Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Untuk Pemula: Cara Benar Menentukan Plugin Wordpress Terbaik

Panduan untuk Pemula: Cara Memilih Plugin WordPress Terbaik


Plugin menciptakan WordPress menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi pemula. Namun, dengan lebih dari 56.000 plugin WordPress tersedia di direktori plugin resmi, pengguna merasa sulit untuk menemukan plugin WordPress yang tepat untuk pekerjaan itu. Dalam artikel ini, kami akan memperlihatkan cara menentukan plugin WordPress terbaik dengan mengikuti daftar periksa yang sama yang tim kami di WPBeginner dan para hebat WordPress lainnya ikuti.

Ketika mencari plugin, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menulis persis apa yang Anda ingin plugin ini lakukan. Dalam pengalaman kami, ada baiknya jikalau Anda menciptakan daftar periksa dengan fitur yang Anda cari (sesuai urutan kepentingannya).

Urutan penting penting lantaran terkadang Anda tidak akan menemukan semuanya dalam satu plugin. Faktor kepentingan akan membantu menciptakan keputusan Anda lebih mudah.

Ingat bahwa tidak harus ada satu plugin yang melaksanakan semuanya. Jika Anda menemukan dua plugin yang bekerja sama dengan baik untuk memperlihatkan apa yang Anda butuhkan, instal 2 plugin tersebut. Jumlah total plugin tidak masalah, kualitasnya tidak.
 Plugin menciptakan WordPress menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi pemula Panduan untuk Pemula: Cara Benar Memilih Plugin Wordpress Terbaik

Karena itu, mari kita lihat cara menentukan plugin WordPress terbaik.

Cara Mencari Plugin


Direktori plugin WordPress ialah titik awal bagi kebanyakan orang. Ini mempunyai ribuan plugin yang tersedia yang sangat manis kecuali bahwa kelimpahan ini juga menciptakan sulit untuk menemukan plugin yang sempurna.

Fitur pencarian di direktori plugin WordPress tidak terlalu canggih. Inilah sebabnya mengapa kami selalu merekomendasikan memakai pencarian Google atau melihat melalui kategori plugin WPBeginner terlebih dahulu.

Anda juga sanggup menggabungkan yang terbaik dari keduanya dengan mengetikkan kata kunci Anda di pencarian Google dan menambahkan wpbeginner di belahan akhir.

Atau, Anda sanggup mulai dengan menelusuri plugin WordPress paling terkenal di direktori. Lihat apakah ada plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak sanggup menemukan plugin di dua halaman pertama dari plugin populer, jalankan pencarian.

Pencarian direktori plugin WordPress memperlihatkan hasil menurut relevansi secara default.

Untuk setiap hasil pencarian, Anda akan sanggup melihat nama Plugin, peringkat, deskripsi, jumlah pemasangan aktif (situs web memakai plugin), nama penulis, dan diuji dengan versi WordPress.

Idealnya, Anda ingin menentukan plugin yang terdengar relevan untuk Anda, mempunyai jumlah pemasangan aktif yang layak, peringkat yang baik, dan diuji dengan versi WordPress terbaru.

Membandingkan Plugin - Yang Mana Akan Diunduh?


Setelah menemukan beberapa plugin, Anda sanggup membuka halaman plugin ini di tab gres untuk membandingkannya. Halaman plugin WordPress berisi warta perihal plugin, apa fungsinya, cara menggunakannya, dll. Anda perlu memakai warta ini untuk memutuskan apakah plugin ini paling cocok untuk Anda.

Bilah sisi pada halaman plugin berisi warta yang berkhasiat perihal plugin. Bagian pertama di sidebar menampilkan versi plugin, yang terakhir diperbarui, instalasi aktif, versi WordPress minimum yang diharapkan untuk menjalankan plugin.

Tanggal yang diperbarui plugin dan penginstalan aktif ialah indikator manis untuk popularitas plugin.

Bagian ini juga akan ditampilkan diuji sampai versi WordPress. Jika tidak memperlihatkan versi terbaru, maka tidak perlu panik. Meskipun penulis plugin mengusut plugin mereka dengan setiap rilis WordPress baru, mereka hanya sanggup memperbarui plugin jikalau diperlukan. Silakan lihat artikel kami perihal menginstal plugin yang tidak diuji dengan versi WordPress Anda untuk lebih jelasnya.

Rating Plugin


Di sidebar halaman plugin, Anda juga akan sanggup melihat peringkat plugin. Jumlah bintang memperlihatkan skor rating, di mana lima ialah yang tertinggi dan yang paling rendah.

Anda harus selalu mengingat bahwa banyak pengguna WordPress memakai plugin tanpa memberi peringkat. Ada kemungkinan bahwa plugin yang diunduh oleh ribuan orang mungkin masih belum mempunyai cukup orang yang menilainya.

Ulasan Plugin (review)


Ketika pengguna memberi peringkat sebuah plugin, mereka diminta untuk menulis ulasan untuk rating mereka. Anda sanggup melihat ulasan ini dengan mengklik batang nilai. Misalnya, jikalau seseorang memberi plugin satu bintang, Anda sanggup mengeklik tautan bintang 1 untuk membaca ulasannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan di sini ialah jumlah total peringkat. Misalnya, jikalau plugin hanya mempunyai satu atau dua orang memberi peringkat, maka itu benar-benar bukan angka yang signifikan. Namun, jikalau satu atau dua orang itu meninggalkan alasan manis untuk evaluasi mereka, maka ini akan menciptakan evaluasi mereka signifikan untuk orang lain.

Ringkasan Dukungan


Bagian pinjaman dari sidebar halaman plugin akan memberi Anda citra singkat perihal jumlah untaian pinjaman yang dibuka untuk plugin selama dua bulan terakhir. Ini juga akan memperlihatkan kepada Anda berapa banyak dari untaian ini yang diselesaikan.

