Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel

 Prinsip kerja motor injeksi yang tidak sanggup menghisap materi bakar dari tangki secara sen Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel
Feed Pump


Prinsip kerja motor injeksi yang tidak sanggup menghisap materi bakar dari tangki secara sendiri, maka dibutuhkanlah alat pemanis yang berfungsi untuk memompa materi bakar dari tangki yang selanjutnya dimasukkan ke pumpa injeksi. Alat tersebut ialah pumpa feed ( feed pump ) yang bekerja menghisap materi bakar dari tangki ke pumpa injeksi.

Cara kerja feed pump sama ibarat priming pump, yaitu sama-sama ditekan secara manual oleh manusia, tidak secara otomatis ibarat pada pumpa-pumpa lainnya. Feed pump dipakai pada jenis mesin diesel yang memakai pumpa injeksi jenis In Line. Yang mana letak feed pump juga melekat pada pumpa injeksi tersebut ( menjadi satu ), tetapi sanggup dilepas.

Cara kerja pumpa feed pump pada mesin diesel perlu kita ketahui semoga nantinya saat terjadi problem pada barang tersebut kita sanggup menganalisa dimana kerusakan yang terjadi dan sanggup memperbaikinya.

Adapun langkah - langkah kerja pada pumpa feed pump yaitu sebagai berikut :

1. Saat Langkah Penghisapan
 Prinsip kerja motor injeksi yang tidak sanggup menghisap materi bakar dari tangki secara sen Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel
Langkah Hisap
Saat camshaft (1) tidak mendorong  tappet roller (2), piston (4) mendorong  push rod (5) ke bawah sebab tegangan piston spring (6). Saat itu volume  pressure chamber (7) membesar dan  membuka inlet valve (5) untuk menghisap materi bakar.  Saat ini outlet valve (8) tertutup.


2. Saat Langkah Pengeluaran
 Prinsip kerja motor injeksi yang tidak sanggup menghisap materi bakar dari tangki secara sen Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel
Langkah Pengeluaran
Camshaft terus berputar dan mendorong piston melalui tappet roller dan  push rod. Piston menekan bahan  bakar di dalam pressure chamber,  membuka outlet valve dan bahan  bakar dikeluarkan dengan tekanan.

3. Saat Tekanan Tinggi
 Prinsip kerja motor injeksi yang tidak sanggup menghisap materi bakar dari tangki secara sen Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel
Pada Tekanan Tinggi
Sebagian materi bakar yang dikeluarkan memasuki memasuki pressure  chamber  yang terletak di bawah  piston. Bila tekanan materi bakar di  bawah piston naik menjadi 1,8 – 2,2  kg/cm2,  maka tegangan piston spring  tidak cukup berpengaruh untuk menurunkan  piston. Akibatnya, piston tidak dapat  lagi bergerak bolak-balik dan pompa  berhenti bekerja.