Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Teh ialah minuman yang dihasilkan dari olahan daun tumbuhan teh (Camelia sinensin). Biasanya daun yang diolah menjadi teh ialah daun pucuk dan daun yang masih muda. Saat ini teh tidak hanya sebutan untuk minuman yang dibentuk dari hasil pengolahan daun teh saja. Jenis minuman yang dihasilkan dari daun, kulit, akar, dan bunga tumbuhan lain selain tumbuhan teh juga disebut dengan istilah teh. Contohnya ibarat teh melati, teh bunga rosella, teh bunga kristant dan lain-lain.


Teh dari daun teh mempunyai senyawa antioksidan yang disebut katekin, selain itu teh dari daun teh juga mengandung senyawa kafein yang biasanya terdapat pada buah kopi. Selain dua senyawa diatas, teh dari daun teh juga mengandung senyawa penting lainnya ibarat asam amino dan senyawa polifenol. Senyawa-senyawa inilah yang akan mempengaruhi kualitas warna, rasa dan aroma dari teh.


Macam-macam Teh

1. Teh Hijau (green tea)

Teh ini diolah tanpa proses fermentasi alasannya acara enzim sengaja dilarang dengan panas. Teh hijau mempunyai kandungan zat tanin yang cukup tinggi.

2. Teh Oolong

Teh oolong merupakan teh yang proses fermentasinya berjalan secara tidak tepat sehingga masih mengandung sedikit tanin dan beberapa senyawa lainnya. Teh oolong ialah perpaduan antara teh hijau dengan teh hitam.

3. Teh Hitam (black Tea)

Teh hitam ialah teh yang proses fermentasinya berlangsung secara tepat sehingga hampir semua kandungan tanin terfermentasi menjadi theaflavin dan thearubigin.

4. Teh Putih

Teh jenis ini dibentuk hanya dari belahan pucuk teh yang terlindung dari sinar matahari sehingga tidak terjadi pembentukan klorofil. Teh putih merupakan jenis teh yang paling banyak mengandung antioksidan.

Teh merupakan minuman favorit yang biasa disuguhkan ketika ada jamuan makan atau sekedar menjadi suguhan ketika duduk santai diteras rumah sambil menikmati pemandangan. Contohnya ibarat yang ketika ini sedang saya lakukan yakni duduk diteras rumah melihat pemandangan nan indah sambil nulis artikel ditemani dengan secangkir teh hangat. wee...hh seger rasanya pikiran jadi plong.



Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Dibalik kesederhanaan secangkir teh ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan dan bahkan beberapa khasiatnya juga dimanfaatkan untuk kecantikan.

1. Mencegah Kanker

Kandungan polifenol dan antioksidan pada teh sanggup membantu mencegah kanker. Dengan rajin minum teh tiap pagi maka akan sanggup membantu kita terhindar dari penyakit kanker.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan polifenol katekin yang cukup tinggi pada teh hijau (green tea) dipercaya sanggup meningkatkan pengeluaran energi dalam badan alasannya bersifat menghangatkan badan (thermogenesis). Dengan begitu maka lemak dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin yang sanggup membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh.

3. Menghilangkan Ngantuk

Sama halnya dengan kopi, kandungan kafein yang terdapat pada teh dipercaya sanggup menghilangkan kantuk.

4. Mencegah Diabetes

Selain menghilangkan rasa kantuk, penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan kafein yang terdapat pada teh juga sanggup membantu mengurangi resiko terkena diabetes.

5. Mengobati Sakit Kepala

Kandungan kafein pada teh sanggup memperlihatkan rasa relaks sehingga membantu dalam proses penyembuhan sakit kepala.

6. Menurunkan Kolesterol

Dengan mengkonsumsi teh setiap pagi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

7. Menyehatkan Mata

Pada teh terdapat kandungan vitamin A. Seperti yang telah kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

8. Merawat Gigi

Kandung fluoride dan tennis pada teh ternyata sangat baik untuk mengurangi pembentukan karang gigi, sehingga gigi tetap sehat dan terhindar dari penyakit gigi dan juga gusi.

9. Membantu Program Diet

Kandungan nutrisi dalam teh sanggup membantu memenuhi kebutuhan gizi bagi kau yang sedang dalam masa acara diet. Selain itu kandungan kalori yang sedikit pada teh juga sanggup membantu acara diet kau lancar.

10. Membuat Awet Muda

Sebuah penelitian oleh Medical College of Georgia menyatakan bahwa teh hijau sanggup membantu meremajakan kulit dengan cara mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, serta menganangkat sel kulit mati.

11. Mengatasi Jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau berperan sebagai antibakteri yang sanggup membantu melawan basil penyebab jerawat. Selain itu kandungan katekin pada teh hijau juga sanggup membantu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.



Manfaat Ampas Teh

Bagi kau yang suka minum teh, terutama teh celup sebaiknya mulai kini jangan buang dulu ampas teh celup anda alasannya ternyata ampas tersebut masih sanggup dimanfaatkan lho...

1. Sebagai Toner

Ampas teh sanggup membantu membersihkan kotoran yang tersumbat, mengecilkan pori-pori, dan juga sanggup membantu menjaga kulit dari dehidrasi.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Ampas teh hijau sanggup meningkatkan pertumbuhan rambut gres yang diakibatkan oleh rambut rontok dan juga mencegah ketombe serta kulit kepala kering.

3. Penyegar Udara

Kamu sanggup memanfaatkan ampas teh celup sebagai penyegar udara. Caranya cukup menambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma favorit kau ke kantong teh kemudian gantung di posisi yang kau inginkan.

4. Merawat Tanaman

Cara merawat tumbuhan dengan ampas teh yakni cukup tuangkan ketanah, dengan demikian maka tanah akan menjadi subur.

5. Menghilangkan Bau di Karpet

Caranya yakni Basahi kantong teh dengan air hangat kemudian keluarkan isinya dan gosok pada permukaan karpet.Diamkan sampai kering kemudian bersihkan.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai teh. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.