Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 26 - 30
Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 26 hingga dengan nomor 30 tentang:
- klasifikasi hewan,
- klasifikasi tumbuhan,
- jaring-jaring makanan,
- populasi insan dan kualitas lingkungan, serta
- pencemaran lingkungan.
Soal No. 26 ihwal Klasifikasi Hewan
Perhatikan hewan-hewan pada gambar berikut!
Hewan yang sanggup dikelompokkan ke dalam satu kelompok ialah ….
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4
Hewan yang sanggup dikelompokkan ke dalam satu kelompok ialah ….
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4
Pembahasan
Hewan-hewan pada gambar di atas ialah sebagai berikut:- sapi, termasuk binatang mamalia (menyusui)
- ular, termasuk binatang reptilia (melata)
- kambing, termasuk binatang mamalia
- kelelawar, termasuk binatang mamalia
Soal No. 27 ihwal Klasifikasi Tumbuhan
Perhatikan kunci determinasi berikut!
1. a. berspora ……………………………… 2
b. tidak berspora ………………………... 2
2. a. berbiji ……………………………….... 3
b. tidak berbiji …………………………... 3
3. a. biji tertutup ………………………….... 4
b. biji terbuka …………………………… 4
4. a. berkeping dua ……………………….... dikotil
b. berkeping satu ………………………... monokotil
Kunci determinasi untuk tumbuhan kedelai ialah ….
A. 1a, 2a, 3a, 4b
B. 1a, 2b, 3b, 4b
C. 1b, 2b, 3b, 4a
D. 1b, 2a, 3a, 4a
1. a. berspora ……………………………… 2
b. tidak berspora ………………………... 2
2. a. berbiji ……………………………….... 3
b. tidak berbiji …………………………... 3
3. a. biji tertutup ………………………….... 4
b. biji terbuka …………………………… 4
4. a. berkeping dua ……………………….... dikotil
b. berkeping satu ………………………... monokotil
Kunci determinasi untuk tumbuhan kedelai ialah ….
A. 1a, 2a, 3a, 4b
B. 1a, 2b, 3b, 4b
C. 1b, 2b, 3b, 4a
D. 1b, 2a, 3a, 4a
Pembahasan
Kunci determinasi yang dimaksud ialah kunci dikotomi. Kunci dikotomi ialah kunci identifikasi makhluk hidup yang terdiri dua keterangan yang berlawanan.Nah, kini kita ulas ihwal tumbuhan kedelai.
- Tanaman kedelai ialah flora berbiji sehingga tidak berspora (1b, 2a).
- Biji tumbuhan kedelai terbungkus oleh kulit biji sehingga termasuk flora biji tertutup (3a).
- Biji kedelai sanggup dibelah dengan gampang menjadi dua bab yang hampir sama sehingga termasuk flora berkeping dua (4a)
Soal No. 28 ihwal Jaring-jaring Makanan
Perhatikan jaring-jaring kuliner berikut!
Akibat yang ditimbulkan kalau populasi kijang berkurang ialah ….
A. populasi srigala meningkat
B. populasi rumput menurun
C. populasi burung meningkat
D. populasi rumput meningkat
Akibat yang ditimbulkan kalau populasi kijang berkurang ialah ….
A. populasi srigala meningkat
B. populasi rumput menurun
C. populasi burung meningkat
D. populasi rumput meningkat
Pembahasan
Pada jaring-jaring kuliner di atas, kijang ialah binatang pemakan rumput. Bila populasi kijang berkurang maka populasi rumput semakin meningkat. [opsi B salah, D benar]Sementara itu, kijang ialah binatang yang dimangsa oleh srigala. Jika populasi kijang menurun maka populasi srigala juga akan menurun. [opsi A salah]
Adapun burung, populasinya tidak bergantung secara pribadi pada populasi kijang. [opsi C salah]
Jadi, sesuai opsi jawaban yang ada, tanggapan yang ditimbulkan kalau populasi kijang berkurang ialah populasi rumput meningkat (D).
Soal No. 29 ihwal Populasi Manusia dan Kualitas Lingkungan
Perhatikan grafik berikut!
Berdasarkan grafik tersebut, dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan ialah ….
A. ketersediaan air higienis meningkat
B. kebutuhan air higienis menurun
C. kebutuhan air higienis tetap
D. ketersediaan air higienis menurun
Berdasarkan grafik tersebut, dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan ialah ….
A. ketersediaan air higienis meningkat
B. kebutuhan air higienis menurun
C. kebutuhan air higienis tetap
D. ketersediaan air higienis menurun
Pembahasan
Grafik di atas menunjukkan bahwa jumlah penduduk selalu naik dari tahun ke tahun. Jika jumlah penduduk semakin banyak maka kebutuhan air higienis akan meningkat sehingga ketersediaan air higienis semakin menurun.Jadi, dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan tanggapan meningkatnya jumlah penduduk ialah ketersediaan air higienis menurun (D).
Soal No. 30 ihwal Pencemaran Lingkungan
Bisnis jasa laundry (cuci pakaian) sangat menguntungkan sehingga akhir-akhir ini perjuangan tersebut makin marak, namun tanpa disadari limbah cucian yang dibuang ke sungai sangat mengganggu kehidupan makhluk hidup di sungai. Hal ini terjadi alasannya ialah deterjen merupakan zat yang mencemari air sehingga kualitas air sungai pun menurun.
Usaha yang paling bijaksana yang sanggup dilakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut ialah ….
A. menutup semua perjuangan laundry
B. melarang membuang limbah ke sungai
C. menanam pohon untuk penghijauan di tepi sungai
D. mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai
Usaha yang paling bijaksana yang sanggup dilakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut ialah ….
A. menutup semua perjuangan laundry
B. melarang membuang limbah ke sungai
C. menanam pohon untuk penghijauan di tepi sungai
D. mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai
Pembahasan
Kata kunci dari soal di atas ialah ‘usaha yang paling bijaksana’. Artinya, semua perjuangan pada opsi jawaban di atas memang sanggup mengatasi pencemaran air. Namun kita diminta mencari jawaban yang paling bijaksana.Mari kita ulas satu per satu!
- Menutup semua perjuangan laundry sama dengan mematikan mata pencaharian orang lain. [tidak bijaksana]
- Melarang membuang limbah ke sungai menyebabkan mereka akan membuang ke kawasan lain. [tidak bijaksana]
- Menanam pohon untuk penghijauan di tepi sungai kurang efektif dalam mengatasi pencemaran air sungai.
- Mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai. Ini yang paling bijaksana alasannya ialah limbah yang dibuang ke sungai sudah tidak mengandung zat pencemar.
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 21 - 25
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 31 - 35
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, menyebarkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.