Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Analisis Swot, Cara Menciptakan Swot, Faktor Yang Menghipnotis Analisis Swot, Pola - Pola Analisi Swot Dan Manfaat Swot.





Pengertian Analisis SWOT.

SWOT ialah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan bahaya (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk kependekan SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan memakai tabel yang dibentuk dalam kertas besar, sehingga sanggup dianalisis dengan baik korelasi dari setiap aspek.

Terdiri dari 4 karater alphabet yang bersama-sama ialah sebuah singkatan dari kalimat berbahasa Inggris yaitu:
  • Strengths yang berarti kekuatan
  • Weakness ialah kelemahan
  • Opportunities bermakna kesempatan
  • Threats yaitu ancaman

Kaprikornus pengertian analisis SWOT ialah sebuah teknik seni administrasi dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta bahaya yang hal ini sanggup diterapkan untuk kegiatan mencakup bisnis dan usaha, pendidikan, proyek atau bahkan pada diri sendiri.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT sanggup diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah aneka macam hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya ialah bagaimana kekuatan (strengths) bisa mengambil laba (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah laba (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) bisa menghadapi bahaya (threats) yang ada, dan terakhir ialah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang bisa membuat bahaya (threats) menjadi faktual atau membuat sebuah bahaya baru.

Teknik ini dibentuk oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan memakai data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Cara Membuat Analisis SWOT.


Secara umum, analisa SWOT sanggup dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut mencakup Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal mencakup Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

Berikut klarifikasi dan panduan dasar dalam pembuatan keempat komponen tersebut:

Strength (Kelebihan).

Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memperlihatkan efek positif pada dikala ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini sanggup diisi memakai panduan berikut:

Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
Apa yang mengakibatkan perusahaan kita mendapat penjualan?
Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?
Baca juga: Contoh Company Profile dan Pitch Deck ala Startup

Weakness (Kelemahan).

Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memperlihatkan efek negatif pada dikala ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini sanggup diisi memakai panduan berikut:
Apa yang sanggup kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
Faktor apa saja yang mengakibatkan kehilangan penjualan?
Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka sanggup lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang).

opportunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memperlihatkan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini sanggup diisi memakai panduan berikut:
Kesempatan apa yang sanggup kita lihat?
Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

Threats (Ancaman).

Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini sanggup diisi memakai panduan berikut:
Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
Perkembangan Teknologi apa yang mengakibatkan bahaya bagi perusahaan atau organisasi kita?
Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT.

Terdapat 2 faktor pokok yang akan mempengaruhi ke-empat dari komponen dasar yang ada pada analisis SWOT yaitu:

Faktor internal (Strength dan Weakness).

Untuk faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam terdiri dari dua poin yaitu kekuatan dan kelemahan. Yang mana keduanya akan berdampak lebih baik dalam sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan. Dengan demikian kekuatan internal yang maksimum terperinci akan memperlihatkan hasil penelitian yang jauh lebih baik. Adapun kepingan bagian dari faktor internal itu sendiri ialah:
  • Sumber daya yang dimiliki
  • Keuangan atau Finansial
  • Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
  • Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal).

Faktor eksternal (Opportunities dan Threats).

Ini merupakan faktor dari luar entitas yang notabene tidak secara eksklusif terlibat pada apa yang sedang di teliti dan terdiri dari 2 poin yaitu bahaya dan peluang. Adanya peluang serta bahaya ini tentu saja akan memperlihatkan data yang harus dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga akan menghasilkan seni administrasi untuk menghadapinya. Beberapa poin yang termasuk pada faktor eksternal ialah:

  • Tren
  • Budaya, Sosial Politik, Ideologi, perekonomian
  • Sumber-sumber permodalan
  • Peraturan Pemerintah
  • Perkembangan Teknologi
  • Peristiwa-peristiwa yang terjadi
  • Lingkungan

Mengapa Analisis SWOT Dibutuhkan.

Dalam konteks organisasi, bisnis, usaha, ataupun kepribadian diri, kita mempunyai tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Otomatis kita membutuhkan seni administrasi yang baik dalam mewujudkan tercapainya semua tujuan tersebut.

Jika kita berbicara bisnis misalnya, maka diantara tujuannya ialah mengakuisisi market lewat produk dan jasa yang kita tawarkan. Dalam konteks personal, maka SWOT sanggup kita gunakan untuk pengembangan diri ataupun karir dalam jangka panjang.

Manfaat Analisis SWOT.

