Penyebab Vapour Lock Di Dalam Susukan Rem Dan Cara Mengatasinya
Vapour lock merupakan sebuah insiden munculnya udara di dalam susukan berisi cairan yang menguap jawaban panas di sekelilingnya. Vapour lock ini juga bisa terjadi pada sistem dan susukan minyak rem yang ada di kendaraan.
Jika muncul pada sistem rem kendaraan, Vapour lock ini bisa sangat membahayakan. Udara yang terperangkap di dalam susukan rem akan menciptakan daya pengereman menjadi tidak maksimal, bahkan bisa menciptakan rem kendaraan beroda empat menjadi blong dan kendaraan beroda empat sulit dihentikan.
Hal ini bisa terjadi sebab uap atau gelembung udara yang ada didalam susukan rem ini sanggup di tekan (di kompres). Akibatnya, tekanan yang diberikan dari master rem tidak hingga ke silinder rem roda.
Nah, pada artikel berikut ini, ombro akan menginformasikan penyebab vapour lock didalam susukan rem kendaraan beroda empat dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut penyebab-penyebab Vapour lock di dalam sauran rem dan cara mengatasinya
Penyebab vapour lock yang pertama ialah penggunaan rem secara terus menerus di jalan yang menurun. Terlebih, ketika jalan menurun yang dilalui mempunyai jarak tempuh yang sangat panjang, maka vapour lock didalam susukan rem sangat gampang terjadi.
Gesekan pada kampas rem dengan cakram atau tromol rem yang dilakukan terus menerus dalam waktu yang usang (seperti contohnya pada jalan menurun) akan menimbulkan panas yang berlebihan pada komponen rem menyerupai pada wheel cylinder atau caliper rem.
Panas berlebihan pada caliper atau wheel cylinder ini bisa menciptakan minyak rem menguap dan menimbulkan vapour lock (udara yang terjebak di dalam susukan rem).
Untuk mengantisipasi terjadinya vapour lock jawaban penggunaan rem secara terus menerus dijalan menurun ialah dengan mengkombinasikan penggunaan rem dengan engine brake guna menahan laju kendaraan semoga tidak meluncur di jalan menurun tersebut.
Jika vapour lock sudah terjadi, satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan melaksanakan "brake air bleeding" guna membuang dan menguras seluruh udara yang terjebak di dalam susukan rem
Penyebab vapour lock di dalam susukan rem berikutnya ialah penyetelan rem tangan yang terlalu rapat sehingga mengakibatkan overheat pada tromol rem jawaban terus bergesekan dengan kampas rem.
Penyetelan rem tangan pada masing-masing kendaraan beroda empat mempunyai cara dan ukuran yang berbeda. Nah, penyetelan rem tangan yang salah menyerupai contohnya terlalu rapat hingga macet bisa menjadi penyebab munculnya vapour lock di dalam susukan rem.
Untuk mengatasi vapour lock yang terjadi jawaban penyetelan rem tangan yang terlalu rapat ialah dengan melaksanakan penyetelan rem tangan ulang yang benar dan sesuai spesifikasi penyetelan rem tangan, Selain itu lakukan jga brake air bleeding untu membuang seluruh udara yang terjebak dalam susukan rem.
Baca juga :
Penyebab vapour lock selanjutnya ialah return spring dan master rem mengalami penyumbatan, khususnya pada prosedur pengembali menyerupai pegas dan lubang orifice pada master rem.
Ketika return spring dan lubang orifice pada mater rem mengalami problem menyerupai penyumbatan, maka hal ini akan mengganggu anutan minyak rem yang seharusnya masuk kembali kedalam reservoir tank.
Ketika minyak anutan kembali minyak rem terganggu, hal ini akan mengakibatkan kampas rem akan terus menerus menekan cakram atau tromol. Akibatnya bisa menjadikan panas dan vapour lock.
Untuk mengatasi problem vapour lock yang terjadi jawaban return spring dan lubang orifice pada master rem menglami penyumbatan ialah dengan melaksanakan pembongkaran serta pengurasan pada seluruh susukan dan komponen rem yang bermasalah.
Penggunaan minyak rem yang salah juga bisa menjadi penyebab munculnya vapour lock di dalam susukan rem. Minyak rem mempunyai jenis-jenis dan karakteristik yang berbeda, termasuk untuk penggunaannya pada sistem rem mobil.
