exel Spreadsheet, berfungsi untuk menyisipkan lembar kerja Excel kedalam dokumen Word.
h. Chart, berfungsi untuk menyisipkan grafik ke dalam Word.
i. Word Art, berfungsi untuk menyisipkan teks yang artistik ke dalam dokumen.
j. Equation Editor berfungsi untuk menyisipkan rumus matematika, kimia, fisika ke dalam dokumen.
k. Clip Art, berfungsi untuk menyisipkan Gambar Clip Art ke dokumen yang sedang Aktif.
l. Object berfungsi untuk menyisipkan objec ke dalam dokumen.
m. Autoshapes, berfungsi untuk menyisipkan gambar tertentu ke toolbar dokumen.
n. Diagram, berfungsi untuk memasukkan diagram ke dalam dokumen.
c. Print Layout, berfungsi untuk menampilkan media pengetikan ke dalam bentuk Print view.
d. Outline, berfungsi untuk menampilkan media pengetikan ke dalam bentuk outline view.
e. Toolbar, berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar.
f. Zoom, berfungsi untuk menentukan ukuran tampilan yang dilihat pada monitor.
g. Ruler, untuk menampilkan ataupun menyembunyikan garis pengatur.
h. Header dan Footer, berfungsi untuk menciptakan judul (header) atas dan judul bawah (footer) pada dokumen.
i. Full Screen, berfungsi untuk menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.
4. Menu lnsert
a. Page Break, berfungsi untuk menyisipkan belahan halaman. '
b. Page Number, berfungsi untuk menyisipkan nomor halaman dokumen.
c. Date and Time, berfungsi untuk menyisipkan tanggal dan waktu di dokumen.
d. Symbol, berfungsi untuk menyisipkan symbol ke dalam dokumen.
e. Footnote, berfungsi untuk menyisipkan catatan kaki ke dalam dokumen.
f . Hyperlink, berfungsi untuk menyisipkan teks hyperlink pada lembar kerja yang digunakan dalam pembuatan shorcut untuk pembukaan dokumen yang tersimpan dalam internet, atau server jaringan.
g. lnsert Exel Spreadsheet, berfungsi untuk menyisipkan lembar kerja Excel kedalam dokumen Word.
h. Chart, berfungsi untuk menyisipkan grafik ke dalam Word.
i. Word Art, berfungsi untuk menyisipkan teks yang artistik ke dalam dokumen.
j. Equation Editor berfungsi untuk menyisipkan rumus matematika, kimia, fisika ke dalam dokumen.
k. Clip Art, berfungsi untuk menyisipkan Gambar Clip Art ke dokumen yang sedang Aktif.
l. Object berfungsi untuk menyisipkan objec ke dalam dokumen.
m. Autoshapes, berfungsi untuk menyisipkan gambar tertentu ke toolbar dokumen.
n. Diagram, berfungsi untuk memasukkan diagram ke dalam dokumen.
5. Fungsi Menu Format
a. Font, berfungsi untuk menentukan jenis huruf yang ingin digunakan.
b. Pangraph, berrfungsi untuk menentukan indensi, spasi, atau pemotongan baris dan halaman dokumen.
c. Coloumns, untuk menciptakan dokumen menjadi beberapa kolom sesuai keinginan.
d. Background, bertungsi untuk menambah warna pada latar belakang yang berbeda pada dokumen.
e. Auto format, berfungsi untuk melaksanakan format pada dokumen yang aktif secara otomatis.
f. Bullet and Numbering, berfungsi untuk menyisipkan bullet dan nomon pada teks atau kalimat yang dipilih pada dokumen yang aktif.
g. Font size, berfungsi untuk menentukan ukuran jenis huruf yang dipakai.
h. Font style, untuk menentukan bentuk atau gaya dari perhiasan huruf yang digunakan seperti: huruf tebal/bold, miring/italic, garis bawah/underline
i. Font color, berfungsi untuk menentukan jenis warna pada huruf yang digunakan
j. Drop cap, untuk menciptakan huruf pertama pada teks/paragrap menjadi huruf yang lebih besar daripada huruf yang lain.
6. Fungsi hidangan tools
a. Spelling grammer, berfungsi untuk menjalankan kemudahan investigasi ejaan dan tata bahasa dari teks/paragrap dokumen
b. Word count,berfungsi untuk memperlihatkan data statistik wacana sejumlah halaman, kata, karakter, paragrap, dan baris di dokumen
c. Track Changes, berfungsi untuk melihat perubahan pada dokumen yang telah dilakukan,serta untuk menolak/menerima perubahan yang telah dilakukan
d. Auto Correct, berfungsi untuk memperbaiki teks secara otomatis
e. Compare and Merge Document, berfungsi untuk membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen yang lain dan untuk menggabungkan dokumen
a. Font, berfungsi untuk menentukan jenis huruf yang ingin digunakan.
b. Pangraph, berrfungsi untuk menentukan indensi, spasi, atau pemotongan baris dan halaman dokumen.
c. Coloumns, untuk menciptakan dokumen menjadi beberapa kolom sesuai keinginan.
