Komponen Sistem Hidrolik Dump Truck
Dump truck menjadi kendaraan yang cukup banyak dipakai pada wilayah wilayah produktif menyerupai pertambangan,perkebunan, properti, dan lain sebagainya. Kendaraan ini mempunyai kolam angkut dibelakangnya yang sanggup dinaikkan sehingga material angkut di dalamnya lebih cepat gampang diturunkan menyerupai misalnya pasir, batubara, tanah galian bahkan sampah.
Untuk menaikan dan menurunkan kolam angkut pada dump truck ini umumnya memakai sistem hidrolik, selain perawatannya mudah, daya tahan yang dimiliki sistem hidrolik dump truck ini juga lebih berpengaruh dan tahan usang dibanding dengan sistem elektrik/motor listrik.
Pada artikel kali ini, ombro akan menyebarkan gosip seputar komponen-komponen yang ada pada sistem hidrolik dump truck.
Ya, sistem hidrolik dump truck ini memang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan biar kerja sistem hidrolik dump truck sanggup berjalan dengan lancar. Berikut ialah nama-nama komponen sistem hidrolik dump truck dan fungsi-fungsinya
Tuas pengendali PTO (Power Take Off) merupakan tuas yang dipakai untuk mengatur sambung dan putusnya gear PTO dengan idle gear di transmisi. Sedangkan tuas pengendali hidrolik ialah tuas yang dipakai untuk mengatur buka tutup katup di dalam pompa hidrolik.
Kedua tuas ini sanggup kita temukan didalam kabin pengemudi untuk mempermudah pengoperasian selama melaksanakan proses dumping. Masing-masing tuas dihubungkan dengan komponen PTO dan komponen Pompa hidrolik memakai link berupa kabel baja.
Selang dan pipa hidrolik ini berfungsi sebagai daerah mengalirnya oli hidrolik bertekanan dari pompa ke siliner hidrolik dan sebaliknya. Kedua selang hidrolik ini umumnya dibentuk biar tahan terhadap tekanan tinggi yang terjadi ketika hidrolik dump bekerja.
Power Take Off (PTO) pada dump truck ini ialah komponen yang akan mengatur korelasi gear PTO dengan idle gear di dalam transmisi. Ya, PTO terdiri dari gear unit dan clutch shift unit yang terhubung dengan idle gear di transmisi.
Gear unit PTO berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin menuju ke pompa hidrolik melalui sebuah as pelopor yang dikenal dengan as PTO. Sedangkan clutch shift unit dalam PTO ini akan menggerakkan gear unit PTO untuk terhubung atau terlepas dari idle gear transmisi sesuai dengan pergerakan tuas PTO di dalam kabin.
As PTO ini merupakan as pelopor yang meneruskan putaran mesin dari PTO menuju ke pompa hidrolik. Selain itu, as PTO juga mempunyai sleeve (poros geser) yang sanggup memanjang dan memendek untuk menyesuaikan medan kerja dan posisi yang dipasang pada kendaraan.
Pompa hidrolik pada dump truck ini berfungsi untuk memompa oli hidrolik sehingga menghasilkan tekanan yang akan menekan piston rod pada hidrolik silinder. Pada pompa hidrolik ini juga terdapat katup pengontrol tekanan oli hidrolik yang terhubung dengan tuas pompa hidrolik di dalam kabin pengemudi.
Baca juga : Cara menaikan kolam dump truck dan menurunkannya kembali
Oli hidrolik berfungsi sebagai media yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga berupa tekanan yang dihasilkan oleh pompa hidrolik untuk menaikan kolam dump truck melalui dorongan yang terjadi pada piston dalam silinder hidrolik.
Silinder hidrolik kerap dikenal dengan sebutan boom, berfungsi sebagai daerah piston bergerak naik turun jawaban tekanan oli hidrolik yang dihasilkan oleh pompa hidrolik. Ya, di dalam silinder hidrolik ini terdapat piston dan katup yang berfungsi untuk meneruskan tekanan yang ada pada oli hidrolik.
Dengan begitu, maka piston hidrolik ini sanggup bergerak maju atau mundur sesuai dengan tekanan yang diberikan dari pompa hidrolik. Pada piston hidrolik inilah umumnya kolam dump truck dihubungkan.
Tangki hidrolik ini berfungsi untuk menampung seluruh oli hidrolik yang dipakai pada sistem hidrolik dump truck. Pada sebaian model, tangki oli hidrolik dilengkapi dengan alat ukur ketinggian oli, sehingga lebih mempermudah dalam hal perawatan dan pemeliharaan sistem hidrolik ini.
Lift Arm (Lengan angkat) ini terdiri dari susunan rangkaian baja yang sanggup membuka dan menutup menyerupai gunting dan berfungsi menyerupai engsel untuk kolam dump truck sekaligus sebagai daerah dudukan dari silinder hidrolik (boom).
Pada lift arm inilah silinder hidrolik diletakkan di bab tengahnya. Jadi, ketika piston silinder bergerak, maka lift arm ini akan menopang beban kolam dan silinder boom.