Ketika kita memakai minyak rem yang salah, contohnya memakai minyak rem dengan materi yang mempunyai titik didih rendah dibanding spesifikasi yang diperlukan, maka insiden vapour lock ini akan gampang muncul dan menciptakan rem menjadi tidak pakem.
Selain itu, kualitas minyak rem juga turut memilih kemampuan minyak rem ketika dipakai pada kondisi kerja rem yang berat. Untuk lebih jauh ihwal minyak rem, jenis-jenis serta penanganannya silahkan baca pada artikel mengenal minyak rem [Brake Fluid] yang sudah pernah ombro posting sebelumnya.
Untuk mengatasi vapor lock yang terjadi jawaban penggunaan minyak rem yang salah ialah dengan menguras seluruh minyak rem yang ada dan menggantinya dengan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi pada kendaraan beroda empat anda.
Penyebab vapour lock yang terakhir ombro ketahui ialah sebab titik didih yang rendah jawaban rusaknya minyak rem. Ya, minyak rem yang rusak akan mengakibatkan titik didih menurun sehinga akan mempermudah terjadinya penguapan dan vapour lock di dalam susukan rem.
Titik didih pada minyak rem merupakan klimaks yang mengatakan kemampuan minyak rem untuk menahan panas semoga tidak mendidih. Ketika suhu panas yang terjadi sudah melewati titik didih minyak rem, maka minyak rem akan gampang menguap dan menghasilkan gelembung udara dalam susukan rem.
Berikut beberapa penyebab rusaknya minyak rem sehingga sanggup menurunkan titik didihnya
Untuk mengatasi vapour lock yang terjadi jawaban titik didih minyak rem yang turun jawaban rusaknya minyak rema dalah dengan melaksanakan pengurasan dan penggantian minyak rem dengan minyak rem yang gres dan dan masih tersegel rapat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Jika muncul pada sistem rem kendaraan, Vapour lock ini bisa sangat membahayakan. Udara yang terperangkap di dalam susukan rem akan menciptakan daya pengereman menjadi tidak maksimal, bahkan bisa menciptakan rem kendaraan beroda empat menjadi blong dan kendaraan beroda empat sulit dihentikan.
Hal ini bisa terjadi sebab uap atau gelembung udara yang ada didalam susukan rem ini sanggup di tekan (di kompres). Akibatnya, tekanan yang diberikan dari master rem tidak hingga ke silinder rem roda.
Nah, pada artikel berikut ini, ombro akan menginformasikan penyebab vapour lock didalam susukan rem kendaraan beroda empat dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut penyebab-penyebab Vapour lock di dalam sauran rem dan cara mengatasinya
1. Penggunaan rem terus menerus dijalan menurun
Penyebab vapour lock yang pertama ialah penggunaan rem secara terus menerus di jalan yang menurun. Terlebih, ketika jalan menurun yang dilalui mempunyai jarak tempuh yang sangat panjang, maka vapour lock didalam susukan rem sangat gampang terjadi.
Gesekan pada kampas rem dengan cakram atau tromol rem yang dilakukan terus menerus dalam waktu yang usang (seperti contohnya pada jalan menurun) akan menimbulkan panas yang berlebihan pada komponen rem menyerupai pada wheel cylinder atau caliper rem.
Panas berlebihan pada caliper atau wheel cylinder ini bisa menciptakan minyak rem menguap dan menimbulkan vapour lock (udara yang terjebak di dalam susukan rem).
Untuk mengantisipasi terjadinya vapour lock jawaban penggunaan rem secara terus menerus dijalan menurun ialah dengan mengkombinasikan penggunaan rem dengan engine brake guna menahan laju kendaraan semoga tidak meluncur di jalan menurun tersebut.
Jika vapour lock sudah terjadi, satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan melaksanakan "brake air bleeding" guna membuang dan menguras seluruh udara yang terjebak di dalam susukan rem
2. Penyetelan rem tangan yang terlalu rapat.
Penyebab vapour lock di dalam susukan rem berikutnya ialah penyetelan rem tangan yang terlalu rapat sehingga mengakibatkan overheat pada tromol rem jawaban terus bergesekan dengan kampas rem.