Tujuan dan manfaat analisis SWOT ialah untuk memadukan 4 faktor atau komposisi secara tepat perihal bagaimana mempersiapkan kekuatan (strengths), mengatasi kelemahan (weaknesess), menemukan peluang (opportunities) dan seni administrasi menghadapi bermacam-macam ancaman.

Ketika teknik ini sanggup dijalankan secara tepat dengan menggabungan ke empat elemen tersebut maka kesempurnaan dalam meraih visi dan misi kegiatan yang direncanakan tentunya akan berjalan lebih baik dengan hasil yang optimal.

Contoh - Contoh Analisis SWOT.


Contoh analisis SWOT pada perusahaan untuk memperlihatkan citra serta pemahaman yang lebih jelas, perihal bagaimana praktek atau penerapan yang sesungguhnya.

Analisa SWOT PT. Astra Honda Motor(AHM).

Sebuah perusahaan dalam bidang industry manufacturing yang bermula dari nama PT Federal Motor ini telah berkembang cukup pesat sehingga menjadi salah satu perusahaan terbesar dalam skala nasional.

Hampir selama setengah abad, PT Astra Honda Motor begitu mendominasi pasar otomotif tanah air meskipun tidak luput dari pasang surut yang berhasil dilalui selama perjalanannya.

Untuk mengetahui bagaimana perusahaan ini sanggup tetap bangkit tegak serta perihal aneka macam hal yang pernah dialami oleh PT AHM, maka berikut ini ialah teladan analisis SWOT yang kita dapatkan.

Strength.

Adalah kekuatan yang dijadikan modal dasar PT AHM dalam membuatkan perusahannya dan bentuk kekuatan untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain di pasar:

Kualitas. Produk yang dihasilkan oleh PT AHM memilii standart International sehingga cukup dipercaya oleh masyarakat.
Kuantitas. Dengan mempunyai beberapa pabrik yang beroperasi, maka produksi yang dihasilkan sangat maksimal.

Branch Mark. Produk Honda telah menjadi legenda bagi masyarakat Indonesia.
Prestasi. Telah banyak penghargaan yang disabet oleh PT AHM sebagai bukti bahwa ini ialah perusahaan yang sudah ternama dan cukup banyak mempunyai keunggulan.
Spare Part. Hampir diseluruh tanah air sanggup dengan gampang memperoleh sparepart aslinya.
Dealer. Telah tersebar bahkan sampai ke pelosok untuk memudahkan konsumen menjangkaunya.
Teknologi. Selalu mengikuti perkembangan teknologi otomotif sehingga kualitas yang dihasilkan oleh PT AHM tetap terjaga.
Harga Produk. Tidak hanya merilis produk untuk kelas atas, PT AHM juga kerap kali meluncurkan produk dengan harga rendah untuk sanggup menjangkau segala sektor ekonomi aneka macam lapisan masyarakat.

Weakness.

Tidak mutlak dengan segala kekuatannya, PT ASTRA HONDA MOTOR juga mempunyai sisi kelemahan. Berikut ini ialah analisis SWOT pada PT AHM untuk memperoleh data mengenai sisi kekurangannya sehingga sanggup dijadikan motivasi untuk upaya perbaikannya.

Model dan Design. Jika dibandingkan dengan produk otomotif dari perusahaan lain, motor Honda masih banyak tertinggal pada poin desainnya. Hal ini berdampak pada rasa ketertarikan masyarakat yang mulai melirik produk atau merek lain.
Produk Premium. Ada beberapa varian yang dikeluarkan oleh PT AHM mempunyai harga yang cukup mahal khususnya type premium menyerupai motor sport yang di produksinya.
Tiruan. Saat ini banyak sekali produk absurd yang menggandakan spesifikasi dari produk produk PT AHM dengan harga jual yang jauh lebih murah menyerupai produk motor china.
Suku cadang KW. Begitu pula dengan pembajakan spare part yang mana kalau konsumen tidak jeli maka akan mendapat sparepart yang berkualitas jelek sebab banyaknya barang emitasi beredar dipasaran.

Opportunities

Berikutnya ialah kesempataan atau peluang yang sanggup dibidik oleh PT AHM dalam persaingan pasar tanah air ketika perkembangan otomotif semakin pesat.

