Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Matematika Smp Un 2017 No. 36 - 40

 Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 36 hingga dengan nomor 40 tentang:
  • peluang kejadian, 
  • median data [statistika], 
  • rata-rata data [statistika], 
  • menafsirkan data tabel [statistika], dan 
  • menafsirkan data grafik [statistika].

Soal No. 36 perihal Peluang Kejadian

Sebuah kantong berisi bola yang terdiri atas 18 bola merah, 12 bola biru, dan 10 bola kuning. Jika diambil sebuah bola secara acak maka peluang terambilnya bola berwarna biru yakni ….

A.   7/10
B.   4/10
C.   3/10
D.   1/10







Pembahasan

Jumlah seluruh bola dalam kantong adalah:

n(S) = 18 + 12 + 10
        = 40

Jika A yakni kejadian terambilnya bola berwarna biru maka:

n(A) = 12

Dengan demikian, peluang kejadian A adalah:

 Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Jadi, peluang terambilnya bola berwarna biru yakni 3/10 (C).

Soal No. 37 perihal Median Data [statistika]

Perhatikan data berikut!

Nilai678910
Frekuensi35282

Medan data tersebut yakni ….

A.   7,5
B.   8,0
C.   8,5
D.   9,0



Pembahasan

Median (Me) yakni nilai tengah dari sekelompok data yang telah diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar.

 Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Berdasarkan data yang telah diurutkan di atas, medan data tersebut adalah:

 Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Jadi, median data tersebut yakni 8,5 (C).

Soal No. 38 perihal Rata-rata Data [statistika]

Rata-rata berat tubuh siswa laki-laki dalam sebuah kelas 61 kg dan rata-rata berat tubuh siswa perempuan 53 kg. Jika rata-rata berat tubuh seluruh siswa dalam kelas tersebut 56 kg dan banyak siswa 32 orang, banyak siswa laki-laki yakni ….

A.   18 orang
B.   16 orang
C.   14 orang
D.   12 orang




Pembahasan

Misal indeks (1) mewakili siswa laki-laki dan indeks (2) mewakili siswa perempuan maka diperoleh data:

  Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Karena melibatkan dua kelompok siswa, kita rumus rata-rata gabungan.

 Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Eliminasi (1) dan (2)

    n1 + n2     = 32     |×53|  53n1 + 53n2 = 1696
61n1 + 53n2 = 1792 |×1|    61n1 + 53n2 = 1792
                                        ⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯  −
                                                       −8n1 = −96
                                                            n1 = 12

Jadi, banyak siswa laki-laki yakni 12 orang (D).

Soal No. 39 perihal Menafsirkan Data Tabel [statistika]

Hasil tes matematika kelas VIII-D sebagai berikut:

Nilai45678910
Frekuensi3457632

Banyak siswa yang menerima nilai kurang dari 7 yakni ….

A.   20 orang
B.   12 orang
C.   9 orang
D.   7 orang




Pembahasan

Berdasarkan tabel pada soal, nilai kurang dari yakni nilai 4, 5, dan 6. Siswa yang menerima nilai 4 ada 3 orang, nilai 5 ada 4 orang, dan nilai 6 ada 5 orang.

Dengan demikian, siswa yang menerima nilai kurang dari 7 adalah:

3 + 4 + 5 = 12

Jadi, banyak siswa yang menerima nilai kurang dari 7 yakni 12 orang (B).

Soal No. 40 perihal Menafsirkan Data Grafik [statistika]

Diagram data produksi padi di suatu kawasan dari tahun 2010 hingga dengan tahun 2014.

 Pembahasan soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional  Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 36 - 40

Selisih produksi padi dua tahun terakhir yakni ….

A.   500 ton
B.   300 ton
C.   100 ton
D.   50 ton




Pembahasan

Dua tahun terakhir yang dimaksud yakni sesuai diagram di atas yakni tahun 2013 dan 2014. Pada tahun 2013 produksi padi 200 ton. Sedangkan pada tahun 2014 produksi yakni 300 ton.

Selisih produksi padi tahun 2014 dan 2013 adalah:

300 ton – 200 ton = 100 ton

Jadi, Selisih produksi padi dua tahun terakhir yakni 100 ton (C).

Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 31 - 35

Simak juga:
Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2014 No. 1 - 5
Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2015 No. 1 - 5
Pembahasan Matematika Sekolah Menengah Pertama UN 2016 No. 1 - 5

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, membuatkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.