Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Ini Bermanfaat Untuk Mengontrol Gula Darah

Gula darah merupakan kadar atau banyaknya kandungan gula didalam sirkulasi darah dalam tubuh. Gula dalam badan terdapat beberapa bentuk diantaranya glukosa yakni gula yang ada dalam darah dan glikogen yakni gula dalam bentuk lebih kompleks dan berfungsi sebagai cadangan makanan.


Kadar gula darah sangat dipengaruhi oleh masakan yang dikonsumsi. Pengaturan masakan sangat penting biar anda terhindar dari penyakit diabetes. Bagi anda yang menderita diabetes harus berakal dalam menentukan dan mengenali masakan yang menjadi penyebab tingginya gula darah dan sebisa mungkin menghindari masakan tersebut.

Mengontrol kadar gula darah itu sangat penting, alasannya yaitu kadar gula darah tinggi sudah niscaya tidak baik namun bila kadar gula rendah juga sanggup mengakibatkan dizzy atau kepala pusing bahkan sanggup mengakibatkan pingsan. Berikut ini beberapa masakan yang sanggup membantu anda mengontrol atau mengendalikan gula darah.

Makanan Pengontrol Gula Darah


1. Melon

Melon merupakan buah yang rendah karbohidrat. Dalam 1 gelas buah melon hanya mengandung sekitar 7 gram karbohidrat. Selain rendah karbohidrat ternyata buah melon kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya. Buah melon sanggup dikonsumsi pribadi atau dicampur dengan yoghurt untuk menambah mantap rasanya.


2. Berry

Sama halnya dengan melon, buah beri juga rendah karbohidrat sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah beri juga kaya akan Kandungan serat dan nutrisi penting. Buah beri sanggup dikonsumsi pribadi atau dicampur dengan yoghurt untuk menambah cita rasanya.


3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau menyerupai selada, asparagus, seledri, brokoli, kacang panjang dan bayam juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes alasannya yaitu rendah karbohidrat.


4. Gandum

Gandum mengandung banyak vitamin esensial, mineral dan serat. Selain itu gandum juga mengandung karbohidrat kompleks yang diharapkan oleh badan untuk menghasilkan energi.


5. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3, lemak sehat yang sanggup membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan resistensi insulin.


6. Kedelai

Jumlah protein dan serat yang terkandung dalam kedelai sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menurunkan ekskresi urin pada penderita diabetes.


7. Cabai

Cabai mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang sanggup membantu meningkatkan regulasi insulin sehingga akan membantu menurunkan gula darah sehabis menyantap makan.

Nah itulah beberapa masakan yang sanggup mengontrol gula darah. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan kita semua. Terima Kasih atas kunjungannya.