Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Beriklan Dengan Google Ads (Adwords)

Cara Beriklan Menggunakan Google Ads (Adwords)


Program Google AdWords memungkinkan Anda menciptakan iklan yang akan muncul pada halaman hasil penelusuran Google dan jaringan situs partner kami yang relevan. Untuk mempelajari Google Ads lebih lanjut dan eksklusif mulai beriklan, kunjungi www.ads.google.com.

TENTANG GOOGLE ADS (Adwords)

 Program Google AdWords memungkinkan Anda menciptakan iklan yang akan muncul pada halaman hasi Panduan Lengkap Beriklan dengan Google Ads (Adwords)

Jika Anda ingin menjangkau pelanggan gres secara online, beriklan dengan Google Ads mungkin sempurna untuk Anda.

Dengan beriklan memakai Google Ads, Anda berinvestasi di bisnis Anda. Pastikan Anda memahami cara kerja Google Ads dan bagaimana investasi ini sanggup membantu Anda membuatkan bisnis -- semua sesuai dengan anggaran Anda.

Kelebihan Menggunakan Google Ads


  • Mengembangkan bisnis Anda dengan Google Ads


Iklan online memungkinkan Anda menargetkan iklan kepada jenis pelanggan yang diinginkan, dan memfilter pelanggan yang tidak diinginkan. Saat beriklan secara online dengan Google Ads, Anda sanggup memakai banyak sekali metode penargetan untuk menjangkau calon pelanggan, sempurna ketika pelanggan menelusuri produk atau layanan Anda.

#1 Capai sasaran pemasaran Anda

Manfaatkan bermacam-macam format dan fitur iklan untuk menyesuaikan iklan dengan bermacam-macam sasaran bisnis Anda, menyerupai menambahkan tombol "Telepon" yang bisa diklik untuk mendapat panggilan telepon, atau memakai iklan video untuk memamerkan merek Anda. Berikut ini beberapa sasaran pemasaran yang umum yang mungkin bisa Anda gunakan:

  • Mengambil tindakan di situs web Anda
  • Mengunjungi toko Anda
  • Menelepon bisnis Anda
  • Memasang aplikasi Anda

#2 Targetkan iklan Anda dengan kata kunci

Saat beriklan di samping hasil penelusuran di Jaringan Penelusuran Google, Anda menentukan kata kunci untuk membantu menargetkan iklan kepada orang yang menelusuri istilah terkait. Anda juga sanggup menentukan untuk menampilkan iklan pada waktu tertentu, dan menentukan lokasi dan bahasa.

#3 Khususkan sasaran pemirsa Anda

Saat beriklan di situs web dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan Google (disebut Google Display Network) dan YouTube, Anda bisa lebih spesifik lagi dengan menentukan usia orang yang ingin dijangkau, jenis situs yang dikunjungi, dan area minat mereka.

#4 Bayar sesuai hasil

Anda memutuskan jumlah yang ingin dibelanjakan, dan hanya bayar ketika seseorang berinteraksi dengan iklan Anda, menyerupai mengeklik iklan teks atau menonton iklan video Anda. Anda mendasarkan proposal pada apa yang terbaik untuk bisnis Anda.

#5 Ukur performa iklan

Lacak keefektifan iklan dengan cepat dan lakukan perubahan dengan gampang untuk meningkatkan hasil.

#6 Beriklan di seluruh platform

Terhubung dengan pelanggan di mana pun mereka berada, entah itu di komputer, tablet, ponsel, bahkan di aplikasi.

CARA KERJA GOOGLE ADS (ADWORDS)

#1. Di mana iklan Anda akan tampil di Google ?

Sebelum memanfaatkan semua kemampuan yang ditawarkan oleh pemasaran online untuk bisnis Anda, pastikan Anda memahami perbedaan antara iklan berbayar dan hasil penelusuran organik.

