Cara Mengecek Busi Pemanas Pada Mesin Diesel (Glow Plug)
Busi pemanas atau sering juga disebut sebagai glow plug merupakan komponen pada mesin diesel yang berfungsi untuk memanaskan suhu pada ruang bakar sehingga proses menyalakan mesin diesel menjadi lebih gampang dan lebih cepat.
Ketika teman menemukan mesin diesel sulit hidup ketika mesin masbodoh namun gampang hidup ketika mesin panas, hal ini sanggup menunjukan bahwa busi pemanas dan glow sistem pada mesin diesel tersebut rusak atau bermasalah.
Untuk memastikannya, cara termudah yaitu dengan mengecek busi pemanas terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara mengecek busi pemanas pada mesin diesel ? Di artikel ini ombro akan menyebarkan bagaimana cara mengecek busi pemanas.
Namun sebelum pemeriksaan, sebaiknya teman lepaskan rangkaian busi pemanas dari mesin terlebih dahulu. Berikut caranya :
Setelah seluruh busi pemanas terlepas , langkah selanjutnya yaitu melaksanakan pengecekan busi pemanas tersebut, berikut langkah-langkah investigasi busi pemanas.
Pemeriksaan pertama dilakukan dengan menyelidiki tahanan busi pemanas. Gunakan Avometer /Multitester untuk melaksanakan investigasi ini. Karena tahanan yang dimiliki oleh busi pemanas ini terbilang sangat kecil, sebaiknya gunakan Avometer digital semoga tingkat akurasi dan pembacaan nilai tahanan busi pemanas sanggup lebih akurat dan benar.
Dari beberapa literatur yang ombro dapatkan, nilai tahanan busi pemanas berkisar diantara 0,5 hingga 5 ohm, namun untuk nilai pastinya lihat kembali pada buku spesifikasi perbaikan kendaraan anda miliki.
Jika ketika pengukuran di dapatkan tahanan busi pemanas lebih dari 5 ohm atau menunjuk pada kondisi "tidak terhingga", maka busi pemanas dianggap rusak dan perlu diganti dengan yang baru.
Perhatikan langkah-langkah dan cara mengecek tahanan pada busi pemanas dibawah berikut ini
Berikut rujukan gambar investigasi busi pemanas memakai avometer
Baca juga :
Pemeriksaan selanjutnya yaitu investigasi kerja pemanas pada busi pemanas. Pemeriksaan ini untuk memastikan kondisi pemanas pada busi pemanas sanggup bekerja dengan baik.
Sebelum melaksanakan investigasi kerja pemanas, sebaiknya siapkan satu buah kabel dan aki kendaraan beroda empat yang kondisinya masih baik. Selain itu, oleskan sedikit oli atau solar sempurna pada ujung busi pemanas.
Oli atau solar ini kalau terkena panas maka ia akan menguap dan menjadi asap. Jika busi pemanas dalam kondisi yang bagus, maka oli ini akan menguap.
Perhatikan langkah-langkah dan cara mengecek kerja pemanas pada busi pemanas dibawah berikut ini
Perhatikan pada gambar cara mengecek kerja pemanas yang ada pada busi pemanas dibawah berikut ini
Kedua langkah pengecekan busi pemanas diatas sudah cukup untuk memastikan kalau busi pemanas dalam kondisi yang baik atau rusak. Demikian artikel cara mengecek busi pemanas yang sanggup Ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Ketika teman menemukan mesin diesel sulit hidup ketika mesin masbodoh namun gampang hidup ketika mesin panas, hal ini sanggup menunjukan bahwa busi pemanas dan glow sistem pada mesin diesel tersebut rusak atau bermasalah.
Untuk memastikannya, cara termudah yaitu dengan mengecek busi pemanas terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara mengecek busi pemanas pada mesin diesel ? Di artikel ini ombro akan menyebarkan bagaimana cara mengecek busi pemanas.
Namun sebelum pemeriksaan, sebaiknya teman lepaskan rangkaian busi pemanas dari mesin terlebih dahulu. Berikut caranya :
- Lepaskan terminal negatif aki kendaraan beroda empat demi keamanan ketika pemeriksaan
- Buka plat yang diikat oleh nut 10 pada masing-masing terminal konektor busi pemanas
- Lepaskan plat tersebut dari busi pemanas
- Gunakan kunci ring 12 untuk melepas busi pemanas
- Lakukan pada keseluruhan busi pemanas yang ada
Setelah seluruh busi pemanas terlepas , langkah selanjutnya yaitu melaksanakan pengecekan busi pemanas tersebut, berikut langkah-langkah investigasi busi pemanas.