Jumlah Penduduk. Tingkat populasi penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial yang sanggup dijadikan sebagai sasaran penjualan produk. Semakin banyak penduduk kemungkinan untuk menjual produk lebih banyak sangat terbuka lebar.
Ekspansi ekspor. PT Astra Honda Motor telah melaksanakan eksport produknya ke negara yang sedang berkembang. Ekspansi ini perlu dilakukan untuk membuatkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan serta ekspansi jaringan terhadap produk yang hendak di pasarkan.
Kepercayaan Honda Japan Corp. Kepercayaan pemilik brand Honda dari jepang terhadap PT Astra Honda Motor merupakan sebuah peluang untuk terus membuatkan potensi yang ada pada PT Astra Honda Motor. PT Astra Honda Motor terus berkoordinasi guna menjaga stabilitas korelasi dan perkembangan teknologi terbaru.

Threat.

Melengkapi teladan analisis SWOT pada poin terakhir yaitu melaksanakan analisa terhadap bermacam-macam bahaya yang mungkin akan selalu dihadapi oleh PT AHM ketika menempuh perjalannya dalam industri bidang otomotif.
Produsen lain. Melihat perkembangan dari produsen lain, menyerupai YAMAHA ialah salah satu pesaing terberat dalam sektor industri otomotif nasional yang selalu berbenah dan menghadirkan desain serta teknologi terbaru.
Krisis Global. Ini ialah kenyataan yang harus siap dihadapi kapan saja ketika krisis ekonomi sedang melanda maka daya beli pasar tentu saja akan melemah.
Suku cadang import. Sampai dikala ini belum sepenuhnya spare part diproduksi didalam negeri sehingga masih tergantung dari distribusi oleh Honda Jepang.
Kebijakan Pemerintah. Mungkin seringkali luput dari perhatian bahwasannya ketentuan yang dibentuk oleh pemerintah kadang cukup besar pengaruhnya terhadap kelangsungan sebuah industry menyerupai kenaikan harga BBM.
Uang muka kredit. Melihat beberapa produk otomotif lainnya, Honda masih mematok uang muka kredit yang cukup tinggi sehingga menyulitkan konsumen untuk menjangkaunya.

Kesimpulan:

Menarik kesimpulan pada teladan analisis SWOT terhadap PT Astra Honda Motor kali ini ialah bahwa peluang pasar yang cukup besar dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang sudah tumbuh hampir setengah abad, maka segala bentuk bahaya serta kelemahan yang ada pada PT AHM masih sanggup terkendali dengan baik.

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Kreatif.

Berikut teladan analisa SWOT dan penggunaannya dalam sebuah bisnis plan BamBoo Speaker. Produk kreatif aksesoris gadget ramah lingkungan, pengeras bunyi smartphone berbahan dasar bambu.

Analisa SWOT bisnis Plan Bamboo Speaker.


Deskripsi Bisnis: Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras bunyi alami untuk smartphone yang terbuat dari materi bambu yang didesain untuk sanggup mengeraskan bunyi (amplifier) tanpa memakai listrik.

Strength
  • Praktis dipakai dan gampang dibawa
  • Unik dan belum ada di pasaran
  • Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai
  • Handmade – nilai seni dengan buatan tangan
Weakness
  • Spesifik untuk brand smartphone tertentu
  • Suara tidak sekeras speaker listrik
Opportunity
  • Belum banyak saingan
  • Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
  • Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini
Threat
  • Ancaman imitasi produk dari pihak luar
  • Persaingan dari brand yang sudah populer sebelumnya
  • Model speaker smartphone yang sering berubah
  • Contoh Analisa SWOT Untuk Produk Bisnis Makanan
  • Berikut teladan analisa SWOT dalam tawaran perjuangan kuliner berbahan dasar singkong yang diinovasikan dengan varian rasa serta pemasaran kekinian.
Analisis SWOT produk Cassava Castle

Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam.

Strength
  • Produk mempunyai nilai gizi tinggi
  • Bahan baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama seluruh jenis makanan, baik kudapan maupun berat, baik rasanya asin ataupu manis
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan kemudahan bermain bagi keluarga
Weakness
  • Pada awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
  • Desain kedai yangBahan baku belum sanggup diproduksi di lahan sendiri
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan kemudahan bermain bagi keluarga
Opportunity
  • Gaya hidup masyarakat yang bahagia makan di luar rumah
  • Kaum sosialita cenderung mencari masakan unik
  • Bahan baku gampang didapat sebab banyak diproduksi di Indonesia
  • Harga materi baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai gampang ditemukan
Threat
  • Terdapat pesaing kuliner yang beraneka rasa walaupun berbahan dasar selain singkong
  • Tantangan dalam menemukan tenaga andal di bidang tata boga dan kuliner
  • Tantangan untuk menemukan arsitek yang sanggup mendesain interior kedai
  • Bahan baku belum sanggup ditanam di lahan milik sendiri