Demikianlah nama-nama komponen sistem hidrolik dump truck ini sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Untuk menaikan dan menurunkan kolam angkut pada dump truck ini umumnya memakai sistem hidrolik, selain perawatannya mudah, daya tahan yang dimiliki sistem hidrolik dump truck ini juga lebih berpengaruh dan tahan usang dibanding dengan sistem elektrik/motor listrik.
Pada artikel kali ini, ombro akan menyebarkan gosip seputar komponen-komponen yang ada pada sistem hidrolik dump truck.
Ya, sistem hidrolik dump truck ini memang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan biar kerja sistem hidrolik dump truck sanggup berjalan dengan lancar. Berikut ialah nama-nama komponen sistem hidrolik dump truck dan fungsi-fungsinya
1. Tuas pengendali PTO dan pompa hidrolik
Tuas pengendali PTO (Power Take Off) merupakan tuas yang dipakai untuk mengatur sambung dan putusnya gear PTO dengan idle gear di transmisi. Sedangkan tuas pengendali hidrolik ialah tuas yang dipakai untuk mengatur buka tutup katup di dalam pompa hidrolik.
Kedua tuas ini sanggup kita temukan didalam kabin pengemudi untuk mempermudah pengoperasian selama melaksanakan proses dumping. Masing-masing tuas dihubungkan dengan komponen PTO dan komponen Pompa hidrolik memakai link berupa kabel baja.
2. Selang dan pipa hidrolik
Selang dan pipa hidrolik ini berfungsi sebagai daerah mengalirnya oli hidrolik bertekanan dari pompa ke siliner hidrolik dan sebaliknya. Kedua selang hidrolik ini umumnya dibentuk biar tahan terhadap tekanan tinggi yang terjadi ketika hidrolik dump bekerja.
3. Power Take Off (PTO)
Power Take Off (PTO) pada dump truck ini ialah komponen yang akan mengatur korelasi gear PTO dengan idle gear di dalam transmisi. Ya, PTO terdiri dari gear unit dan clutch shift unit yang terhubung dengan idle gear di transmisi.
Gear unit PTO berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin menuju ke pompa hidrolik melalui sebuah as pelopor yang dikenal dengan as PTO. Sedangkan clutch shift unit dalam PTO ini akan menggerakkan gear unit PTO untuk terhubung atau terlepas dari idle gear transmisi sesuai dengan pergerakan tuas PTO di dalam kabin.
4. As PTO
As PTO ini merupakan as pelopor yang meneruskan putaran mesin dari PTO menuju ke pompa hidrolik. Selain itu, as PTO juga mempunyai sleeve (poros geser) yang sanggup memanjang dan memendek untuk menyesuaikan medan kerja dan posisi yang dipasang pada kendaraan.
5. Pompa Hidrolik
Pompa hidrolik pada dump truck ini berfungsi untuk memompa oli hidrolik sehingga menghasilkan tekanan yang akan menekan piston rod pada hidrolik silinder. Pada pompa hidrolik ini juga terdapat katup pengontrol tekanan oli hidrolik yang terhubung dengan tuas pompa hidrolik di dalam kabin pengemudi.
Baca juga : Cara menaikan kolam dump truck dan menurunkannya kembali
6. Control Valve
Cantrol valave pada komponen sistem hiidrolik dump truck ini berfungsi untuk mengatur buka tutup pemikiran oli hidrolik dari dan menuju silinder hidrolik.7. Oli hidrolik
Oli hidrolik berfungsi sebagai media yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga berupa tekanan yang dihasilkan oleh pompa hidrolik untuk menaikan kolam dump truck melalui dorongan yang terjadi pada piston dalam silinder hidrolik.
8. Silinder Hidrolik (Boom)
Silinder hidrolik kerap dikenal dengan sebutan boom, berfungsi sebagai daerah piston bergerak naik turun jawaban tekanan oli hidrolik yang dihasilkan oleh pompa hidrolik. Ya, di dalam silinder hidrolik ini terdapat piston dan katup yang berfungsi untuk meneruskan tekanan yang ada pada oli hidrolik.
Dengan begitu, maka piston hidrolik ini sanggup bergerak maju atau mundur sesuai dengan tekanan yang diberikan dari pompa hidrolik. Pada piston hidrolik inilah umumnya kolam dump truck dihubungkan.
9. Tangki oli hidrolik
Tangki hidrolik ini berfungsi untuk menampung seluruh oli hidrolik yang dipakai pada sistem hidrolik dump truck. Pada sebaian model, tangki oli hidrolik dilengkapi dengan alat ukur ketinggian oli, sehingga lebih mempermudah dalam hal perawatan dan pemeliharaan sistem hidrolik ini.
10. Lift Arm (Lengan angkat)
Lift Arm (Lengan angkat) ini terdiri dari susunan rangkaian baja yang sanggup membuka dan menutup menyerupai gunting dan berfungsi menyerupai engsel untuk kolam dump truck sekaligus sebagai daerah dudukan dari silinder hidrolik (boom).
Pada lift arm inilah silinder hidrolik diletakkan di bab tengahnya. Jadi, ketika piston silinder bergerak, maka lift arm ini akan menopang beban kolam dan silinder boom.
Demikianlah nama-nama komponen sistem hidrolik dump truck ini sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/