Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Teknologi Rangka Alumunium Space Frame ( Asf ) Pada Kendaraan Beroda Empat Audi ?

 Berbicara rangka kendaraan maka ini akan sangat berkaitan dekat dengan berat rangka Apa Itu Teknologi Rangka Alumunium Space Frame ( ASF ) Pada Mobil Audi ?
Rangka AFS Pada Audi R8

Berbicara rangka kendaraan maka ini akan sangat berkaitan dekat dengan berat rangka, bentuk rangka dan tentunya ialah sisi pelindung yang sanggup menjaga keamanan pada penumpang didalamnya pada ketika terjadi benturan dari segala sisi.

Memang membuat sebuah rangka yang lengkap akan semuanya ialah hal yang sangat rumit, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi pabrikan setiap kendaraan untuk membuat itu semua. Rangka harus ringan, sebab ini akan sangat besar lengan berkuasa terhadap efisiensi materi bakar dan akselerasi yang akan didapatkan dari tenaga mesin.  Rangka harus kuat ialah menjadi jaminan biar kendraraan sanggup tetap melaju di medan - medan yang tidak dibutuhkan serta sanggup menopang beban - beban berat standar pada kendaraan beroda empat tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka pada tahun 1994 Produsen otomotif Audi memperkenalkan sebuah kendaraan beroda empat gres A8 yang memakai teknologi rangka ASF ( Alumunium Space Frame ).  Proses pengembangan ASF memakan waktu yang terbilang cukup usang sekitar 12 tahun lamanya. Teknologi rangka ASF berhasil dipasarkan dan  Pada final tahun 2010,  perusahaan telah memproduksi sekitar 550.000 kendaraan dengan rangka  ASF - jauh lebih banyak daripada pabrikan lain di dunia.


 Berbicara rangka kendaraan maka ini akan sangat berkaitan dekat dengan berat rangka Apa Itu Teknologi Rangka Alumunium Space Frame ( ASF ) Pada Mobil Audi ?
Jenis - jenis Alumunium Yang Digunakan Pada Rangka ASF
Kerangka ASF membantu mengurangi berat bodi kendaraan sampai mencapai 40 % lebih ringan dari jenis baja yang sebanding. Ini juga sanggup meningkatkan kekuatan dan kekakuan pada rangka. Peningkatan kekakuan ( rigid ) ini memungkinkan kendaraan beroda empat menjadi lebih responsif, sempurna dan stabil dalam pengendaliannya. Alasan lain penggunaan materi alumunium sebagai materi dasar kerangka ASF ialah bahwa alumunium memiliki manfaat  secara ekstensif  yaitu  kemampuannya menyerap getaran, membuat pengendaraan yang lebih halus dan lebih tenang.

Kerangka  ASF yang ringan dan ini berdampak baik terahadap komponen - komponen penting  pada  mobil. Karena bobotnya yang lebih ringan, maka desainner sanggup membuat bodi  yang lebih rendah,  memungkinkan penggunaan rem yang lebih kompak, mesin yang lebih kecil untuk menopang beban yang ringan, sistem pembuangan yang lebih pendek, dan tangki materi bakar yang lebih kecil. Semuanya sangat berkaitan hanya sebab berat bodi yang lebih ringan. Komponen individu juga menyimpan banyak potensi untuk menghemat berat.

Penelitian telah mengatakan bahwa konsumen sanggup memperoleh peningkatan efisiensi materi bakar kendaraan 5 sampai 7 persen untuk setiap 10 persen pengurangan berat dengan mengganti aluminium untuk baja konvensional. Dalam hal emisi, memakai aluminium dalam kendaraan sanggup menghemat 20 pounds CO2  yang ditimbulkan oleh alumunium dibandingkan dengan yang memakai baja biasa selama  kendaraan bekerja. Dan lebih dari 90 persen dari materi alumium yang dipakai dibidang otomotif dapa didaur ulang.