Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Aplikasi Dan Acuan Saiba Versi 5.4

TintaHitam.Net - Update Aplikasi dan Referensi SAIBA Versi 5.4 kembali hadir dalam rangka Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat.

Update Aplikasi dan Referensi SAIBA Versi 5.4 terkait:
  1. Perbaikan posting buku besar BLU
  2. Penyesuaian mapping akun 595113
  3. Perbaikan cetak RTH SP3B/SP2B BLU
  4. Perbaikan formula LPSAL BLU
  5. Penambahan akun TK/TM di Jurnal Umum
  6. Penambahan Posting Rules Akun 425138
  7. Penghapusan Akun 111329 dari Jurnal Umum
  8. Perbaikan perhitungan % LO BLU dan Non BLU
Penjelasannya:

1. Penyesuaian mapping Akun Beban Aset Ekstrakomptabel Gedung dan Bangunan (595113)
Perubahan nilai minimum kapitalisasi aset tetap berupa gedung dan bangunan, peralatan dan mesin, Aset Tetap Renovasi (ATR) berupa gedung dan bangunan, serta ATR berupa peralatan dan mesin yang diatur dalam PMK Nomor 181/PMK.06/2016 ihwal Penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) berdampak pada penganggaran, khususnya penentuan akun yang dipakai dalam perolehan dan/atau pengembangan aset tetap tersebut.

Sesuai dengan ketentuan yang mengatur mengenai Bagan Akun Standar (BAS), realisasi belanja dalam rangka perolehan dan/atau pengembangan aset tetap dengan nilai sama dengan atau lebih dari nilai minimum kapitalisasi (barang intrakomptabel) dilakukan memakai akun belanja modal (53xxxx).

2. Penambahan akun Transfer Keluar dan Transfer Masuk pada Menu Jurnal Umum

Akun Transfer Keluar (313211) Transfer Masuk (313221) merupakan bab dari transaksi antar entitas (TAE) yang disajikan dalam Laporan Perubahan Ekuitas (LPE). Untuk mengendalikan penggunaan akun Transfer Keluar dan Transfer Masuk, serta untuk memudahkan monitoring transaksi transfer keluar dan transfer masuk, pada Aplikasi SAIBA telah disediakan submenu khusus Jurnal Transfer Keluar/Masuk, di mana satker wajib melengkapi arahan satker pengirim atau tujuan transfer pada ketika merekam transaksi transfer kelaur dan transfer masuk.

Transaksi transfer keluar dan transfer masuk juga dilakukan memakai ADK, untuk memastikan bahwa nilai aset dan/atau kewajiban yang dilakukan transfer dari satker pengirim ke satker tujuan sama.

3. Penyempurnaan Posting Rule Kas dan Bank BLU atas Transaksi Pengesahan Pendapatan

Pada Aplikasi SAIBA versi 5.3, terdapat beberapa transaksi pengakuan pendapatan melalui penerbitan SP3B-BLU/SP2B-BLU dan transaksi bagian SPM/SP2D berupa pendapatan yang gagal ter-posting pada Buku Besar BLU, sehingga berdampak pada penyajian laporan keuangan BLU yang tidak tepat.

4. Perbaikan Formula Penyajian Data Komparasi pada Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL)
Pada Aplikasi SAIBA versi 5.3, penyajian LPSAL komparatif pada satker BLU belum menghasilkan angka yang sesuai dikarenakan terdapat formula yang kurang tepat. Atas permasalahan dimaksud, telah dilakukan perbaikan pada Aplikasi dan Referensi SAIBA versi 5.4.

5. Perbaikan Menu Pencetakan Register Transaksi Harian (RTH) SP3B-BLU/SP2BBLU
Pada Aplikasi SAIBA versi 5.3, terjadi kegagalan pencetakan RTH SP3B-BLU/SP2BBLU. Permasalahan ini telah dilakukan perbaikan pada Aplikasi dan Referensi SAIBA versi 5.4.

Update Referensi SAIBA 5.4

Sumber https://www.tintahitam.net/