Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Sleep Dan Hibernate Pada Windows

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows

- Saat kau ingin mematikan laptop, niscaya kau menemukan aneka macam pilihan diantaranya ialah Sleep dan Hibernate. Lalu yang mana sih yang harus kau pilih dan apa perbedaan diantara keduanya?

Sesuai dengan namanya, Sleep dan Hibernate mempunyai fungsi yang sama yaitu menciptakan laptop kau menjadi 'tertidur' tanpa harus menutup software yang berjalan. 

Namun, walaupun mempunyai fungsi yang sama, keduanya juga mempunyai beberapa perbedaan lho. Berikut ini perbedaan antara Sleep dan Hibernate pada Windows.

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows


1.Sleep

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows

Fungsi sleep sebetulnya ialah untuk menghemat daya baterai PC kamu. Namun, caranya dengan menyimpan semua pekerjaan kau di RAM.

Sebenarnya, Sleep ini sama dengan mode Standby, tapi dengan mematikan monitor sehingga jauh lebih menghemat konsumsi listrik.

Saat kau menghidupkan kembali PC dalam keadaan Sleep, maka pekerjaan kau akan kembali aktif dalam hitungan detik dan kau sanggup melanjutkan pekerjaan kamu.

2. Hibernate

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows

Berbeda dengan Sleep, Hibernate menyimpan semua pekerjaan yang sedang kau lakukan di HDD atau SSD. Pada mode ini, Laptop kau tidak mengambil daya apapun.

Saat kau menghidupkan laptop kau dalam keadaan Hibernate, maka pekerjaan kau akan aktif kembali dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan HDD ataupun SSD perlu membaca kembali pekerjaan kamu, berbeda dengan RAM.

Fitur ini sangat bermanfaat bila kau menggunakannya di Laptp daripada PC. Apabila kau pengguna Windows 8, maka mode ini tidak ada pada opsi Power secara default.

Mana yang Baik Digunakan?

Setelah mengetahui persamaan dan juga perbedaannya, niscaya muncul di benak kau beberapa pertanyaan, diantaranya adalah, "Mana yang manis dan harus digunakan?"

Jawabannya adalah, apabila kau memakai laptop, maka kau disarankan memakai Hibernate untuk menyimpan daya baterai semoga pemakaian sesudah dinyalakan lebih lama.

Namun, apabila kau pengguna PC, maka disarankan untuk memakai mode Sleep saja untuk menghemat listrik yang masuk.


Penutup

Demikianlah perbedaan diantara dua mode Power yaitu Sleep dan Hibernate pada Laptop yang saya yakin sangat jarang diketahui. Sebelum mengetahui ini, mode manakah yang sering kau pakai? Apabila ada yang ingim ditanyakan, silahkan cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Sumber http://www.tongkolpedia.com/