d. Background, bertungsi untuk menambah warna pada latar belakang yang berbeda pada dokumen.
e. Auto format, berfungsi untuk melaksanakan format pada dokumen yang aktif secara otomatis.
f. Bullet and Numbering, berfungsi untuk menyisipkan bullet dan nomon pada teks atau kalimat yang dipilih pada dokumen yang aktif.
g. Font size, berfungsi untuk menentukan ukuran jenis huruf yang dipakai.
h. Font style, untuk menentukan bentuk atau gaya dari perhiasan huruf yang digunakan seperti: huruf tebal/bold, miring/italic, garis bawah/underline
i. Font color, berfungsi untuk menentukan jenis warna pada huruf yang digunakan
j. Drop cap, untuk menciptakan huruf pertama pada teks/paragrap menjadi huruf yang lebih besar daripada huruf yang lain.
6. Fungsi hidangan tools
a. Spelling grammer, berfungsi untuk menjalankan kemudahan investigasi ejaan dan tata bahasa dari teks/paragrap dokumen
b. Word count,berfungsi untuk memperlihatkan data statistik wacana sejumlah halaman, kata, karakter, paragrap, dan baris di dokumen
c. Track Changes, berfungsi untuk melihat perubahan pada dokumen yang telah dilakukan,serta untuk menolak/menerima perubahan yang telah dilakukan
d. Auto Correct, berfungsi untuk memperbaiki teks secara otomatis
e. Compare and Merge Document, berfungsi untuk membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen yang lain dan untuk menggabungkan dokumen
f. Protect Document, berfungsi untuk melindungi dokumen supaya kondusif dari pengguna dokumen yang tidak berkepentingan
g. Envelopes and Labels, berfungsi untuk menciptakan amplop dan memperlihatkan label dokumen
h. Letter Wizard, untuk menciptakan surat menggunakan kemudahan wizard
g. Envelopes and Labels, berfungsi untuk menciptakan amplop dan memperlihatkan label dokumen
h. Letter Wizard, untuk menciptakan surat menggunakan kemudahan wizard
7. Fungsi hidangan table
a. Draw table, berfungsi untuk menampilkan toolbar tables and borders yang digunakan untuk menciptakan gambar tabel melalui kemudahan yang ada di word
b. Insert table, berfungsi untuk menciptakan tabel di dokumen
c. Delete table, berfungsi untuk menghapus tabel di dokumen
d. Delete cells, berfungsi untuk menghapus sel pada tabel di dokumen
e. Delete row, berfungsi untuk menghapus baris pada tabel dokumen
f. Delete columns, berfungsi untuk menghapus kolom pada tabel dokumen
g. Merge Cells, berfungsi untuk menggabungkan isi sel yang terpisah menjadi satu sel
h. Split cells, berfungsi untuk membagi sel dalam beberapa baris dan kolom
i. Sort ascending, berfungsi untuk mengurutkan data dari huruf A s.d Z atau angka 1 hingga dengan terakhir dari data
j. Sort descending, berfungsi untuk mengurutkan data dari huruf Z s.d A atau dari angka terakhir data hingga angka 1
k. Hide gridlines, berfungsi untuk menyembunyikan/menampilkan garis bantu di tabel
8. Fungsi hidangan windows
a. New windows, berfungsi untuk memperlihatkan dokumen yang sama melalui jendela yang berbeda
b. Arrange all, berfungsi untuk mengatur jendela dari dokumen yang aktif biar sanggup melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu yang sama juga
c. Split, berfungsi untuk membagi dokumen yang aktif menjadi dua bagian
9. Fungsi hidangan help
a. Microsoft word help, berfungsi untuk mencari pertolongan wacana pengguna kemudahan di word
b. Hide the office assistant, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan asistent word yang dimunculkan dalam bentuk animasi
c. About microsoft word, berfungsi untuk menampilkan kotak obrolan microsoft word yang digunakan
c. Toolbar
1. Toolbar Standard
Toolbar ini memuat perintah yang sering kita gunakan menyerupai menciptakan lembar kerja baru, menciptakan dokumen, menyimpan dan lain sebagainya. Beberapa icon yang sering digunakan dalam toolbar standard diantaranya :
c. Toolbar
1. Toolbar Standard
Toolbar ini memuat perintah yang sering kita gunakan menyerupai menciptakan lembar kerja baru, menciptakan dokumen, menyimpan dan lain sebagainya. Beberapa icon yang sering digunakan dalam toolbar standard diantaranya :
Toolbar Formatting
Toolbar berisikan icon-iconyang di pakai untuk memformat dokumen, menyerupai menentukan model huruf, ukuran huruf, efek percetakan, dan peralatan texs, membatalkan, menggaris bawahi atau mengubah biar menjadi huruf miring (itlaic), peralatan pengetikan (apakah akan rata kanan, kiri, atau tengah/centering dan lain-lain)
Toolbar Drawing
Toolbar berisikan ikon-ikon yang memudahkan kita untuk menciptakan gambar,objec (auto shapes) dan pengaturan bentuk serta efek dari bentuk tersebut.