Penyebab Rem Cakram Seret Dan Tips Mengatasinya
Rem cakram seret kerap terjadi sesudah kita melaksanakan pergantian kampas rem. Perubahan-perubahan yang terjadi pada komponen rem cakram umumnya akan muncul sesudah penggantian kampas rem dilakukan.
Seperti misalnya, ketika kampas rem tipis, maka dinding piston rem akn terdorong lebih keluar. Akibatnya kotoran, debu, lumpur akan gampang melekat pada dinding piston rem tersebut
Ketika masih memakai kampas rem yang tipis tadi, hal ini bukanlah masalah. Namun, ketika kampas rem diganti dengan yang gres dan lebih tebal maka persoalan kampas rem seret akan muncul.
Saat pemasangan kampas rem yang gres dan tebal, piston rem cakram harus ditekan masuk kembali kedalam. Hal ini akan menimbulkan kotoran yang melekat pada dinding piston rem akan ikut terbawa masuk.
Akibatnya pergerakan piston menjadi terganggu jawaban kotoran-kotoran tersebut dan menimbulkan rem cakram menjadi seret.
Nah, pada artikel berikut ombro akan membuatkan tips mengatasi rem cakram seret berikut beberapa penyebab rem cakram seret. Simak infonya dibawah ini..
Dibawah ini merupakan komponen-komponen rem cakram yang sering menjadi penyebab rem cakram seret .
Kelancaran pergerakan as floating caliper sangat mempengaruhi daya pengereman. Kondisi as floating caliper rem ini sudah seharusnya higienis dan sanggup bergerak lancar. Jika As floating caliper macet, maka ia sanggup menimbulkan rem cakram seret sebab pergerakan piston tertahan oleh macetnya as floating caliper.
Karat pada piston caliper rem ini umumnya terjadi jawaban karet epilog seal yang sobek sehingga air gampang masuk dan menciptakan piston caliper berkarat. Sedangkan karet seal caliper rem yang saya lebih banyak terjadi jawaban umur pemakaian yang sudah terlalu lama
Kedua kondisi diatas sanggup menimbulkan piston rem cakram tidak kembali sehingga menjadikan persoalan rem cakram seret.
Lain lagi halnya jikalau kita memakai kampas rem after market yang kualitas bahannya lebih rendah dibanding kampas rem OEM. Penggunaan kampa rem aftermarket yang menyerupai ini akan menjadikan persoalan rem cakram seret bahkan macet.
Perbedaan materi kampas rem menghasilkan daya cengkraman rem yang berbeda. Selain itu, imbas panas yang dihasilkanpun juga berbeda. Akibatnya, rem cakram menjadi lebih gampang seret dan macet. Bahkan untuk beberapa kondisi, selain menjadi penyebab rem cakram seret, penggunaan materi kapas rem yang berbeda juga sering menciptakan rem cakram suara dan cakram menjadi aus.
Baca juga :
Untuk mengatasi rem cakram seret tentunya kita merujuk pada penyebab yang terjadi. Untuk rem cakram seret yang terjadi jawaban as floating caliper rem macet dan piston caliper rem macet maka solusinya ialah dengan melaksanakan pembongkaran dan investigasi pada kedua komponen tersebut.
Bersihkan as floating caliper dan pastikan ia sanggup bergerak lancar pada lubang dudukan as yang ada di support caliper. Untuk piston rem dan seal, pastikan keduanya dalam kondisi yang bagus. Gunakan seal caliper rem yang gres dan pastikan piston rem dalam kondisi higienis serta tidak rusak jawaban karat.
Jangan lupa lakukan kuras minyak rem dan air bleeding untuk memastikan jalur hidrolik rem cakram sudah higienis dan sanggup bekerja dengan normal.
Sedangkan untuk mengatasi rem cakram seret jawaban kampas rem memakai materi yang berbeda, maka solusinya ialah ganti kampas rem dengan kampas yang orisinil dan original (OEM). Menggunakan kampas rem original akan meminimalisir penyebab kampas rem seret.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Seperti misalnya, ketika kampas rem tipis, maka dinding piston rem akn terdorong lebih keluar. Akibatnya kotoran, debu, lumpur akan gampang melekat pada dinding piston rem tersebut
Ketika masih memakai kampas rem yang tipis tadi, hal ini bukanlah masalah. Namun, ketika kampas rem diganti dengan yang gres dan lebih tebal maka persoalan kampas rem seret akan muncul.
