Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Dunia Bab Iii (Zaman Klasik)

Aloha teman ezon7 yang dengan sabar ati nungguin kelanjutan posting Sejarah Musik Dunia. Tenang aja sob, saya nggak lupa kok. :D hehee. Okelah, eksklusif aja nih saya lanjutin goresan pena sejarah musik dunianya. Kali ini kita hingga di zaman Klasik, mau tau ibarat apa? Baca aja terus.

Oh iya, buat teman sekalian yang belum baca cuilan sebelumnya silahkan baca disini:
Sejarah Musik Dunia Bagian I (Zaman Prasejarah - Zaman Pra Modern)
Sejarah Musik Dunia Bagian II (Abad Pertengahan - Zaman Barok dan Rokoko)

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis



8. Zaman Klasik


Zaman ini dimulai pada tahun 1750, sepeninggal Bach seorang kontrapuntik unggul serta Haendel yang karya-karyanya tak lekang oleh zaman. Zaman antara Bach dan Beethoven ini disebut zaman klasik, yang juga merupakan zaman peralihan menuju zaman Romantik.

Karakteristik yang timbul pada zaman ini, adalah:

  • Pemakaian crescendo dan decrescendo. Yaitu peralihan dinamik dari pelan menjadi keras, dan dari keras menjadi kian pelan.
  • Penggunaan accelerando dan ritardando, yaitu mempercepat tempo atau mengurangi tempo.
  • Pembatasan penggunaan hiasan ornamentik.
Komponis-komponis utama pada zaman ini yaitu : Stamitz, Haydn dan Mozart. Sedangkan Beethoven yang biasanya masuk di zaman ini, akan dimasukan di zaman romantik sebab Beethoven merupakan komponis pemikiran Romantik yang pertama.



Johann Stamitz
(1717 – 1757)

Gambar Sketsa Johann Stamitz
(1717 – 1757)
Stamitz dikenal sebagai pencetus pemikiran Mannheimer dari zaman ini. Aliran Mannheimer sangat kuat terhadap pertumbuhan musik instrumental. Stamitz yang menjabatsebagai kapelmaster di Mannheim ini yaitu pembangun dan pembina gaya simfoni klasik.

Karyanya yang populer antara lain : 10 trio, 10 violin concerto, 1 Mis dan 50 Simphoni.


Franz Joseph Haydn
(1 April 1732 – 31 Mei 1809)

Lukisan Wajah Franz Joseph Haydn
(1 April 1732 – 31 Mei 1809)

Semasa remaja, Haydn yang lahirkan di Rohrau 1732 ini menjadi anggota koor gereja San Stefan. Namun ia didepak sebab perubahan suaranya pada umur 17 tahun. Dia menjadi kapelmaster di istana Morzin, selanjutnya menjadi kapelmaster di istana Eszterhazy di kota Eisenstadt. Eszterhazy merupakan wilayah yang sulit dijangkau, terisolasi dari imbas musisi-musisi luar. Selama 25 tahun berturut-turut hingga menjelang simpulan hayatnya, beliau menduduki jabatan ini, memimpin orkestra dan mengarang musik.

Pada tahun 1791 dan 1794 Haydn mengunjungi Inggris. Dia memperoleh sukses yang besar di Inggris, oleh sebab itu, setibanya di Austria beliau diakui sebagai komponis Austria yang paling ulung.

Haydn meninggal tahun 1809 di Wina. Dia juga dikenal sebagai bapak orkes dan kwartet gesek, yang mewujudkan bentuk orkes dan kwartet ibarat yang kita kenal sekarang. ezon7.blogspot.com  

Ciptaannya yang populer antara lain: 83 Kwartet, oratorio: Die Schopfung dan Die Jahreszeiten, lebih dari 100 simfoni, cello concerto, sonata piano, trio piano, 24 opera.



Wolfgang Amadeus Mozart 
(27 Januari 1756 – 5 Desember 1791)

Lukisan foto diri Wolfgang Amadeus Mozart 
(27 Januari 1756 – 5 Desember 1791)
Mozart, si anak ajaib, lahir di Salzburg. Dunia mengenalnya sebagai komponis brilian yang jenius. Pada dikala anak-anak, musisi brilian yang mempunyai nama orisinil Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart ini sudah tampil di konser piano. Pada umur empat tahun, Mozart sudah bisa memainkan harpsichord dan melaksanakan improvisasi pada karya-karya musik pendahulunya. Setahun kemudian, beliau sudah bisa menulis komposisi pertamanya.

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Pada umur 6 tahun ia melaksanakan tur ke seluruh Eropa, dengan inisiatif Leopold, ayahnya, yang ingin memamerkan Mozart serta Nannerl abang wanita Mozart. Saat melaksanakan tur di Italia, Mozart ke gereja dan mendengar musik Miserere karya Allegri. Hanya dengan sekali dengar saja, Mozart kecil bisa menuliskannya di luar kepala sesudah beliau pulang. Lebih hebatnya lagi, tidak ada satupun yang salah. Kemampuan ini biasa disebut tala mutlak. Mozart kecil juga menerima pesanan menciptakan komposisi opera. 

Mozart Kecil
Tur keliling Eropa inipun menuai sukses yang luar biasa. Raja-raja Eropa juga memanggil Muzart dan Nannerl kakaknya untuk berunjuk gigi di hadapan mereka, termasuk Raja Bayern di Munchen, Ratu Maria Theresia. Disamping itu Mozart juga menerima ujian dengan mata yang ditutupi kain untuk mengimprovisasi tema-tema yang diberikan.

Mozart juga menerima kesempatan untuk bertemu dan main bersama Johann Christian Bach, anak dari Johann Sebastian Bach di London. Lau mereka memainkan piano sonata empat tangan dalam satu piano. Saat bermain bersama itu, Mozart kecil dipangku oleh Johann Christian Bach atau yang sering dipanggil English Bach.

Setelah masa kanak-kanaknya lewat, Uskup kota Salzburg mengangkatnya menjadi komponis dan virtuos. Lalu pada tahun 1781 ia pindah ke kota Wina, daerah dimana karya-karya besarnya lahir. Tercatat ada sekitar 700 karya-karya dari Mozart.

Mozart yang mendulang sukses besar ini, ternyata hidupnya sangat sengsara dan miskin menjelang simpulan hayatnya. Dia meninggal dengan begitu sengsara dan dimakamkan di pemakaman fakir miskin. Meski begitu, penyebab kematiannya masih menyimpan misteri, bahkan kuburan Mozart-pun tidak diketahui letaknya.

Karya-karyanya yang populer antara lain: Requiem Kochel 626, satu mis, piano concerto, konser piano duet, violin concerto, opera Don Giovanni, Le Nozze di Figaro, Die Zauberflote, sonata-sonata piano, sonata viol, kwartet dan sekitar 40 simfoni, kwintet klarinet, kwintet gesek, kwintet biola alto. ezon7.blogspot.com  

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis