Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Hidangan Pada Bot Telegram

Pada artikel postingan sebelumnya, kita sudah membuat bot telegram. Tapi bot tersebut hanya dapat di pakai pada grup dan channel saja. Mungkin bagi sahabat yang membuatnya ingin bot tersebut dapat memperlihatkan lebih untuk pengguna secara pribadi atau dapat mewakili apa yang menjadi maksud tujuan dari pembuatan bot tersebut.

Sobat mungkin akan menciptakan sajian pilihan menyerupai yang ada di website atau blog, yang dapat memberikan sesuatu secara online kepada pengguna atau pengunjung. Nah sesuai judul postingan saya kali ini ialah "Cara Membuat Menu Pada Bot Telegram".





Sekedar sahabat ketahui saja, saya akan menciptakan sajian pada bot yang kita buat sebelumnya @Sobat_Pengunjung_Bot. Dengan tujuan biar supaya tutorial yang saya buat saling berkaitan.

Oke, mungkin sahabat sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui bagaimana cara untuk membuatnya. Kita eksklusif ke tkp..

Cara Membuat Menu Pada Bot Telegram

1. Silahkan sahabat buka bot yang sudah di buat sebelum. Dalam hal ini sahabat merupakan admin bot tersebut dan akan muncul sajian admin menyerupai gambar di bawah ini.

2. Klik Custom Commands, maka akan ada akibat dari bot menyerupai gambar di bawah.

3. Kemudian sahabat klik Create Command menyerupai pola berikut.

4. Silahkan ketik judul sajian dengan memakai awalan garis miring '/'. Misalnya menyerupai pola pada gambar yang saya buat.

5. Setelah itu sahabat atur atau ketik pesan apa yang akan di balas oleh bot yang sahabat buat sebelumnya kalau seseorang klik sajian tersebut. Seperti pola pada gambar di bawah.
Jadi kalau sesuai pola di atas, yang saya buat judul menunya /website dan pesannya http://milano-ruus.blogspot.com

6. Setelah sahabat Save, berarti sajian pertama sahabat sudah sukses menyerupai gambar di bawah.

7. Agar supaya sajian yang kita buat tadi, lansung tampil pada bot sobat. Kita atur melalui Config. Main Menu. Silahkan sahabat klik dan akan muncul menyerupai gambar berikut.

8. Setelah itu klik +Add Menu Item+ seperti pola berikut ini.

9. Kemudian sahabat klik /website yang merupakan sajian yang di buat tadi. Menu ini sudah mempunyai pesan, jadi sahabat hanya mengatur nama apa yang akan tampil di bot sobat. Silahkan ketik nama judul menu, sahabat dapat memakai simbol yang pada aplikasi telegram menyerupai pola berikut.

10. Setelah tampil menyerupai gambar di bawah ini, berarti sajian pertama sahabat sudah lansung tampil pada bot yang sahabat buat sebelumnya. 

Untuk cek apakah sajian tersebut sudah tampil dan bekerja sesuai dengan pesan yang kita atur tadi, sahabat dapat cek lewat akun telegram lain atau dapat juga lewat akun sobat.

Jika sahabat sobat cek lewat akun sobat, klik Go back dan klik Go back lagi menyerupai pola berikut.

Tampilan menyerupai gambar di atas hanya pada sahabat alasannya merupakan admin bot.
Jika akun lain yang memakai bot tersebut, maka akan tampil sajian menyerupai gambar di bawah ini.
Apabila di klik menunya dan bot membalas sesuai pesan yang kita atur, berarti bot sahabat sukses menciptakan sajian pertama. Jika sahabat ingin menciptakan beberapa menu, silahkan kembali lagi dan ikuti petunjuk sesuai dengan yang saya berikan di atas. Ini pola tampilan sajian kedua pada bot.


Wah keren ya sobatku? Inilah salah satu hal yang unik atau kelebihan dari aplikasi telegram. Sobat dapat memanfaatkannya baik untuk keperluan pribadi maupun untuk bisnis.





Demikianlah tutorial mengenai Cara Membuat Menu Pada Bot Telegram, semoga bermanfaat untuk sahabat pengunjung. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat berkarya di di telegram.

Sumber https://milano-ruus.blogspot.com/