Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Koil Kendaraan Beroda Empat Injeksi Paling Mudah

Koil (ignition coil) pada kendaraan beroda empat injeksi berfungsi untuk menyalurkan listrik bertegangan tinggi yang dihasilkan secondary coil atas perintah ECU menuju ke busi untuk dikonversi menjadi lompatan percikan bunga api.

Koil yang sanggup bekerja dan berfungsi dengan baik, akan mempermudah proses penyalaan mesin ketika pertama distarter dan menunjukkan kestabilan putaran mesin selama mesin berputar.

Namun begitu, ada kalanya koil kendaraan beroda empat ini rusak dan tidak sanggup berfungsi dengan baik sehingga busi tidak sanggup memercikan api di dalam silinder mesin sehingga menciptakan mesin tidak sanggup hidup meskipun mesin sudah distarter berkali-kali. Lantas bagaimana caranya mengecek koil kendaraan beroda empat injeksi ini ?

 pada kendaraan beroda empat injeksi berfungsi untuk menyalurkan listrik bertegangan tinggi yang dihasilkan Cara cek koil kendaraan beroda empat injeksi paling mudah

Nah, pada artikel berikut ini ombro akan membagikan cara cek koil kendaraan beroda empat injeksi paling gampang yang ombro ketahui, namun ada baiknya jikalau kita mempersiapkan beberapa alat dibawah berikut ini sebelum mengecek koil kendaraan beroda empat injeksi
  • Siapkan 1 buah busi berkondisi anggun (bisa berfungsi normal) yang setipe dengan busi pada kendaraan beroda empat anda. Jika tidak ada teman perlu melepas salah satu busi yang terpasang di mobil.
  • Kunci-kunci untuk membuka koil kendaraan beroda empat (jika model koilnya satu busi satu koil).
  • Lepas seluruh socket injektor dari injektornya, atau jikalau anda paham, lepaskan relay khusus untuk injektor. Tujuannya untuk mencegah semburan materi bakar ketika melaksanakan cek koil.
  • Tarik rem tangan dan netralkan tuas persneling, jikalau perlu ganjal ban.
  • Ajak satu orang sebagai helper untuk membantu starter mesin


Cara cek koil kendaraan beroda empat injeksi


Setelah semua siap baik alat, helper, serta keamanan kendaraan beroda empat ketika akan mengecek koil kendaraan beroda empat injeksi ini, simak langkah-langkah cara cek koil kendaraan beroda empat injeksi dibawah berikut ini.
  1. Lepaskan semua socket injektor
  2. Gunakan kunci 10 untuk membuka seluruh koil kendaraan beroda empat yang ada
  3. Lepas semua koil kendaraan beroda empat dari mesin namun jangan lepas kabel koilnya
  4. Pasang busi yang sudah kita siapkan sebelumnya ke koil yang sudah terlepas dari mesin
  5. Pegang penggalan belakang koil (dekat socket), lalu tempelkan bodi busi ke penggalan bodi mesin untuk mendapat grounding / massa
  6. Suruh helper menstarter mesin kendaraan beroda empat disaat kita memegang koil yang businya melekat pada bodi mesin
  7. Perhatikan nyala percikan api yang keluar dari busi. Jika percikan api yang terjadi di busi terlihat besar lengan berkuasa dan menyala dengan baik, hal ini membuktikan bahwa koil masih berfungsi dengan baik. Begitu pula sebaliknya, jikalau tidak ada percikan api yang terjadi di busi, besar kemungkinan koil sudah rusak dan perlu diganti.
     pada kendaraan beroda empat injeksi berfungsi untuk menyalurkan listrik bertegangan tinggi yang dihasilkan Cara cek koil kendaraan beroda empat injeksi paling mudah
  8. Lakukan cara yang sama pada seluruh koil yang ada di kendaraan beroda empat tersebut.
Koil yang anggun akan menghasilkan percikan api di busi yang besar lengan berkuasa dan besar apinya, namun koil yang lemah atau rusak, api yang muncul akan terlihat kecil (lemah) atau malah sama sekali tidak muncul percikan api.

Baca juga :

Catatan dan perhatian
Lakukan langkah-langkah diatas secara hati-hati dan pastikan semua kondisi sudah kondusif ibarat menarik tuas rem tangan, menetralkan persneling, melepas socket injektor. Hindari memegang busi ketika mesin masih di starter alasannya yaitu anda sanggup terkena sengatan listrik.

Demikianlah artikel cara mengecek koil kendaraan beroda empat injeksi paling gampang yang sanggup ombro sampaikan, agar artikel ini sanggup bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/