Misalkan, seseorang menelusuri produk atau layanan, yang terkait dengan bisnis Anda, di Google ketika Anda beriklan dengan Google Ads, platform iklan online Google.

  • Bagian 1 sanggup berisi iklan. Iklan sanggup muncul di bab atas atau bawah laman hasil penelusuran Google di samping atau di bawah label "Iklan". Iklan diberi peringkat terutama berdasarkan seberapa relevan dan bergunanya iklan dengan hal yang ditelusuri orang, proposal Anda, dan sejumlah faktor lainnya.
  • Bagian 2 terdiri atas hasil penelusuran "organik". Ini ialah tautan tak berbayar ke situs web dengan konten yang terkait eksklusif dengan hal yang ditelusuri orang. Semakin relevan situs terhadap istilah penelusuran, semakin tinggi tautan akan muncul dalam daftar. Situs web Anda yang terkait sanggup muncul di sini, namun iklan Anda tidak akan muncul.

#2. Anda sanggup mengontrol anggaran Google Ads

Dengan penawaran biaya per klik (BPK), Anda hanya dikenakan biaya ketika seseorang cukup tertarik untuk mengeklik iklan Anda. Anda memberi tahu Google Ads jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk klik pada iklan Anda (disebut bid biaya per klik maksimum), namun Anda bisa saja dikenakan biaya lebih rendah.

Anda mempunyai kontrol terhadap anggaran Google Ads Anda. Anda memutuskna jumlah rata-rata yang ingin Anda belanjakan setiap hari.

Pada hari ketika iklan Anda lebih populer, Google Ads akan mengalokasikan hingga 20% lebih dari anggaran harian rata-rata Anda sehingga Anda tidak akan kehilangan klik yang berharga tersebut. Namun jangan khawatir, kami akan menurunkan anggaran maksimum Anda pada hari lain sehingga, selama sebulan, pembelanjaan Anda seluruhnya akan dirata-ratakan ke batas yang telah Anda tetapkan, dengan perkiraan kampanye Anda berjalan selama satu bulan penuh.

#3. Meningkatkan hasil dengan menentukan kata kunci yang tepat


Kata kunci ialah kata atau frasa yang Anda pilih ketika Anda menyiapkan kampanye Google Ads. Ini ialah istilah yang Anda anggap kemungkinan besar dipakai oleh calon pelanggan ketika menelusuri produk atau layanan menyerupai punya Anda.

Dengan menyesuaikan kata kunci dengan iklan yang Anda buat, iklan Anda sanggup muncul ketika seseorang menelusuri istilah serupa, atau mengunjungi situs web dengan konten yang terkait.

Misalnya, kalau Anda melaksanakan pengiriman bunga segar, Anda sanggup memakai pengiriman bunga segar sebagai satu kata kunci yang disandingkan dengan iklan yang mempromosikan pengiriman bunga segar. Ketika seseorang menelusuri Google memakai frasa pengiriman bunga segar atau istilah serupa, iklan Anda sanggup muncul di atas atau di bawah hasil penelusuran Google, atau di situs web lain yang berkaitan dengan pengiriman bunga segar.

#4. Menawar pada kata kunci di lelang Google Ads

Google Ads menentukan iklan yang harus tampil dengan lelang iklan yang sangat cepat, yang berlangsung setiap kali seseorang melaksanakan penelusuran di Google atau mengunjungi situs yang menampilkan iklan.

