Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Stik Drum

Pro-mark 420 Millenium II
 Aloha teman ezon7 di manapun berada. Salam takdess buat para drummer dan drummist! Hahaha



Ngedrum sudah jadi potongan penting buat bermusik. Khususnya di dunia musik modern, udah barang tentu ngedrum dengan drumset perlu alat yang namanya drum stik/stick.


Masing-masing penabuh drum alias drummer tentunya punya huruf dan selera sendiri-sendiri. Kalo aku sih seleranya indomie. Hehe. Begitu juga stik drum mempunyai karakternya masing-masing ketika digunakan, ada yang bikin bunyi sedang, keras atau ada juga yang cuma bikin bunyi menyerupai gemericik air.
Kricik-kricik byuuurr byuurr gituu :D :D

Makanya, sesuaikanlah stik drum dengan huruf musik yang teman mainkan. Jangan lagi asal pilih, apalagi jika kau tergolong drummer pro atau setidaknya semi-pro. Langsung deh, simak tips menentukan stik drum dibawah ini.

Cara Memilih Stik Drum
Masing-masing penabuh drum alias drummer tentunya mempunyai huruf dan selera sendiri-sendiri. Begitu juga stik drum mempunyai karakternya masing-masing ketika digunakan, ada yang menghasilkan bunyi sedang, keras atau bahkan ada juga yang hanya mengeluarkan bunyi menyerupai gemericik air. Maka dari itu, sesuaikanlah stik drum dengan huruf musik yang kau mainkan. Jangan lagi asal memilih, apalagi jika kau tergolong drummer pro atau setidaknya semi-pro. Simak saja tips menentukan stik drum dibawah ini.



Stik Berbahan Kayu Maple atau Hickory
Kayu yang berasal dari Amerika utara ini mempunyai ciri-ciri keras, liat dan ringan. Ada yang ujungnya masih polosan kayu, ada juga yang menggunakan lapisan plastik, serat fiber, mika, bahkan ada juga yang menggunakan adonan baja dan aluminiun. Stik ini paling sering digunakan, biasanya untuk musik-musik dengan pedoman Rock, Pop, atau pemain Marching Band. Untuk kau yang sering memainkan musik keras menyerupai hardcore atau sejenisnya, ginakanlah stik yang mempunyai bulatan lebih besar pada ujung stik untuk menghasilkan sound yang lebih nge-trash.

Stik Drum Berbahan Kayu Hickory



Stik Drum Berbahan Kayu Mapple

Stick Brush/ Sapu
Stik ini berbentuk menyerupai sapu, dengan serabut-serabut yang terbuat dari baja kecil atau dari materi semacam fiber. Untuk memainkannya, biasanya stik ini digesek-gesekkan atau sanggup juga dipukulkan pada potongan brush-nya. Brush pada stik ini biasanya terlindung oleh cover, untung mengeluarkannya kita tinggal menarik semacam cincin yang terdapat pada pangkal stik. Stik jenis ini, biasanya dipakai oleh drummer-drummer Jazz, kadang dipakai pada kedua tangan, tapi ada juga yang hanya menggunakan pada salah satu potongan tangan.

Stik Brush/sapu

Mallet
Stik ini mempunyai bulatan di potongan ujungnya, menyerupai stik untuk menabuh gong. Ukurannya bermacam-macam, mulai dari yang berdiameter 5cm – 20 cm. Biasanya dipakai untuk menabuh instrumen musik yang lebih besar, untuk itulah ujungnya mempunyai bulatan semoga sanggup menghasilkan bunyi yang besar lengan berkuasa dan jelas.

Mallet


Splash Stik/ Hot Rod
Stik model ini biasanya dipakai untuk musik unplugged sebab sound yang dihasilkan berkarakter lebih soft bila dibandingkan dengan stik jenis maple. Stik ini merupakan gabungan rotan yang dihimpun menjadi satu. Ada juga yang menggunakan kayu atau bambu, biasanya pada potongan pangkal dilengkapi materi semacam atom sebagai kawasan untuk memegang stik.

Stik Splash/Hot Rod



Pilih dan Sesuaikan Menurut Kebutuhan
Masih ada varian-varian lain mengenai stik drum. Ada pula yang merupakan pesanan dari drummer yang menginginkan stik custom. Empat tipe dasar stik yang telah disebutkan, aku rasa sudah cukup untuk mewakili bentuk dasar stik drum. Sesuaikan dengan kebutuhan dan warna atau huruf bunyi yang ingin kau dapatkan. Semoga bermanfaat. Salam tak desss!! (ez) ezon7.blogspot.com