Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarak Titik Terhadap Garis

Jarak titik terhadap garis-ada teknik khusus dalam mengukur dan memilih jarak antara suatu titik terhadap garis biar diperoleh hasil pengukuran yang akurat. Tentunya sangat penting untuk dipahami dan dipelajari pada bahasan kali ini yang merupakan pembahasan lanjutan dari postingan sebelumnya tentang Kedudukan Titik. Kali ini akan melanjutkannya.

Jarak titik terhadap garis

Pada permainan sepak bola, ada saatnya pemain melaksanakan tendangan penalty. Tendangan penalty yakni menendang bola dari titik tertentu ke gawang lawan, titik tertentu tersebut biasa dinamakan titik penalty. Pada gambar di bawah,  titik penalty diwakili oleh titik P dan garis gawang diwakili oleh ruas garis l. Ukurlah jarak masing-masing tendangan dari titik penalty terhadap garis gawang, yaitu PA, PB, PC, PD, dan PE.
Setelah melaksanakan pengukuran, manakah jarak yang terpendek? Jarak manakah yang sanggup mewakili jarak titik penalty terhadap garis gawang? Ukur pula sudut antara garis gawang dan garis yang memiliki jarak terpendek, berapa besar sudutnya?
Setelah kalian mengukur besar sudutnya, ruas garis yang memiliki jarak terpendek tegak lurus terhadap garis gawang. Sehingga jikalau diberikan titik A dan garis g ibarat pada gambar 2 di bawah, jarak antara titik A dan garis g ditentukan dengan cara menarik garis dari titik A yang  tegak lurus terhadap garis g sehingga memotong garis g di titik A’ (titik A’ merupakan proyeksi titik A pada garis g). Jadi, jarak titik A ke garis g  adalah panjang ruas garis AA’.

Contoh soal  Jarak titik terhadap garis :
 Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 5 cm. Tentukan jarak:
a.       Titik A ke garis BC
b.      Titik B ke garis FG
c.       Titik E ke garis BC
d.      Titik G ke garis AB
e.       Titik A ke garis BD
Jawab :


















































Sekian pembahasan dari kami mengenai Jarak titik terhadap garis. Adapun Contoh Soal Jarak titik terhadap garis akan kami bahas di posting berikutnya. Salam Matematika !!