Ada 3 faktor utama dalam lelang iklan yang menentukan iklan yang muncul, dan urutannya:

  1. Bid Anda - Ketika memutuskan bid, Anda memberi tahu Google Ads jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk klik pada iklan. Berapa pada karenanya yang benar-benar Anda bayarkan biasanya lebih sedikit, dan Anda sanggup mengubah proposal Anda kapanpun.
  2. Kualitas iklan Anda - Google Ads juga melihat seberapa relevan dan berkhasiat iklan Anda dan situs yang ditautkannya bagi orang yang akan melihatnya. Penilaian kualitas kami terhadap iklan Anda dirangkum dalam Skor Kualitas, yang sanggup Anda monitor—dan usahakan untuk meningkatkannya—di akun Google Ads.
  3. Perkiraan dampak dari ekstensi iklan dan format iklan lainnya - Ketika Anda menciptakan iklan, Anda mempunyai opsi untuk menambahkan gosip komplemen ke iklan, menyerupai nomor telepon, atau tautan lainnya ke laman tertentu di situs Anda. Ini disebut dengan ekstensi iklan. Google Ads memperkirakan bagaimana ekstensi dan format iklan lain yang Anda gunakan akan memengaruhi performa iklan Anda. Kaprikornus meskipun pesaing mempunyai proposal yang lebih tinggi daripada proposal Anda, Anda tetap sanggup memenangkan posisi yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah melalui penggunaan kata kunci, iklan, dan ekstensi yang sangat relevan.

Secara bersama-sama, 3 faktor ini menentukan kapan dan bagaimana iklan Anda akan tampil kepada calon pelanggan.

#5. Membantu situs web mendapat hasil

Pemasaran online dengan Google Ads membantu mendatangkan orang ke situs Anda, namun untuk memperoleh hasil terbaik, Anda membutuhkan situs yang didesain untuk mendorong orang biar melaksanakan bisnis dengan Anda. Situs web yang gampang dijelajahi sangat penting kalau Anda ingin mengonversi calon pelanggan menjadi pelanggan yang membayar.

Terakhir, Mengelola waktu dan akun Google Ads Anda


Ketika beriklan dengan Google Ads, Anda menanam investasi keuangan dalam bisnis. Namun diperlukan lebih dari sekadar uang untuk meraih keberhasilan. Bergantung pada waktu dan anggaran Anda, tiga opsi berikut sanggup membantu Anda menciptakan kampanye yang efektif.

#1 Kelola sendiri Google Ads Anda

Anda harus menginvestasikan waktu untuk secara teratur menyidik akun Google Ads dan menciptakan pembiasaan hingga Anda merasa puas dengan keuntungan atas investasi yang Anda dapatkan.

Jadwalkan untuk login ke akun Google Ads Anda minimal sekali seminggu. Berapa banyak waktu yang akan Anda habiskan dalam akun bervariasi, namun rencanakan antara 30 menit hingga satu jam per ahad untuk menyidik performa iklan dan kata kunci Anda, dan buat pembiasaan untuk meningkatkan performa.

#2 Biarkan AdWords Express bekerja untuk Anda

Mengelola bisnis sudah menjadi pekerjaan yang menyita seluruh waktu dan AdWords Express memberi Anda waktu untuk melaksanakan hal tersebut dengan mengelola iklan online Anda secara otomatis demi membantu mendapat manfaat maksimal dari anggaran Anda. Cukup sampaikan kepada kami jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan, tulis iklan Anda, dan menetapkan anggaran—selanjutnya serahkan semuanya kepada kami.

#3 Temukan profesional tesertifikasi untuk mengelola akun

Jika tidak mempunyai waktu untuk memastikan investasi Anda membuahkan hasil, pertimbangkan merekrut Google Mitra untuk mengelola akun Google Ads Anda. Google Mitra ialah agensi iklan, profesional pemasaran, dan pakar online yang telah mendapat sertifikasi dari Google untuk mengelola akun Google Ads.

Ada ribuan Google Mitra di seluruh dunia. Anda sanggup menelusuri Mitra berdasarkan nama, atau menelusuri berdasarkan lokasi, anggaran iklan, atau jenis layanan yang Anda inginkan biar dibantu. Pelajari lebih lanjut cara menemukan Google Mitra yang tepat.

Demikian Pandaun Beriklan dengan Google Ads (Adwords). Yang harus anda lakukan selanjutnya ialah : Membuat akun Google Ads: Mendaftar.