Langkah - Langkah Perawatan Dan Perbaikan Rem Piringan ( Disk Brake )
Rem merupakan salah satu komponen yang penting pasa setip kendaraan. Oleh alasannya ialah itu, kita harus sering memperhatikan rem yang ada pada kendaraan kita. Karena selain sanggup menimbulkan kerusakan, rem juga sanggup menjadi faktor utama keselamatan kita dalam berkendara.
Rem pada kendaraan terbagi menjadi 2 jenis yaitu rem piringan ( disk brake ) dan rem tromol ( drum brake ). Kedua jenis rem ini terpaasang pada setiap roda pada kendaraan, rem piringan dipakai untuk roda pecahan depan, sedangkan rem tromol dipakai pada roda pecahan belakang.
Langkah - langkah perawatan dan perbaikan rem piringan ( disk brake )lebih gampang dibanding perawatan rem tromol. Selain alasannya ialah prosedur yang tidak terlalu susah, jenis rem ini pembongkaran komponennya juga mudah. Dan dijamin setiap orang niscaya sanggup mengerjakannya.
Adapun langkah - langkah perawatan dan perbaikan rem piringan yaitu :
1. Menguras Minyak Rem
Rem pada kendaraan terbagi menjadi 2 jenis yaitu rem piringan ( disk brake ) dan rem tromol ( drum brake ). Kedua jenis rem ini terpaasang pada setiap roda pada kendaraan, rem piringan dipakai untuk roda pecahan depan, sedangkan rem tromol dipakai pada roda pecahan belakang.
Langkah - langkah perawatan dan perbaikan rem piringan ( disk brake )lebih gampang dibanding perawatan rem tromol. Selain alasannya ialah prosedur yang tidak terlalu susah, jenis rem ini pembongkaran komponennya juga mudah. Dan dijamin setiap orang niscaya sanggup mengerjakannya.
Adapun langkah - langkah perawatan dan perbaikan rem piringan yaitu :
1. Menguras Minyak Rem
Menguras minyak rem |
a. Buang minyak rem dari resevoir minyak rem ( tangki cadangan ) yang terdapat pada ruang mesin pecahan depan
b. Buang udara yang ada didalam kanal minyak rem dari jarak yang paling jauh dari master silinder. Sebagao contoh, jikalau master silinder terletak pada pecahan depan sebelah kanan, maka silinder roda yang paling jauh ialah pecahan roda belakang sebelah kiri. Pembuangan ini dilakukan sanggup dengan menginjak pedal rem beberapa kali.
Catatan
- Minyak rem harus diganti setiap 20.000 km atau 1( satu ) tahun sekali tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
- Cuci dengan segera permukaan cat yang terkena minyak rem, alasannya ialah minyak rem akan segera merusakkan permukaan cat.
2. Pemeriksaan Ketebalan Pad Rem
Pemeriksaan ketebalan pad rem |
a. Gunakan mistar ( penggaris ) ukur ketebalan sepatu rem ( gambar A )
b. Periksa secara visual, dan pastikan tidak ada perbedaan yang menyolok antara sepatu rem sebelah luar dan dalam ( gambar B ).
c. Pastikan, keausan kanvas rem merata
d. Ganti sepatu rem rem jikalau kausan sudah melebihi limit.
3. Memeriksa Keausan dan Kerusakan Pada Piringan Rem Secara Visual
memeriksa keausan pada piringan rem |
Periksalah keausan yang tidak normal pada piringan rem ibarat :
a. Terbakar, ini sanggup dilihat dari warna permukaan piringan rem yang menghitam
b. Ketebalan pecahan luar dan dalam
c. Run out ( kebalingan )
d. Atau kerusakan lainnya ( retak, oplak, dll )
4. Pemeriksaan Califer Rem
Pemeriksaan Califer Rem |
a. Periksa kebocoran minyak rem pada piston silinder rem
b. Periksa sliding pin dari kemungkinan macet
c. Periksa piston rem dari kemungkinan macet
5. Pemeriksaan Ketebalan Piringan Rem
Pemeriksaan ketebalan piringan |
a. Bersihkan pecahan permukaan piringan rem dengan kain bersih
b. Ukur ketebalan rotor disc memakai out side micrometer
6. Pemeriksaan Kebalingan Piringan Rem
Pemeriksaan kebalingan rem |
a. Ikat sementara piringan rem dengan mur pada pecahan bautnya
b. Sebelum mengukur run out, check free play bearing hub roda depan, apakah masih masuk dalam spesifikasi
c. Ukur memakai dial gauge, dan putar piringan secara berlahan - lahan
7. Penggantian Pad Kit Rem Depan
Penggantian pad kit |
a. Melepas brake pad
b. Lepaskan caliper rem depan
c. Lepas kedua pad kit berikut anti – squeal shims
Catatan :
Jangan melepaskan / membuka selang flexible dari caliper rem
Penggantian pad kit rem dengan yang gres :
a. Gunakan lithium base glycol grease ( gemuk ) pada permukaan anti squeal shims
b. Pasang shims pada pad kit
c. Pasang ke dua pad kit berikut anti squeal shims
d. Pasang caliper
e. Tekan pedal rem beberapa kali dan check level minyak rem harus berada pada garis “ MAX “ dan tambahkan bila kurang.
Catatan :
- Penggantian pad kit diharuskan berikut anti – squeal shims
- Pastikan tidak ada oli atau grease pada permukaan gesek pad kit
8. Mendorong Masuk Piston Pada Califer Untuk Memasang Pad Rem Yang Baru
mendorong piston silinder roda |
a. Gunakan gagang palu untuk mendorong pioston rem biar masuk kedalam silinder rem
b. Lakukan hal ini dengan hati-hati, jikalau terlalu keras mendorongnya, sanggup menambahkan batang besi ( aspak ) untuk disampungkan
Catatan :
- Untuk mencegah minyak rem tupah dari resevoir minyak rem. Pada ketika piston rem ditekan bukalah / kendorkan bleeder plug ( nepel )
Itulah beberapa proses yang sanggup kau lakukan untuk melaksanakan langkah - langkah perawatan dan perbaikan rem piringan ( disk brake ).