Penyetelan rem tangan pada masing-masing kendaraan beroda empat mempunyai cara dan ukuran yang berbeda. Nah, penyetelan rem tangan yang salah menyerupai contohnya terlalu rapat hingga macet bisa menjadi penyebab munculnya vapour lock di dalam susukan rem.
Untuk mengatasi vapour lock yang terjadi jawaban penyetelan rem tangan yang terlalu rapat ialah dengan melaksanakan penyetelan rem tangan ulang yang benar dan sesuai spesifikasi penyetelan rem tangan, Selain itu lakukan jga brake air bleeding untu membuang seluruh udara yang terjebak dalam susukan rem.
Baca juga :
- Cara periksa kondisi rem kendaraan beroda empat sendiri
- Masalah pada rem kendaraan beroda empat yang serin terjadi
- 2 Tipe jalur minyak rem pada kendaraan
3. Return spring dan master rem mengalami penyumbatan
Penyebab vapour lock selanjutnya ialah return spring dan master rem mengalami penyumbatan, khususnya pada prosedur pengembali menyerupai pegas dan lubang orifice pada master rem.
Ketika return spring dan lubang orifice pada mater rem mengalami problem menyerupai penyumbatan, maka hal ini akan mengganggu anutan minyak rem yang seharusnya masuk kembali kedalam reservoir tank.
Ketika minyak anutan kembali minyak rem terganggu, hal ini akan mengakibatkan kampas rem akan terus menerus menekan cakram atau tromol. Akibatnya bisa menjadikan panas dan vapour lock.
Untuk mengatasi problem vapour lock yang terjadi jawaban return spring dan lubang orifice pada master rem menglami penyumbatan ialah dengan melaksanakan pembongkaran serta pengurasan pada seluruh susukan dan komponen rem yang bermasalah.
4. Penggunaan minyak rem yang salah
Penggunaan minyak rem yang salah juga bisa menjadi penyebab munculnya vapour lock di dalam susukan rem. Minyak rem mempunyai jenis-jenis dan karakteristik yang berbeda, termasuk untuk penggunaannya pada sistem rem mobil.
Ketika kita memakai minyak rem yang salah, contohnya memakai minyak rem dengan materi yang mempunyai titik didih rendah dibanding spesifikasi yang diperlukan, maka insiden vapour lock ini akan gampang muncul dan menciptakan rem menjadi tidak pakem.
Selain itu, kualitas minyak rem juga turut memilih kemampuan minyak rem ketika dipakai pada kondisi kerja rem yang berat. Untuk lebih jauh ihwal minyak rem, jenis-jenis serta penanganannya silahkan baca pada artikel mengenal minyak rem [Brake Fluid] yang sudah pernah ombro posting sebelumnya.
Untuk mengatasi vapor lock yang terjadi jawaban penggunaan minyak rem yang salah ialah dengan menguras seluruh minyak rem yang ada dan menggantinya dengan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi pada kendaraan beroda empat anda.
5. Titik didih yang rendah jawaban rusaknya minyak rem
Penyebab vapour lock yang terakhir ombro ketahui ialah sebab titik didih yang rendah jawaban rusaknya minyak rem. Ya, minyak rem yang rusak akan mengakibatkan titik didih menurun sehinga akan mempermudah terjadinya penguapan dan vapour lock di dalam susukan rem.
Titik didih pada minyak rem merupakan klimaks yang mengatakan kemampuan minyak rem untuk menahan panas semoga tidak mendidih. Ketika suhu panas yang terjadi sudah melewati titik didih minyak rem, maka minyak rem akan gampang menguap dan menghasilkan gelembung udara dalam susukan rem.
Berikut beberapa penyebab rusaknya minyak rem sehingga sanggup menurunkan titik didihnya
- Minyak rem tidak pernah di kuras dan tidak pernah diganti dengan yang baru
- Minyak rem tercemar dengan air jawaban menerobos banjir
- Menggunakan minyak rem yang sudah tercemar dengan udara luar (misalnya memakai minyak rem yang sudah usang dan botolnya tidak ditutup rapat-rapat)
Untuk mengatasi vapour lock yang terjadi jawaban titik didih minyak rem yang turun jawaban rusaknya minyak rema dalah dengan melaksanakan pengurasan dan penggantian minyak rem dengan minyak rem yang gres dan dan masih tersegel rapat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/