Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Mulut No. 1 - 5 Tkpa Sbmptn 2017 Instruksi Naskah 226

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 isyarat naskah 226 nomor 1 hingga dengan nomor 5 perihal penarikan kesimpulan.

Soal Verbal No. 1

Jika saya ke kampus, saya akan bertemu Heru dan Joni.
Hari ini saya ke kampus.

Simpulan yang sempurna yaitu ….

A.   Saya dan Heru bertemu Joni
B.   Saya bertemu Heru alasannya yaitu Joni tidak di kampus
C.   Saya ke kampus untuk bertemu Heru dan Joni
D.   Saya akan bertemu Heru dan Joni
E.   Saya, Heru, dan Joni akan bertemu di kampus




Pembahasan

Dua pernyataan atau premis di atas sanggup ditarik kesimpulan dengan modus ponens.

Misal:

p : Saya ke kampus
q : Saya akan bertemu Heru dan Joni

Rumus penarikan modus ponens adalah:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Jadi, akibat yang sempurna yaitu opsi (D).

Soal Verbal No. 2

Jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu, nilai siswa banyak yang meningkat.
Jika nilai siswa banyak yang meningkat, siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler.

Simpulan yang sempurna yaitu ….

A.   Jika guru Matematika menambah jam pelajaran, nilai siswa banyak yang meningkat
B.   Guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu jikalau siswa tidak mengikuti acara ekstrakurikuler
C.   Jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu, ekstrakurikuler ditiadakan
D.   Siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler jikalau guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu
E.   Nilai siswa banyak yang meningkat jikalau tidak mengikuti acara ekstrakurikuler

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Pembahasan

Penarikan kesimpulan untuk kedua premis pada soal di atas yaitu silogisme.

Misal:

p : Guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu.
q : Nilai siswa banyak yang meningkat.
r : Siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler.

Penarikan kesimpulan secara silogisme dirumuskan:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
(Jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu, siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler)

Sesuai dengan opsi tanggapan yang ada, akibat di atas sama artinya dengan:

Siswa sanggup mengikuti acara ekstra-kurikuler jikalau guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu.

Jadi, akibat yang sempurna dari premis di atas yaitu opsi (D).

Soal Verbal No. 3

Jika penggunaan gas freon di bumi meningkat, suhu rata-rata permukaan bumi juga meningkat.
Jika es di Kutub Utara mencair, rata-rata permukaan air bahari meningkat.
Saat ini suhu rata-rata permukaan bumi atau rata-rata permukaan air bahari tidak meningkat.

Simpulan yang sempurna yaitu ….

A.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat dan es di Kutub Utara tidak mencair
B.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat tetapi es di Kutub Utara mencair
C.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara tidak mencair
D.   Penggunaan gas freon di bumi meningkat tetapi es di Kutub Utara tidak mencair
E.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara mencair




Pembahasan

Misal:

p : Penggunaan gas freon di bumi meningkat
q : Suhu rata-rata permukaan bumi meningkat
r : Es di Kutub Utara mencair
s : rata-rata permukaan air bahari meningkat

Premis-premis di atas sanggup ditulis dalam logika matematika berikut ini:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Ketiga premis di atas tidak sanggup ditarik kesimpulan secara langsung. Perlu dilakukan pengubahan terlebih dahulu.
  • Implikasi ekuivalen dengan kontraposisi
 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
  • Implikasi ekuivalen dengan disjungsi
 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
Dengan demikian, ketiga premis di atas menjadi:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
(Jika penggunaan gas freon di bumi meningkat, es di Kutub Utara mencair)

Ternyata tanggapan ini tidak pada opsi jawaban. Mari kita cari ekuivalensinya.

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
(Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara tidak mencair)

Jadi, akibat yang sempurna dari premis-premis di atas yaitu opsi (C).

Soal Verbal No. 4

Semua motor balap yaitu sepeda motor berkecepatan tinggi. Tidak ada sepeda motor berkecepatan tinggi merupakan produk lokal.

Berdasarkan dua pernyataan di atas, akibat yang sempurna yaitu ….

A.   Semua produk lokal yaitu motor balap
B.   Tidak ada produk lokal yang bukan merupakan motor balap
C.   Tidak ada produk lokal yang merupakan motor balap
D.   Ada sepeda motor lokal berkecepatan tinggi yang merupakan motor balap
E.   Semua sepeda motor berkecepatan tinggi yaitu motor balap




Pembahasan

Misalkan:

T : sepeda motor berkecepatan tinggi
B : motor balap
L : sepeda motor produk lokal

Dua pernyataan pada soal di atas sanggup dinyatakan dengan diagram berikut ini.

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Berdasarkan gambar di atas, tampak bahwa tidak ada produk lokal yang merupakan motor balap.

Jadi, akibat yang sempurna yaitu opsi (C).

Soal Verbal No. 5

Tidak ada pegawai malas yang mendapat kenaikan pangkat. Beberapa orang yang mendapat kenaikan pangkat yaitu orang yang gigih.

Berdasarkan dua pernyataan di atas, akibat yang paling sempurna yaitu ….

A.   Beberapa orang yang gigih bukan pegawai malas
B.   Beberapa orang yang naik pangkat yaitu pegawai yang malas
C.   Tidak ada orang yang gigih mendapat kenaikan pangkat
D.   Semua pegawai yang tidak naik pangkat yaitu orang yang gigih
E.   Tidak ada orang gigih yang merupakan pegawai malas




Pembahasan

Misalkan:

M : pegawai malas
G : orang gigih
P : kenaikan pangkat

Dua pernyataan di atas sanggup digambarkan dengan diagram berikut ini.

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Berdasarkan diagram di atas, tampak bahwa tidak ada orang gigih yang merupakan pegawai malas.

Jadi, akibat yang sempurna untuk dua pernyataan di atas yaitu opsi (E).

Pembahasan Verbal No. 6 - 10 TKPA SBMPTN 2017

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, membuatkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.