Fungsi Batang Torak ( Conectingrod ) Dan Jenis - Jenis Pemasangannya
Batang torak ialah salah satu komponen mesin yang mendapatkan tekanan tinggi. Batang torak berfungsi merubah gerak lurus dari torak menjadi gerak putar pada poros engkol. Oleh alasannya ialah itu batang torak harus besar lengan berkuasa terhadap regangan dan kaku. Pada ketika yang sama batang torak juga harus seringan mungkin supaya tidak membutuhkan tenaga gerak yang besar.
Pada umumnya batang torak dibentuk berbentuk H atau I, supaya lebih besar lengan berkuasa dalam bobot yang lebih ringan. Bagian ujung kecil batang torak dihubungkan dengan torak dengan jaminan pena torak, dan ujung yang lain dari batang torak yaitu ujung besar dihubungkan dengan alas jalan poros engkol.
Bagian ujung besar batang torak dibentuk dua kepingan supaya sanggup terpasang pada alas poros engkol dan dilengkapi dengan baut/mur sebagai pengikat, hal ini supaya ujung besar dan kelengkapannya sanggup terpasang terutama crush alas sisipan benar-benar pada posisi bundar dan sesuai dengan alas jalan poros engkol. Untuk menjamin kondisi ini maka tanda yang terdapat pada batang torak harus sempurna pada ketika akan memasang.
Beberapa batang torak ada yang dibentuk lobang dari bawah keatas sebagai susukan oli yang akan melumasi pena torak, dan pada sisi lain dibentuk lobang ( lihat gambar 1) untuk menyemprotkan oli pelumas kedinding silinder. Kebanyakan batang torak diproduksi dengan tutupnya pada posisi rata, tetapi ada juga yang dibentuk tidak rata. Model batang torak yang tutupnya dibentuk terpisah mempunyai laba dimana kepingan batang torak bersama torak sanggup dilepas kebagian atas silinder.
Kelemahannya ialah kemungkinan tegangan yang terjadi pada baut/mur pengikat. Pada kepingan ujung besar batang torak dipasangkan metal sisipan, ibarat yang dipakai pada alas utama poros engkol. Pada metal sisipan dibentuk pengunci supaya metal sisipan tersebut terpasang dengan besar lengan berkuasa dan tetap dalam bentuk bulat. Dalam hal ini termasuk baut, dowel, serration dan lain sebagainya.
Metoda pemasangan torak terhadap batang torak ada yang mengikat pena dengan memakai baut/mur, interference antara batang torak dengan pena torak atau dengan memakai circlip untuk memegang pena didalam torak.
Gambar 2 mengatakan batang torak, pena torak dan pemasangan torak. Metoda yang memakai circlip biasanya pena torak pada posisi full floating dan banyak dipakai pada mesin disel. Metoda diikat dengan baut/mur dan dengan interference atau dipress disebut semi floating, metoda ini kebanyakan dipakai mesin-mesin bensin modern.
Melepas dan memasang circlip yang menahan pena torak harus dilakukan dengan hati-hati. Dengan melepas circlip maka pena torak sanggup dilepas dari posisinya dengan cara mendorong, apabila pena torak sulit dikeluarkan maka sebaiknya dipanasi didalam air atau oli, ini akan menimbulkan torak memuai sehingga pena torak gampang dilepaskan. Apabila hendak memasang maka panaskan terlebih dahulu torak, dan yakinkan bahwa torak sudah pada posisi yang benar, gunakan circlip yang gres dan arahkan ujung dari circlip mengarah pada kepingan bawah torak.
Gambar 3 mengatakan pemakaian alat yang benar untuk melepas pena torak dengan model pengikatan press dan interference. Untuk melepas pena torak yang diikat dengan metoda press atau interference disediakan alat khusus, dimana alat tersebut ada sebagai landasan dan ada sebagai penekan supaya kerusakan sanggup dihindari. Pena torak dipress dalam kondisi cuek namun pada ketika memasang hendaknya ujung kecil batang torak dipanasi terlebih dahulu dan lakukanlah dengan hati-hati dan batang torak sudah pada posisi yang benar.
Pada umumnya batang torak dibentuk berbentuk H atau I, supaya lebih besar lengan berkuasa dalam bobot yang lebih ringan. Bagian ujung kecil batang torak dihubungkan dengan torak dengan jaminan pena torak, dan ujung yang lain dari batang torak yaitu ujung besar dihubungkan dengan alas jalan poros engkol.
Bagian ujung besar batang torak dibentuk dua kepingan supaya sanggup terpasang pada alas poros engkol dan dilengkapi dengan baut/mur sebagai pengikat, hal ini supaya ujung besar dan kelengkapannya sanggup terpasang terutama crush alas sisipan benar-benar pada posisi bundar dan sesuai dengan alas jalan poros engkol. Untuk menjamin kondisi ini maka tanda yang terdapat pada batang torak harus sempurna pada ketika akan memasang.
Gbr 1. Batang Torak |
Beberapa batang torak ada yang dibentuk lobang dari bawah keatas sebagai susukan oli yang akan melumasi pena torak, dan pada sisi lain dibentuk lobang ( lihat gambar 1) untuk menyemprotkan oli pelumas kedinding silinder. Kebanyakan batang torak diproduksi dengan tutupnya pada posisi rata, tetapi ada juga yang dibentuk tidak rata. Model batang torak yang tutupnya dibentuk terpisah mempunyai laba dimana kepingan batang torak bersama torak sanggup dilepas kebagian atas silinder.
Kelemahannya ialah kemungkinan tegangan yang terjadi pada baut/mur pengikat. Pada kepingan ujung besar batang torak dipasangkan metal sisipan, ibarat yang dipakai pada alas utama poros engkol. Pada metal sisipan dibentuk pengunci supaya metal sisipan tersebut terpasang dengan besar lengan berkuasa dan tetap dalam bentuk bulat. Dalam hal ini termasuk baut, dowel, serration dan lain sebagainya.
Metoda pemasangan torak terhadap batang torak ada yang mengikat pena dengan memakai baut/mur, interference antara batang torak dengan pena torak atau dengan memakai circlip untuk memegang pena didalam torak.
Gbr 2. Pemasangan Batang Torak |
Gambar 2 mengatakan batang torak, pena torak dan pemasangan torak. Metoda yang memakai circlip biasanya pena torak pada posisi full floating dan banyak dipakai pada mesin disel. Metoda diikat dengan baut/mur dan dengan interference atau dipress disebut semi floating, metoda ini kebanyakan dipakai mesin-mesin bensin modern.
Melepas dan memasang circlip yang menahan pena torak harus dilakukan dengan hati-hati. Dengan melepas circlip maka pena torak sanggup dilepas dari posisinya dengan cara mendorong, apabila pena torak sulit dikeluarkan maka sebaiknya dipanasi didalam air atau oli, ini akan menimbulkan torak memuai sehingga pena torak gampang dilepaskan. Apabila hendak memasang maka panaskan terlebih dahulu torak, dan yakinkan bahwa torak sudah pada posisi yang benar, gunakan circlip yang gres dan arahkan ujung dari circlip mengarah pada kepingan bawah torak.
Gbr 3. Cara Melapas Pin Piston |