Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menilik Komponen Kaki-Kaki Mobil

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaksanakan pemeriksan dan perawatan secara rutin. Selain urusan mesin, investigasi komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat juga wajib dilakukan secara rutin.

Pasalnya, komponen-kaki-aki kendaraan beroda empat sangat berperan penting menjaga kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaku cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil

Pemeriksaan komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat ini memang sebaiknya dilakukan di bengkel kaki-kaki kendaraan beroda empat yang sahabat percayai, namun jikalau sahabat ingin mengetahui sendiri cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil, artikel berikut akan menjelaskan caranya.

Untuk melaksanakan investigasi komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat ini, sahabat harus mendongkrak kendaraan beroda empat terlebih dahulu biar ban depan sanggup terangkat. Selain itu, demi keselamatan sebaiknya gunakan jack stand pada kedua sisi kendaraan beroda empat untuk mengganjal kepingan kendaraan beroda empat yang sudah diangkat.

Pastikan kondisi kendaraan beroda empat sudah kondusif untuk melaksanakan permeriksaan. Berikut ialah cara menyelidiki masing-masing komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat sendiri.


1. Pemeriksaan Tie Rod dan Long Tie Rod


Tie rod dan long tie rod merupakan ball joint yang berfungsi untuk meneruskan pergerakan setir ke ban mobil. Baca : 3 Fungsi tie rod pada mobil .

Kerusakan yang terjadi pada tie rod dan long tie rod (seperti oblak), akan mengakibatkan suara gluduk-gluduk ketika kendaraan beroda empat dijalankan, terutama ketika berbelok dan melaju di jalan bergelombang. Lantas bagaimana cara menyelidiki kondisi tie rod dan long tie rod ini ?

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaku cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil

Cara menyelidiki tie rod dan long tie rod ini sanggup dilakukan bersamaan sekaligus berikut caranya

  • Setelah kendaraan beroda empat di dongkrak dan posisi ban sudah terangkat, pegang sisi kanan kiri ban. Kemudian gerakkan ban ke kiri dan ke kanan secara bergantian ibarat ketika kendaraan beroda empat akan berbelok.
  • Goyang-goyang ban beberapa kali dan perhatikan pada gerakan serta suara yang terjadi ketika ban digerakkan.
  • Jika terdengar suara "gluk-gluk" bersahabat ban ini berarti kerusakan pada tie rod, dan jikalau suara gluk-gluk terasa jauh di depan, ini pertanda long tie rod yang mengalami kerusakan.

Selain melalui bunyi, sahabat juga sanggup memperhatikan dari kondisi fisik tie-rod dan long tie rodnya. Jika karet epilog ball joint sudah rusak dan kepingan dalamnya terlihat berkarat, ini juga sanggup menjadi ciri bahwa tie rod sudah perlu diganti.


2. Pemeriksaan Bearing Roda


Bearing roda juga di kenal dengan sebutan laher roda, berfungsi untuk melancarkan putaran roda kendaraan beroda empat sekaligus menahan beban kendaraan. Kerusakan pada bearing roda sanggup mengakibatkan banyak kerugian, selain menimbulkan suara yang kurang nyaman. Bearing roda yang rusak juga berpotensi mengancam keselamatan selama berkendara. Baca : Bahaya bearing roda kendaraan beroda empat rusak beserta ciri-cirinya. ­­­­­­

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaku cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil

Berikut cara untuk menyelidiki kondisi bearing roda mobil

  • Pastikan ban sudah terangkat dan kendaraan beroda empat sudah dalam posisi kondusif untuk pemeriksaan.
  • Putar ban kendaraan beroda empat dengan tangan dan perhatikan kondisi ban ketika ban berputar
  • Jika ban terlihat oleng ketika berputar dan terdengar suara bergemuruh sempurna pada kepingan bearing roda, ini sanggup menjadi indikasi bearing roda kendaraan beroda empat rusak.
  • Hentikan putaran ban dan gerakkan kembali ban kendaraan beroda empat dari sisi kanan kiri, atas bawah, dan secara menyilang.
  • Jika pada semua posisi investigasi ban terasa oblak dan goyang sempurna di kepingan sentra tengah roda, sanggup dipastikan bahwa bearing roda kendaraan beroda empat sudah oblak dan rusak.


