Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Penyetelan Celah Klep Menurut Firing Order

Penyetelan celah klep pada mesin 4 silinder yang gres selesai dirakit terkadang menciptakan kita sedikit resah dalam memilih mana klep-klep yang celahnya sanggup di setel. Untuk mempermudah penentuan mana celah klep yang sanggup disetel, kita sanggup meanfaatkan Firing Order pada mesin tersebut.

Untuk mesin 4 silinder, Firing Order yang umum dipakai ialah 1-3-4-2, yaitu dimulai dari silinder 1, silinder 3, silinder 4 dan terakhir ialah silinder 2.

 silinder yang gres selesai dirakit terkadang menciptakan kita sedikit resah dalam menentuka Cara memilih penyetelan celah klep menurut Firing Order

Ciri-ciri mesin 4 silinder yang memakai FO 1-3-4-2 ialah susunan piston pada silinder 1 dan piston pada silinder no 4 mempunyai gerakan yang sama. Misalnya piston no 1 bergerak ke atas, maka piston no 4 juga bergerak ke atas, begitu pula untuk piston pada silinder no 2 dan 3.

Namun begitu, ada baiknya sahabat merujuk kembali Firing Order yang benar pada buku aliran perbaikan kendaraan masing-masing untuk menghindari kesalahan penyetelan.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membuatkan tips perihal cara memilih penyetelan celah klep menurut Firing Order 1-3-4-2 pada mesin 4 silinder


Celah klep ketika piston Top 1


Untuk memilih celah klep yang sanggup disetel ketika piston top 1 pada FO 1-3-4-2 ialah dengan menambahkan angka 1 sempurna dibelakang susunan Firing Order 1-3-4-2 , sehingga menjadi 1-3-4-2-1.

Setelah itu perhatikan cara memilih celah klep ketika piston top 1 di bawah ini
  • Bagian tengah (angka 4) dicoret sebagai tanda bahwa silinder no 4 celah klepnya tidak sanggup disetel
  • Sisi sebelah kiri mengambarkan klep Exhaust (klep buang) sebagai klep yang sanggup disetel, yaitu pada silinder 1 dan silinder 3
  • Sisi sebelah kanan mengambarkan klep Intake (klep hisap) sebagai klep yang sanggup di setel, yaitu pada silinder 2 dan silinder 1.

Dari langkah diatas sanggup kita gambarkan langkah2nya menyerupai gambar dibawah berikut

 silinder yang gres selesai dirakit terkadang menciptakan kita sedikit resah dalam menentuka Cara memilih penyetelan celah klep menurut Firing Order

Jadi, untuk celah klep yang sanggup disetel pada piston top 1 untuk FO 1-3-4-2 adalah
  • Exhaust = Silinder 1 dan silinder 3
  • Intake = Silinder 2 dan silinder 1
  • Untuk Silinder 4 kedua katup intake dan exhaust tidak sanggup disetel

Baca juga :


Celah klep ketika piston Top 4


Jika untuk memilih top 1 kita menyusun FO mulai dari angka 1, maka untuk memilih celah klep yang sanggup disetel ketika piston top 4 ialah dengan menyusun FO dimulai dari angka 4 sehingga top 4 untuk FO 1-3-4-2 mempunyai susunan 4-2-1-3.

Dan untuk memilih posisi celah klep yang sanggup disetel ialah dengan menambahkan angka 4 lagi dibelakang susunan 4-2-1-3 tadi sehingga menjadi 4-2-1-3-4

Setelah itu perhatikan cara memilih celah klep ketika piston top 4 di bawah ini
  • Bagian tengah (angka 1) dicoret sebagai tanda bahwa silinder no 1 celah klepnya tidak sanggup disetel
  • Sisi sebelah kiri mengambarkan klep Exhaust (klep buang) sebagai klep yang sanggup disetel, yaitu pada silinder 4 dan silinder 2
  • Sisi sebelah kanan mengambarkan klep Intake (klep hisap) sebagai klep yang sanggup di setel, yaitu pada silinder 3 dan silinder 4.

Dari langkah diatas sanggup kita gambarkan langkah2nya menyerupai gambar dibawah berikut

 silinder yang gres selesai dirakit terkadang menciptakan kita sedikit resah dalam menentuka Cara memilih penyetelan celah klep menurut Firing Order

Jadi, untuk celah klep yang sanggup disetel pada piston top 4 untuk FO 1-3-4-2 adalah
  • Exhaust = Silinder 4 dan silinder 2
  • Intake = Silinder 3 dan silinder 4
  • Untuk Silinder 1 kedua katup intake dan exhaust tidak sanggup disetel

Berikut tabel lengkap urutan celah klep yang sanggup disetel pada mesin 4 silinder dengan FO 1-3-4-2

 silinder yang gres selesai dirakit terkadang menciptakan kita sedikit resah dalam menentuka Cara memilih penyetelan celah klep menurut Firing Order

Nah, gampang bukan cara memilih celah klep yang sanggup disetel pada mesin 4 silinder dengan FO 1-3-4-2. Demikianlah artikel ini sanggup ombro sampaikan , supaya sanggup bermanfaat

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/