Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merotasi Ban Untuk 4 Roda Dan 5 Roda Serta Keuntungannya Pada Mobil

Ban yakni komponen kendaraan beroda empat yang bertugas sangat vital. Komponen ini eksklusif bersentuhan dengan jalan, yang mana ini yakni sebuah pekerjaan berat yang diterima selain harus juga menumpuh beban kendaraan.

Beban kerja yang berat inilah yang menciptakan ban menjadi komponen yang sering mengalami kerusakan. Kerusakan yang paling umum terjadi pada ban yakni keausan, namun terkadang juga mengalami kembung dan juga pecah.

Keausan pada ban terbagi menjadi 2 yaitu keausan yang merata pada setiap sisi dan keausan yang tidak merata. Keausan merata yang terjadi pada ban yakni wajar, ini lantaran memang proses pemakaian yang sudah mencapai masa pakai. Sedangkan keausan yang tidak merata pada sisi ban, ini mengindikasikan adanya komponen pada kepingan penopang ban yang rusak, menyerupai komponen yang yang rusak atau hanya memerlukan penyetelan FWA ( Front Wheel Aligment ). Oh ya, kerusakan menyerupai ini tidak sanggup diperbaiki / diatasi dengan merotasi ban.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara merotasi ban untuk 4 roda dan 5 roda pada mobil. Adapun manfaat yang diperoleh dengan merotasi ban yaitu  biar keausan pada ban menjadi lebih merata ( keausan merata pada semua ban, termasuk ban serep ). Keausan yang merata pada ban juga akan berdampak positif terhadap efisiensi pemakaian ban ( lebih irit ).

Bagimana sanggup lebih irit ? kami akan menawarkan sebuah analogi sederhananya,

1. Tidak Melakukan Rotasi Ban

Jika anda tidak pernah melaksanakan rotasi ban, maka keausan yang terjadi pada ban cenderung tidak akan merata pada semua ban. Misal, ban yang terjadi keausan lebih parah yakni ban depan kiri, lantas anda eksklusif menggantinya. Tentu saja ini akan berdampak pada ketidakstabilan pada ban gres tersebut, ini lantaran ia mempunyai ketebalan yang berbeda dibanding dengan ketiga ban yang lainnya. Dampaknya sudah jelas, pengendalian kendaraan beroda empat lebih tidak stabil.

Beberapa bulan kedepan anda mendeteksi ternyata ban depan sebelah kanan mengalami keausan yang parah dan anda menggantinya. Berarti pada kendaraan beroda empat terdapat 2 ban gres kepingan depan dan 2 ban usang pada kepingan belakang, efeknya terang menyerupai keterangan diatas.

Seterusnya anda mengganti ban belakang dalam ritme yang tidak teratur sampai kesemua ban sudah diganti. Ketika semua ban sudah mengalami pergantian, apakah semua ban mempunyai kwalitas yang berbeda - beda ? tentu saja tidak. Karena waktu proses penggantiannya tidak berbarengan. Jelas ini merugikan bagi setiap ban.

Berati anda harus sering mengganti ban yang kwalitasnya mulai pudar satu persatu dikemudian hari dengan dampak pengendalian kendaraan beroda empat yang tidak stabil. Jelas ini akan merugikan secara finansial dan kenyamanan saar kendaraan beroda empat dibawa berkendara.

2. Melakukan Rotasi Ban

Dengan merotasi ban, maka ban akan mengalami keuasan yang cenderung merata. Ini lantaran setiap ban bekerja dengan beban yang sama. Memang agak berat untuk eksklusif mengganti semua ban dalam kurun waktu yang berbarengan. Namun ini lebih baik, lantaran kendaraan beroda empat terjamin dengan kwalitas ban yang secara terus menerus sama. Efeknya sudah terang pada pengendalian kendaraan beroda empat yang lebih gampang dan nyaman.

Secara struktur, ban terbagi menjadi 2 jenis yaitu ban bias dan ban radial. Apa berbedaan diantara keduanya ? kami sudah pernah membahasnya mengenai perbedaan ban bias dan ban radial.

Kaprikornus ini sangat berkaitan dengan proses rotasi ban. Sebelum anda merotasinya, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis ban yang anda gunakan.

A. Cara Merotasi Ban Bias untuk 4 roda dan 5 roda pada mobil


Sebagian ban dipindahkan ke sisi lain dengan arah putaran yang sama antara putran ban di daerah yang usang dengan putaran ban ditempat yang baru. Sedangkan yang sebagian lainnya dipindahkan pada lokasi yang berbeda putaran dengan awal putaran ban tersebut.


B. Cara Merotasi Ban Radial untuk 4 roda dan 5 roda pada mobil



Bila ban radial dipindahkan ke sisi lain akan menimbulkan bunyi berisik dan ban akan cepat rusak, alasannya yakni arah putaran roda menjadi berlawanan dengan arah semula.

Demikianlah klarifikasi mengenai rotasi ban pada kendaraan beroda empat untuk 4 roda dan 5 roda. Merotasi ban memang sangat mudah, tinggal melepas dan memindahkannya. Namun jikalau anda tidak yakin sanggup mengerjakannya sendirian, maka mengantarkannya ke bengkel yakni solusi yang sanggup anda lakukan.
Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/