3. Pemeriksaan Ball joint


Ball joint pada kendaraan beroda empat jumlahnya sangat tergantung dari sistem suspensi yang digunakan. Nama ball joint juga sanggup berbeda-beda tergantung dimana ball joint tersebut diletakkan. Baca : Jenis-jenis dan macam ball joint yang ada pada sistem suspensi mobil

Kerusakan ball joint akan menimbulkan suara klotok-klotok ataupun gluk-gluk pada kaki-kaki kendaraan beroda empat yang akan terdengar ketika berbelok ataupun ketika melewati jalan bergelombang

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaku cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil

Berikut cara untuk menyelidiki kondisi ball joint yang ada pada kaki-kaki mobil

  • Pastikan ban kendaraan beroda empat sudah terangkat dan kendaraan beroda empat dalam posisi kondusif untuk pemeriksaan
  • Goyang dan gerakan ban pada sisi atas dan bawah dengan cara mendorong dan menarik sisi ban secara bergantian. Perhatikan pada gerakan yang terjadi
  • Jika oblak dan goyangan ban terasa pada kepingan atas, ini pertanda bahwa ball joint untuk upper arm sudah oblak, sedangkan jikalau terasa pada kepingan bawah, ini pertanda bahwa lower arm ball joint mengalami kerusakan.
  • Selain dengan menggerakan ban, sahabat juga sanggup menyelidiki dengan cara mengungkitnya melalui lower arm dan knuckle roda memakai batang besi / obeng min besar. Jika terasa bergerak dan suara "gluk" ketika diungkit , ini juga sanggup menjadi indikasi bahwa lower arm ball joint sudah oblak.


4. Pemeriksaan Karet Bushing Arm


Karet bushing merupakan komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat yang berfungsi untuk menjaga gerak naik turunnya ban pada as roda. Komponen ini juga terdapat pada beberapa komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat ibarat misalnya karet bushing pada lower arm, upper arm, stabilizer, lateral arm, dan lain-lain.

Karet bushing arm yang oblak juga akan menjadikan bunyi-bunyian pada komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat ketika kendaraan beroda empat melaju pada jalan tidak rata dan ketika berbelok.

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaku cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil

Berikut cara menyelidiki kondisi karet bushing arm

  • Pastikan ban kendaraan beroda empat sudah terangkat dan kendaraan beroda empat dalam posisi kondusif untuk pemeriksaan
  • Belokkan setir ke kiri atau kanan hinga mentok. Perhatikan pada komponen-kaki-kaki kendaraan beroda empat yang memakai materi karet bushing berwarna hitam (umumnya tereletak di bagian-bagian ujung komponen).
  • Jika kondisi karet bushingnya retak, aus atau habis, ini pertanda bahwa karet tersebut sudah pecah dan perlu diganti.
  • Jika sedikit kesulitan untuk melihatnya sahabat sanggup memakai obeng min besar dan ungkit sempurna pada posisi karet bushing dipasang. Karet bushing yang rusak akan menciptakan komponen bergerak lepas ketika di ungkit.


5. Pemeriksaan Shock breaker



Shock breaker memliki fungsi untuk meredam gerakan osilasi yang terjadi pda bodi kendaraan ketika melaju. Kerusakan pda shock breaker sanggup menciptakan kendaraan beroda empat teras limbung ketika dipakai dan menciptakan tapak ban kendaraan beroda empat menjadi terlihat makan sebelah.

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaku cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil

Untuk menyelidiki kondisi shock breaker anda sanggup melakukannya dengan memperhatikan 3 poin penting investigasi yaitu

  • Kondisi kebocoran oli yang terjadi pada shockbreaker
  • Kondisi efek peredaman yang terjadi pada shock beraker ketika bodi kendaraan beroda empat digoyang-goyang
  • Pemeriksaan suhu kerja shockbreaker sehabis kendaraan beroda empat jalan

Untuk detil investigasi shock absorber secara lengkap, sahabat sanggup membacanya pada artikel cara periksa kondisi shock breaker mobil yang sudah pernah ombro terbitkan.


6. Pemeriksaan Ban dan velg.


Pemeriksaan komponen kaki-kaki kendaraan beroda empat yang terakhir ialah investigasi pada kondisi ban dan velg mobil. Yang paling utama dalam investigasi ban dan velg ialah kondisi dari tapak ban serta kondisi dinding ban.

Ban yang tapaknya sudah aus dan tipis serta banyak terjadi benjolan pada sisi dinding ban, pertanda bahwa ban sudah wajib diganti. Kondisi ban ibarat ini akan menimbulkan getaran serta licin ketika dipakai pada jalan lembap sehingga tidak kondusif untuk digunakan.

Untuk menjaga kondisi kendaraan beroda empat biar tetap nyaman dan kondusif ketika dipakai ialah dengan melaku cara menyelidiki komponen kaki-kaki mobil

Pemeriksaan ban dan velg in cukup dilakukan dengan melihat kondisinya saja, setidaknya ada 8 kondisi yang sanggup menjadi ciri-ciri ban kendaraan beroda empat rusak ibarat usia ban yang sudah lebih dari 3 tahun, kembang ban sudah tipis atau terangkat, ban retak-retak dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya sanggup di baca pada artikel 8 ciri-ciri ban kendaraan beroda empat rusak dan perlu diganti yang sudah pernah ombro terbitkan.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/