Cara Memilih Penyetelan Celah Klep Menurut Firing Order
Penyetelan celah klep pada mesin 4 silinder yang gres selesai dirakit terkadang menciptakan kita sedikit resah dalam memilih mana klep-klep yang celahnya sanggup di setel. Untuk mempermudah penentuan mana celah klep yang sanggup disetel, kita sanggup meanfaatkan Firing Order pada mesin tersebut.
Untuk mesin 4 silinder, Firing Order yang umum dipakai ialah 1-3-4-2, yaitu dimulai dari silinder 1, silinder 3, silinder 4 dan terakhir ialah silinder 2.
Ciri-ciri mesin 4 silinder yang memakai FO 1-3-4-2 ialah susunan piston pada silinder 1 dan piston pada silinder no 4 mempunyai gerakan yang sama. Misalnya piston no 1 bergerak ke atas, maka piston no 4 juga bergerak ke atas, begitu pula untuk piston pada silinder no 2 dan 3.
Namun begitu, ada baiknya sahabat merujuk kembali Firing Order yang benar pada buku aliran perbaikan kendaraan masing-masing untuk menghindari kesalahan penyetelan.
Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membuatkan tips perihal cara memilih penyetelan celah klep menurut Firing Order 1-3-4-2 pada mesin 4 silinder
Untuk memilih celah klep yang sanggup disetel ketika piston top 1 pada FO 1-3-4-2 ialah dengan menambahkan angka 1 sempurna dibelakang susunan Firing Order 1-3-4-2 , sehingga menjadi 1-3-4-2-1.
Setelah itu perhatikan cara memilih celah klep ketika piston top 1 di bawah ini
Dari langkah diatas sanggup kita gambarkan langkah2nya menyerupai gambar dibawah berikut
Jadi, untuk celah klep yang sanggup disetel pada piston top 1 untuk FO 1-3-4-2 adalah
Baca juga :
Jika untuk memilih top 1 kita menyusun FO mulai dari angka 1, maka untuk memilih celah klep yang sanggup disetel ketika piston top 4 ialah dengan menyusun FO dimulai dari angka 4 sehingga top 4 untuk FO 1-3-4-2 mempunyai susunan 4-2-1-3.
Dan untuk memilih posisi celah klep yang sanggup disetel ialah dengan menambahkan angka 4 lagi dibelakang susunan 4-2-1-3 tadi sehingga menjadi 4-2-1-3-4
Setelah itu perhatikan cara memilih celah klep ketika piston top 4 di bawah ini
Dari langkah diatas sanggup kita gambarkan langkah2nya menyerupai gambar dibawah berikut
Jadi, untuk celah klep yang sanggup disetel pada piston top 4 untuk FO 1-3-4-2 adalah
Berikut tabel lengkap urutan celah klep yang sanggup disetel pada mesin 4 silinder dengan FO 1-3-4-2
Nah, gampang bukan cara memilih celah klep yang sanggup disetel pada mesin 4 silinder dengan FO 1-3-4-2. Demikianlah artikel ini sanggup ombro sampaikan , supaya sanggup bermanfaat
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Untuk mesin 4 silinder, Firing Order yang umum dipakai ialah 1-3-4-2, yaitu dimulai dari silinder 1, silinder 3, silinder 4 dan terakhir ialah silinder 2.
Ciri-ciri mesin 4 silinder yang memakai FO 1-3-4-2 ialah susunan piston pada silinder 1 dan piston pada silinder no 4 mempunyai gerakan yang sama. Misalnya piston no 1 bergerak ke atas, maka piston no 4 juga bergerak ke atas, begitu pula untuk piston pada silinder no 2 dan 3.
Namun begitu, ada baiknya sahabat merujuk kembali Firing Order yang benar pada buku aliran perbaikan kendaraan masing-masing untuk menghindari kesalahan penyetelan.
Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membuatkan tips perihal cara memilih penyetelan celah klep menurut Firing Order 1-3-4-2 pada mesin 4 silinder
Celah klep ketika piston Top 1
Untuk memilih celah klep yang sanggup disetel ketika piston top 1 pada FO 1-3-4-2 ialah dengan menambahkan angka 1 sempurna dibelakang susunan Firing Order 1-3-4-2 , sehingga menjadi 1-3-4-2-1.
Setelah itu perhatikan cara memilih celah klep ketika piston top 1 di bawah ini
- Bagian tengah (angka 4) dicoret sebagai tanda bahwa silinder no 4 celah klepnya tidak sanggup disetel
- Sisi sebelah kiri mengambarkan klep Exhaust (klep buang) sebagai klep yang sanggup disetel, yaitu pada silinder 1 dan silinder 3
- Sisi sebelah kanan mengambarkan klep Intake (klep hisap) sebagai klep yang sanggup di setel, yaitu pada silinder 2 dan silinder 1.
Dari langkah diatas sanggup kita gambarkan langkah2nya menyerupai gambar dibawah berikut
Jadi, untuk celah klep yang sanggup disetel pada piston top 1 untuk FO 1-3-4-2 adalah
- Exhaust = Silinder 1 dan silinder 3
- Intake = Silinder 2 dan silinder 1
- Untuk Silinder 4 kedua katup intake dan exhaust tidak sanggup disetel
Baca juga :
- Mengenal Firing Order 1-3-4-2 pada mesin bensin
- Cara menyetel klep kendaraan beroda empat L300 diesel
Celah klep ketika piston Top 4
Jika untuk memilih top 1 kita menyusun FO mulai dari angka 1, maka untuk memilih celah klep yang sanggup disetel ketika piston top 4 ialah dengan menyusun FO dimulai dari angka 4 sehingga top 4 untuk FO 1-3-4-2 mempunyai susunan 4-2-1-3.
Dan untuk memilih posisi celah klep yang sanggup disetel ialah dengan menambahkan angka 4 lagi dibelakang susunan 4-2-1-3 tadi sehingga menjadi 4-2-1-3-4
Setelah itu perhatikan cara memilih celah klep ketika piston top 4 di bawah ini
- Bagian tengah (angka 1) dicoret sebagai tanda bahwa silinder no 1 celah klepnya tidak sanggup disetel
- Sisi sebelah kiri mengambarkan klep Exhaust (klep buang) sebagai klep yang sanggup disetel, yaitu pada silinder 4 dan silinder 2
- Sisi sebelah kanan mengambarkan klep Intake (klep hisap) sebagai klep yang sanggup di setel, yaitu pada silinder 3 dan silinder 4.
Dari langkah diatas sanggup kita gambarkan langkah2nya menyerupai gambar dibawah berikut
Jadi, untuk celah klep yang sanggup disetel pada piston top 4 untuk FO 1-3-4-2 adalah
- Exhaust = Silinder 4 dan silinder 2
- Intake = Silinder 3 dan silinder 4
- Untuk Silinder 1 kedua katup intake dan exhaust tidak sanggup disetel
Berikut tabel lengkap urutan celah klep yang sanggup disetel pada mesin 4 silinder dengan FO 1-3-4-2
Nah, gampang bukan cara memilih celah klep yang sanggup disetel pada mesin 4 silinder dengan FO 1-3-4-2. Demikianlah artikel ini sanggup ombro sampaikan , supaya sanggup bermanfaat
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/