Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperingati Hari Satria Ala Blogger

Memperingati Hari Pahlawan Ala Blogger


Ngeblogo - Jika melihat kalender hari ini, Sabtu (10 November 2018) mungkin tidak terkesan apa-apa. Jujur saja ya pembaca Ngeblogo, jikalau Anda melihat kalender dalam satu bulan, kebanyakan kemungkinan besar akan eksklusif melihat tanggal atau angka-angka yang dicetak warna merah. Ya ndak? Semoga dugaan ini benar. Maaf, bukannya jelek sangka atau negative thinking! Pengalaman sendiri sih. Hehehe...

 jikalau Anda melihat kalender dalam satu bulan Memperingati Hari Pahlawan Ala Blogger
Ingat! Mereka bukan pahlwan bangsa Indonesia!
Nah, jikalau melihat sekilas tanggal 10 November, maka diduga keras tidak akan terkesan apa-apa? Kenapa? Karena tanggal 10 November di kalender tidak tercetak warna merah! Maka bila melihatnya akan sepintas kemudian saja, kecuali yang memang ada kegiatan penting atau ada kenangan yang tidak terlupakan pada hari ke-10 bulan November. Atau bisa jadi ada alasan lainnya.


Nah di antara kenanangan atau insiden penting yang dihentikan dilupakan oleh anak bangsa ini, pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran besar-besaran di Surabaya, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara penjajah dari Britania Raya dan Belanda yang merupakan bab dari Revolusi Nasional Indonesia.



Maka untuk mengenang usaha rakyat Indonesia yang gres dua bulanan lebih merdeka itu ditetapkanlah tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan yang sekaligus ditetapkan sebagai Hari Nasional. Penetapan 10 November sebagai Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.



Jika melihat kalender biasanya hari-hari menyerupai ini dibentuk hari Libur Nasional terus diadakan upacara bendera. Tapi, meskipun sebagai hari nasional 10 November adalah hari nasional yang bukan hari libur. Mungkin dengan dibentuk menyerupai ini akan lebih mengesankan bahwa bangsa Indonesia khusus anak bangsa penerus usaha para pahlawan Indonesia tidak libur atau berhenti, mandeg dalam berkarya, tapi terus berjuang dengan penuh semangat semoga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat, makmur penduduknya.



Nah diantara karya anak bangsa khusunya yang berkecimpung di dunia blogging, tidak ada salahnya jikalau Ngeblogo yang merupakan blogger tak populer ini ikut berperan, berkontribusi meskipun hanya dengan tulisan, menawarkan sedikit sumbangsih atau karya berupa artikel pendek ini. Dengan harapan, bahwa negeri Indonesia ini diperjuangkan oleh para pahlwan yang telah tulus mengorbankan tenaga, harta, dan nyawa semoga anak cucunya hidup merdeka. 



Setidaknya kita anak bangsa ingat dan sadar bahwa bukan Batman, Superman, Hulk, Captain Amerika, dan sejenis mereka yang punya donasi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tapi orang-orang luar biasa menyerupai Bung Tomo dan teman-teman seperjuangannya yang gigih membela kebenaran mempertahankan kemerdekaanlah yang harus lebih kita apresiasi dalam diri kita. Dan diantara cara mengapresiasinya yakni dengan menghasilkan banyak karya. Karya apa saja sesuai kemampuan atau keahlian kita. Yang penting yakni bermanfaat!



Jangan hingga super hero- super pendekar hoax dan yang sejenisnya tersebut justru melenakan kita, sehingga kita lupa untuk terus berguru dan berkarya.



Demikian goresan pena ringkas tentang Memperingati Hari Pahlawan Ala Blogger. Akhirnya Ngeblogo ucapkan selamat Hari Pahlawan. Semoga usaha dan pengorbanan mereka terus menginspirasi kita, khususnya para blogger, untuk terus aktif dan kreatif dalam berkarya. Berkarya yang karenanya bermanfaat. Sebaik-baik orang yakni yang paling sanggup memberi manfaat untuk yang lainnya. Happy blogging always.

Sumber http://ngeblogo.blogspot.com/