1. Pemeriksaan Tahanan (Resistansi) Busi pemanas
Pemeriksaan pertama dilakukan dengan menyelidiki tahanan busi pemanas. Gunakan Avometer /Multitester untuk melaksanakan investigasi ini. Karena tahanan yang dimiliki oleh busi pemanas ini terbilang sangat kecil, sebaiknya gunakan Avometer digital semoga tingkat akurasi dan pembacaan nilai tahanan busi pemanas sanggup lebih akurat dan benar.
Dari beberapa literatur yang ombro dapatkan, nilai tahanan busi pemanas berkisar diantara 0,5 hingga 5 ohm, namun untuk nilai pastinya lihat kembali pada buku spesifikasi perbaikan kendaraan anda miliki.
Jika ketika pengukuran di dapatkan tahanan busi pemanas lebih dari 5 ohm atau menunjuk pada kondisi "tidak terhingga", maka busi pemanas dianggap rusak dan perlu diganti dengan yang baru.
Perhatikan langkah-langkah dan cara mengecek tahanan pada busi pemanas dibawah berikut ini
- Atur saklar (knob) avometer untuk pengukuran tahanan (ohm)
- Pasang kabel merah (+) pada ujung konektor terminal busi pemanas
- Pasang kabel hitam (-) pada bodi/housing busi pemanas
- Baca nilai tahanan pada busi pemanas yang tampil pada layar avometer
- Jika tahanan busi pemanas dibawah 5 ohm berarti busi pemanas masih bagus, kalau lebih dari 5 omh atau terbaca tidak terhingga maka busi pemanas rusak.
Berikut rujukan gambar investigasi busi pemanas memakai avometer
Baca juga :
- Fungsi Glow plug pada mesin diesel
- Penyebab mesin diesel susah hidup
- Jenis-jenis ruangbakar pada mesin diesel
2. Pemeriksaan kerja pemanas pada busi pemanas
Pemeriksaan selanjutnya yaitu investigasi kerja pemanas pada busi pemanas. Pemeriksaan ini untuk memastikan kondisi pemanas pada busi pemanas sanggup bekerja dengan baik.
Sebelum melaksanakan investigasi kerja pemanas, sebaiknya siapkan satu buah kabel dan aki kendaraan beroda empat yang kondisinya masih baik. Selain itu, oleskan sedikit oli atau solar sempurna pada ujung busi pemanas.
Oli atau solar ini kalau terkena panas maka ia akan menguap dan menjadi asap. Jika busi pemanas dalam kondisi yang bagus, maka oli ini akan menguap.
Perhatikan langkah-langkah dan cara mengecek kerja pemanas pada busi pemanas dibawah berikut ini
- Pasang kabel pada bodi/housing busi pemanas
- Pasang ujung kabel yang satunya ke terminal negatif (-) aki mobil
- Tempelkan konektor terminal busi pemanas pada terminal faktual (+) aki mobil
- Tunggu selama 6-10 detik
- Jika selama waktu tersebut busi pemanas terlihat menyala merah dan mengeluarkan asap, berarti busi pemanas dalam kondisi bagus.
- Jika tidak keluar asap dan kepala busi pemanas tidak memerah berarti busi pemanas rusak dan perlu diganti
Hal yang perlu diperhatikaan ketika melaksanakan investigasi ini
- Berhati-hati terhadap panas yang dihasilkan ketika pengetesan alasannya yaitu sanggup menimbulkan luka bakar.
- Jangan terlalu usang melaksanakan pengetesan pemanas, cukup 6-10 detik saja alasannya yaitu sanggup merusak busi pemanas
- Jangan membanting atau menjatuhkan busi pemanas alasannya yaitu sanggup berakibat rusak.
Perhatikan pada gambar cara mengecek kerja pemanas yang ada pada busi pemanas dibawah berikut ini
Kedua langkah pengecekan busi pemanas diatas sudah cukup untuk memastikan kalau busi pemanas dalam kondisi yang baik atau rusak. Demikian artikel cara mengecek busi pemanas yang sanggup Ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/