Pembahasan Numerikal No. 21 - 25 Tkpa Sbmptn 2017 Arahan Naskah 226
![Pembahasan Numerikal No. 21 - 25 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226 Pembahasan soal Numerikal Tes Kemampuan Potensi Akademik Pembahasan Numerikal No. 21 - 25 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqcz0dMyvvitrGeTjJHBKskgI5KIvmeS6gllLNryN6_jr34tjuzGiLPXJy1MqzEWq2kflJkaaBw1jAeF03jN4NCWWeBrUSUEYb9ZvZBaxe3EpyZWI5Q0AJWQwjB3WRQfe-MvS5MExg1yA/s1600/logika-angka.jpg)
Pembahasan soal Numerikal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 arahan naskah 226 nomor 21 hingga dengan nomor 25 perihal kecerdikan angka.
Soal Numerikal No. 21
Jika 2ab − 6a = 4 maka berapakah ab − 3a = ….
A. −8
B. −4
C. −2
D. 2
E. 8
A. −8
B. −4
C. −2
D. 2
E. 8
Pembahasan
Perhatikan persamaan berikut!2ab − 6a = 4
Jika masing-masing suku dibagi 2, diperoleh:
ab − 3a = 2
Jadi, nilai ab − 3a yaitu 2 (D).
Soal Numerikal No. 22
Jika 2a − b = 2c dan a − c = 1 maka b = ….
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4
![Pembahasan Numerikal No. 21 - 25 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226 Pembahasan soal Numerikal Tes Kemampuan Potensi Akademik Pembahasan Numerikal No. 21 - 25 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZrImzksBdIO0Gmy-zsiNm9NfANdOegS4Qs54570ZnxInLBG_KhjB6vnNKXcT9i-rIl887DatuyHM9ImKn4SZtS3raGVabUzYFM-szaOvIHgzUwln_cgEq32Nmxra5S4gQI4QrQ14-zaNv/s1600/banner-sbmptn.jpg)
Pembahasan
Perhatikan persamaan yang pertama!2a − b = 2c
2a − 2c = b
a − c = 1/2 b
Sementara itu diketahui bahwa a − c = 1, sehingga diperoleh:
1 = 1/2 b
b = 2
Jadi, nilai b yaitu 2 (C).
Soal Numerikal No. 23
Jika u ≥ 5 dan t = 4 maka ….
A. 4t − 2u ≤ 25
B. 4t − 2u ≥ 24
C. 4t − 2u ≤ 24
D. 4t − 2u ≥ 6
E. 4t − 2u ≤ 6
A. 4t − 2u ≤ 25
B. 4t − 2u ≥ 24
C. 4t − 2u ≤ 24
D. 4t − 2u ≥ 6
E. 4t − 2u ≤ 6
Pembahasan
Diketahui:t = 4
u ≥ 5 → u = 5, 6, 7, …
Karena semua opsi balasan memuat 4t − 2u kita fokus ke situ saja.
Untuk t = 4 dan u = 5, diperoleh:
4t − 2u = 4×4 − 2×5
= 16 − 10
= 6
Berdasarkan hasil di atas, untuk t = 4 dan u = 6, 7, 8, dan seterusnya, akan diperoleh nilai lebih kecil dari 6. Sehingga:
4t − 2u ≤ 6
Jadi, pertidaksamaan yang benar yaitu opsi (E).
Soal Numerikal No. 24
Jika pq = 4q dan p + q = 8 maka ….
A. p = 2
B. q = 2
C. pq = 12
D. p − q = 0
E. p + 2q = 16
A. p = 2
B. q = 2
C. pq = 12
D. p − q = 0
E. p + 2q = 16
Pembahasan
Perhatikan persamaan pertama!p
p = 4
Selanjutnya kita substitusi p = 4 ke persamaan kedua.
p + q = 8
4 + q = 8
q = 4
Ternyata nilai p sama dengan nilai q.
p = q
p − q = 0
Jadi, persamaan yang benar yaitu p − q = 0 (D).
Soal Numerikal No. 25
Jika a > 0 dan b < 0 maka ….
A. a/b = 0
B. a/b < 0
C. a/b > 0
D. a/b ≤ 0
E. a/b ≥ 0
A. a/b = 0
B. a/b < 0
C. a/b > 0
D. a/b ≤ 0
E. a/b ≥ 0
Pembahasan
a > 0 artinya a yaitu bilangan positif. Sedangkan b < 0 berarti b yaitu bilangan negatif.Bilangan positif dibagi bilangan negatif alhasil niscaya negatif. Sehingga:
a/b < 0
Jadi, pernyataan yang benar yaitu opsi (B).
Pembahasan Numerikal No. 16 - 20 TKPA SBMPTN 2017
Pembahasan Numerikal No. 26 - 30 TKPA SBMPTN 2017
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, menyebarkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.