Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel
Feed Pump |
Prinsip kerja motor injeksi yang tidak sanggup menghisap materi bakar dari tangki secara sendiri, maka dibutuhkanlah alat pemanis yang berfungsi untuk memompa materi bakar dari tangki yang selanjutnya dimasukkan ke pumpa injeksi. Alat tersebut ialah pumpa feed ( feed pump ) yang bekerja menghisap materi bakar dari tangki ke pumpa injeksi.
Cara kerja feed pump sama ibarat priming pump, yaitu sama-sama ditekan secara manual oleh manusia, tidak secara otomatis ibarat pada pumpa-pumpa lainnya. Feed pump dipakai pada jenis mesin diesel yang memakai pumpa injeksi jenis In Line. Yang mana letak feed pump juga melekat pada pumpa injeksi tersebut ( menjadi satu ), tetapi sanggup dilepas.
Cara kerja pumpa feed pump pada mesin diesel perlu kita ketahui semoga nantinya saat terjadi problem pada barang tersebut kita sanggup menganalisa dimana kerusakan yang terjadi dan sanggup memperbaikinya.
Adapun langkah - langkah kerja pada pumpa feed pump yaitu sebagai berikut :
1. Saat Langkah Penghisapan
Langkah Hisap |
2. Saat Langkah Pengeluaran
Langkah Pengeluaran |
Camshaft terus berputar dan mendorong piston melalui tappet roller dan push rod. Piston menekan bahan bakar di dalam pressure chamber, membuka outlet valve dan bahan bakar dikeluarkan dengan tekanan.
3. Saat Tekanan Tinggi
Pada Tekanan Tinggi |
Sebagian materi bakar yang dikeluarkan memasuki memasuki pressure chamber yang terletak di bawah piston. Bila tekanan materi bakar di bawah piston naik menjadi 1,8 – 2,2 kg/cm2, maka tegangan piston spring tidak cukup berpengaruh untuk menurunkan piston. Akibatnya, piston tidak dapat lagi bergerak bolak-balik dan pompa berhenti bekerja.