Anda sanggup melihat untaian pinjaman dengan mengklik tab pinjaman di bilah sajian plugin. Sama ibarat ulasan, ingatlah bahwa untaian pinjaman yang belum terselesaikan tidak berarti bahwa plugin mempunyai beberapa masalah.

Namun, jikalau plugin mempunyai banyak untaian yang belum terselesaikan dan penulis plugin belum menanggapi salah satu dari mereka dalam dua bulan terakhir, maka ini sanggup menjadi indikator bahwa penulis telah kehilangan minat. Plugin mungkin masih berfungsi untuk Anda, tetapi mungkin tidak didukung dalam jangka panjang.

Screenshot Plugin


Untuk sebagian besar plugin WordPress di direktori, Anda akan melihat belahan screenshot di bawah deskripsi plugin. Screenshot plugin ialah cara cepat untuk melihat bagaimana plugin terlihat di front-end dan di belahan belakang situs WordPress Anda.

Terkadang kami menemukan tangkapan layar semoga lebih bermanfaat daripada deskripsi plugin bekerjsama yang sanggup panjang dan membingungkan. Dengan screenshot, Anda benar-benar sanggup melihat bagaimana plugin akan terlihat, apa yang bekerjsama dan kemudian Anda sanggup dengan cepat mengetahui apakah Anda harus mencobanya atau tidak.

Periksa FAQ dan Catatan Lainnya


Jangan lupa untuk mengusut FAQ, dan belahan Catatan Lainnya di bawah deskripsi plugin (Beberapa plugin mungkin tidak memilikinya). Bagian ini biasanya berisi warta yang berkhasiat perihal cara memakai plugin. Terkadang pengguna jadinya mengeluh bahwa plugin tidak berfungsi tanpa membaca bagaimana menggunakannya.

Ketika Anda mencoba sebuah plugin, pastikan Anda membaca belahan ini sehingga Anda sanggup mengonfigurasi dan memakai plugin dengan benar di situs web Anda. Mungkin juga Anda akan menemukan beberapa tip keren lainnya di sana.

Sebagai contoh, jikalau Anda mencari plugin yang menambahkan widget, maka Anda mungkin menemukan bahwa itu juga menyediakan tag template yang sanggup Anda gunakan dalam tema Anda atau shortcode yang sanggup Anda gunakan dalam posting dan halaman. Anda juga sanggup menemukan saran pengarang plugin perihal cara menambahkan gaya CSS Anda sendiri ke keluaran plugin.

Menguji Plugin


Plugin WordPress sanggup memperlambat situs web Anda jikalau ditulis dengan jelek atau tidak mengikuti standar pengkodean WordPress.

Untuk mengusut duduk kasus ini, buka Pingdom atau layanan pengecekan kecepatan situs lainnya. Uji kecepatan halaman situs web Anda sebelum mengaktifkan plugin. Ambil screenshot atau catat hasilnya.

Setelah itu, kembali ke situs WordPress Anda dan aktifkan plugin. Sekarang uji kecepatan situs web Anda lagi.

Jika plugin menambahkan jumlah waktu yang signifikan ke kecepatan situs Anda, maka Anda harus mencoba menemukan plugin yang lebih baik.

Misalnya, di tangkapan layar di bawah ini Anda akan melihat bahwa plugin telah menambahkan 0,8 detik komplemen ke waktu buka pengujian situs kami sehingga membuatnya lebih lambat secara signifikan.

Memberikan kembali kepada Komunitas WordPress dan Penulis Plugin


WordPress ialah perangkat lunak komunitas gratis dan begitu juga dengan Direktori Plugin WordPress. Penulis Plugin menempatkan banyak waktu mereka, kerja keras, dan kreativitas dalam menulis plugin tersebut. Anda sanggup membantu mereka dalam banyak cara dan berikut ialah daftar hal-hal yang sanggup Anda lakukan:

  • Donasi: Jika Anda menemukan plugin yang berkhasiat dan penulis plugin telah menyumbangkan URL pada halaman plugin, maka pertimbangkan untuk menyumbang sejumlah uang. Ini bukan harga plugin, itu ialah tanda penghargaan.
  • Beri peringkat plugin: Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa banyak pengguna merasa tidak ingin menilai plugin yang berfungsi dengan baik. Anda sanggup membantu memecahkan tren ini. Saat Anda menemukan plugin yang Anda sukai, maka tinggalkan peringkat dan ulasan. Beberapa baris cukup manis untuk memberi tahu orang-orang perihal pengalaman Anda dengan plugin.
  • Sebutkan plugin di blog, Twitter, atau Facebook Anda.


Apa yang harus dilakukan Saat Plugin Tidak Berfungsi


Jika sebuah plugin memperlihatkan kesalahan atau tidak berfungsi, maka hal pertama yang Anda ingin lakukan ialah mengetahui apakah itu mempunyai konflik dengan plugin atau tema lain. Nonaktifkan semua plugin lainnya dan aktifkan tema WordPress default. Coba uji plugin lagi. Jika masih tidak berhasil, maka Anda mungkin ingin membuka utas dukungan.

Kunjungi halaman plugin pada plugin WordPress yang direcory dan klik pada tab Support. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan formulir pinjaman dan isi.

Ingat, bahwa plugin WordPress ialah sumber terbuka yang berarti bahwa mereka tiba tanpa jaminan sama sekali dan penulis plugin tidak diharapkan untuk menjawab pertanyaan Anda. Namun, sebagian besar pembuat plugin peduli dengan isyarat mereka dan akan mencoba sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan pinjaman kapan pun mereka bisa.

Kami harap panduan ini membantu Anda menentukan plugin WordPress terbaik.