Saat pemasangan kampas rem yang gres dan tebal, piston rem cakram harus ditekan masuk kembali kedalam. Hal ini akan menimbulkan kotoran yang melekat pada dinding piston rem akan ikut terbawa masuk.
Akibatnya pergerakan piston menjadi terganggu jawaban kotoran-kotoran tersebut dan menimbulkan rem cakram menjadi seret.
Nah, pada artikel berikut ombro akan membuatkan tips mengatasi rem cakram seret berikut beberapa penyebab rem cakram seret. Simak infonya dibawah ini..
Penyebab rem cakram seret
Dibawah ini merupakan komponen-komponen rem cakram yang sering menjadi penyebab rem cakram seret .
1. As floating caliper macet
As floating caliper sering juga disebut Pin Caliper. Umumnya dipasang pada kedua ujung caliper rem dan berfungsi untuk menahan caliper pada support caliper. Selain untuk menahan, as floating caliper ini juga berfungsi sebagai kawasan bergeraknya kaliper rem ke kanan dan ke kiri ketika piston rem ditekan.Kelancaran pergerakan as floating caliper sangat mempengaruhi daya pengereman. Kondisi as floating caliper rem ini sudah seharusnya higienis dan sanggup bergerak lancar. Jika As floating caliper macet, maka ia sanggup menimbulkan rem cakram seret sebab pergerakan piston tertahan oleh macetnya as floating caliper.
2. Piston caliper rem macet
Piston caliper rem yang macet juga menjadi penyebab rem cakram seret. Piston rem cakram macet kerap terjadi jawaban dua hal, yaitu jawaban karat dan karet seal caliper rem sudah mengeras dan kaku.Karat pada piston caliper rem ini umumnya terjadi jawaban karet epilog seal yang sobek sehingga air gampang masuk dan menciptakan piston caliper berkarat. Sedangkan karet seal caliper rem yang saya lebih banyak terjadi jawaban umur pemakaian yang sudah terlalu lama
Kedua kondisi diatas sanggup menimbulkan piston rem cakram tidak kembali sehingga menjadikan persoalan rem cakram seret.
3. Bahan kampas rem yang berbeda
Bahan kampas rem yang berbeda sanggup menjadi penyebab rem cakram seret. Untuk kampas rem original (OEM), materi yang dipakai tentunya sudah di sesuaikan dengan material rem cakram. Hal ini akan meminimalisir penyebab rem cakram seret.Lain lagi halnya jikalau kita memakai kampas rem after market yang kualitas bahannya lebih rendah dibanding kampas rem OEM. Penggunaan kampa rem aftermarket yang menyerupai ini akan menjadikan persoalan rem cakram seret bahkan macet.
Perbedaan materi kampas rem menghasilkan daya cengkraman rem yang berbeda. Selain itu, imbas panas yang dihasilkanpun juga berbeda. Akibatnya, rem cakram menjadi lebih gampang seret dan macet. Bahkan untuk beberapa kondisi, selain menjadi penyebab rem cakram seret, penggunaan materi kapas rem yang berbeda juga sering menciptakan rem cakram suara dan cakram menjadi aus.
Baca juga :
- Cara periksa kondisi rem kendaraan beroda empat sendiri
- Cara melaksanakan air bleeding rem kendaraan beroda empat yang optimal
- Mengenal rem cakram dan komponennya
Tips dan Solusi mengatasi rem cakram seret
Untuk mengatasi rem cakram seret tentunya kita merujuk pada penyebab yang terjadi. Untuk rem cakram seret yang terjadi jawaban as floating caliper rem macet dan piston caliper rem macet maka solusinya ialah dengan melaksanakan pembongkaran dan investigasi pada kedua komponen tersebut.
Bersihkan as floating caliper dan pastikan ia sanggup bergerak lancar pada lubang dudukan as yang ada di support caliper. Untuk piston rem dan seal, pastikan keduanya dalam kondisi yang bagus. Gunakan seal caliper rem yang gres dan pastikan piston rem dalam kondisi higienis serta tidak rusak jawaban karat.
Jangan lupa lakukan kuras minyak rem dan air bleeding untuk memastikan jalur hidrolik rem cakram sudah higienis dan sanggup bekerja dengan normal.
Sedangkan untuk mengatasi rem cakram seret jawaban kampas rem memakai materi yang berbeda, maka solusinya ialah ganti kampas rem dengan kampas yang orisinil dan original (OEM). Menggunakan kampas rem original akan meminimalisir penyebab kampas rem seret.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/