Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 16 - 20
Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 16 hingga dengan nomor 20 tentang:
- gelombang bunyi,
- lensa cekung dan lensa cembung,
- cermin cekung dan cermin cembung,
- listrik statis, serta
- rangkaian listrik.
Soal No. 16 perihal Gelombang Bunyi
Sebuah kapal memancarkan sinyal suara ke dasar maritim R dan S ibarat gambar.
Bunyi pantul dari S tertangkap kembali di kapal 2 sekon setelah sinyal dipancarkan dan suara pantul dari R tertangkap kembali di kapal 3,5 sekon setelah sinyal dipancarkan. Jika cepat rambat suara si air 1500 m/s, selisih kedalaman R dengan S ialah ….
A. 1125 m
B. 1500 m
C. 2250 m
D. 2625 m
Bunyi pantul dari S tertangkap kembali di kapal 2 sekon setelah sinyal dipancarkan dan suara pantul dari R tertangkap kembali di kapal 3,5 sekon setelah sinyal dipancarkan. Jika cepat rambat suara si air 1500 m/s, selisih kedalaman R dengan S ialah ….
A. 1125 m
B. 1500 m
C. 2250 m
D. 2625 m
Pembahasan
Sinyal suara yang dipancarkan kapal akan dipantulkan oleh dasar maritim sehingga sinyal suara tersebut menempuh dua kali jarak permukaan ke dasar.2s = v ∙ t
Bunyi pantul dari S tertangkap kembali di kapal 2 sekon setelah sinyal dipancarkan.
2sS = v ∙ tS
2sS = 1500 × 2
sS = 1500
Sedangkan suara pantul dari R tertangkap kembali di kapal 3,5 sekon setelah sinyal dipancarkan.
2sR = v ∙ tR
2sR = 1500 × 3,5
2sR = 5250
sR = 2625
Dengan demikian, selisih sR dan sS adalah:
∆s = sR − sS
= 2625 − 1500
= 1125
Jadi, selisih kedalaman R dengan S ialah 1125 m (A).
Soal No. 17 perihal Lensa Cekung dan Lensa Cembung
Perhatikan tabel berikut!
Dari tabel tersebut pernyataan yang sempurna ialah pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
No. | Aktivitas | Alat | Alasan |
(1) | penderita miopi mengamati benda jauh | lensa cekung | bayangan bersifat maya, tegak, diperkecil |
(2) | penderita hipermetropi membaca koran | lensa cembung | bayangan bersifat maya, tegak, diperbesar |
(3) | membentuk bayangan dengan kamera | lensa cembung | bayangan bersifat nyata, tegak, diperkecil |
(4) | seseorang mengamati benda berukuran kecil | lensa cembung | bayangan bersifat nyata, tegak, diperbesar |
Dari tabel tersebut pernyataan yang sempurna ialah pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
Pembahasan
Mari kita ulas pernyataan pada tabel di atas!- Agar penderita miopi (rabun jauh) sanggup mengamati benda jauh dengan terang maka harus dibantu dengan kacamata minus (lensa negatif, lensa cekung). Bayangan benda jauh yang dibuat oleh lensa ini bersifat maya, tegak, dan diperkecil. [pernyataan 1 benar]
- Penderita hipermetropi (rabun dekat) yang ingin melihat benda jarak bersahabat dengan jelas, misal membaca koran, harus memakai kacamata positif (lensa cembung). Sifat bayangan benda bersahabat yang dibuat oleh lensa cembung ialah maya, tegak, dan diperbesar. [pernyataan 2 benar]
- Kamera ialah alat optik yang memakai lensa cembung. Sifat bayangan yang dibuat ialah nyata, terbalik, dan diperkecil. [pernyataan 3 salah]
- Untuk mengamati benda kecil kita sanggup memakai lup. Lup atau beling pembesar ialah lensa cembung yang sanggup membentuk bayangan maya, tegak, dan diperbesar. [pernyataan 4 salah]
Soal No. 18 perihal Cermin Cekung dan Cermin Cembung
Benda terletak di depan cermin cekung ibarat gambar, ternyata bayangan yang terbentuk bersifat aktual dan diperbesar 3 kali.
Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin, maka bayangan yang dihasilkan kini bersifat ….
A. nyata, terbalik, diperbesar
B. nyata, terbalik, diperkecil
C. nyata, terbalik, sama besar
D. maya, tegak, diperbesar
Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin, maka bayangan yang dihasilkan kini bersifat ….
A. nyata, terbalik, diperbesar
B. nyata, terbalik, diperkecil
C. nyata, terbalik, sama besar
D. maya, tegak, diperbesar
Pembahasan
Diketahui:s = 20 cm
m = 3
Pertama, kita tentukan dulu jarak bayang (s') dengan memakai rumus perbesaran (m).
Selanjutnya kita tentukan jarak fokusnya.
Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin sehingga jarak benda menjadi:
s2 = (20 + 10) cm
= 30 cm
Sekarang kita hitung jarak bayangan setelah benda digeser.
Ternyata diperoleh s2 = s'2 yang berarti bahwa sifat bayangan sama besar.
Karena jarak bayangannya positif maka sifat bayangan ialah nyata. Bayangan aktual selalu terbalik (untuk satu cermin).
Jadi, bayangan yang dihasilkan kini bersifat nyata, terbalik, dan sama besar (C).
Soal No. 19 perihal Listrik Statis
Gambar berikut mengatakan gaya tolak-menolak antara dua benda titik bermuatan listrik.
Besar gaya tolak-menolak antara kedua benda tersebut jikalau muatan listrik diganti menjadi +2Q dan +Q, dan jarak kedua benda menjadi 2d ialah ….
A. ½F
B. 2F
C. 4F
D. 8F
Besar gaya tolak-menolak antara kedua benda tersebut jikalau muatan listrik diganti menjadi +2Q dan +Q, dan jarak kedua benda menjadi 2d ialah ….
A. ½F
B. 2F
C. 4F
D. 8F
Pembahasan
Gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak di antara dua muatan dirumuskan:Sesuai dengan data yang diketahui, rumus di atas menjadi:
Jika muatan listrik diganti menjadi +2Q dan +Q, dan jarak kedua benda menjadi 2d maka:
Jadi, besar gaya tolak-menolak antara kedua benda tersebut ½F (A).
Soal No. 20 perihal Rangkaian Listrik
Empat buah lampu disusun ibarat gambar berikut.
Urutan lampu yang menyala paling terang hingga ke yang paling redup ialah ….
A. L1, L3, L2, L4
B. L2, L3, L1, L4
C. L3, L2, L1, L4
D. L4, L2, L3, L1
Urutan lampu yang menyala paling terang hingga ke yang paling redup ialah ….
A. L1, L3, L2, L4
B. L2, L3, L1, L4
C. L3, L2, L1, L4
D. L4, L2, L3, L1
Pembahasan
Lampu L4 dialiri arus utama, yaitu arus yang berasal dari sumber arus listrik, sehingga L4 menyala paling terang.Sedangkan lampu L1, L2, dan L3 dialiri arus cabang sehingga ketiga lampu tersebut menyala lebih redup daripada lampu L4.
Lampu yang memiliki kendala lebih kecil akan menyala lebih terang. Di antara ketiga lampu tersebut, L2 memiliki kendala paling kecil sehingga menyala paling terang. Disusul oleh L3 dan L1.
Jadi, urutan lampu yang menyala paling terang hingga ke yang paling redup ialah L4, L2, L3, L1 (D).
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 11 - 15
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 21 - 25
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, menyebarkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.